Dokter Spesialis THT Dan Penyakit Yang Ditangani

by | Apr 6, 2020 | Blog

Dokter spesialis THT adalah dokter yang memiliki keahlian spesifik dalam mengobati penyakit yang berkaitan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan. Selain itu, dokter spesialis THT juga bertugas mengatasi sejumlah penyakit yang terjadi di kepala dan leher.

Pendidikan

Sama seperti dokter spesialis pada umumnya, dokter spesialis THT juga harus menyelesaikan pendidikan dokter umum terlebih dulu. Seorang dokter akan mendapat gelar spesialis THT setelah menyelesaikan pendidikan khusus mengenai telinga, hidung, dan tenggorokan, dalam jangka empat tahun atau lebih.

Dokter yang memiliki spesialisasi dalam menangani gangguan THT disebut otolaringolog. Namun, sebagian orang seringkali sulit membedakan otolaringolog dengan audiolog, karena keduanya merupakan spesialis masalah telinga. Dokter spesialis THT mendiagnosa gangguan yang memengaruhi telinga, sedangkan spesialis audiologi fokus pada penanganan gangguan pendengaran dan tuli. Mereka adalah dokter yang melakukan pemeriksaan terhadap kemampuan mendengar dan membantu memilih alat bantu dengar yang tepat untuk pasien.

Tugas Dokter Spesialis THT

Hampir setiap orang pernah mengalami hidung tersumbat, telinga berdenging, atau sakit tenggorokan.

Saat mengalaminya, Anda perlu segera konsultasi dengan dokter THT.

Namun, dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan tidak hanya mengobati penyakit yang berhubungan dengan ketiga bagian tubuh tersebut.

Mengutip dari ENT Health, dokter THT juga menjadi ahli bedah yang bisa melakukan operasi rumit untuk memulihkan:

  • pendengaran telinga tengah,
  • membuka saluran udara yang tersumbat, dan
  • mengangkat kanker leher dan tenggorokan.

Untuk memiliki kemampuan ini, dokter membutuhkan waktu belajar tambahan sekitar 5-8 tahun dan pascasarjana di luar sekolah kedokteran.

Penyakit Yang Ditangani Oleh Dokter Spesialis THT

Penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis THT antara lain:

– Gangguan telinga

Kondisi ini meliputi kehilangan pendengaran, gangguan keseimbangan, telinga berdengung, infeksi, tumor atau kanker di telinga.

– Gangguan hidung

Kondisi ini meliputi alergi, sinusitis, kesulitan mencium suatu aroma, cedera hidung, hidung tersumbat, serta tumor atau kanker di hidung.

– Gangguan tenggorokan

Kondisi ini meliputi sulit menelan, suara terganggu, gangguan pada kelenjar adenoid, laringitis, atau tonsillitis.

– Gangguan tidur

Kondisi ini meliputi apnea tidur obstruktif, mendengkur, dan gangguan tidur lain yang disebabkan oleh penyempitan saluran pernapasan.

– Gangguan di leher dan kepala

Kondisi ini meliputi masalah di tulang tengkorak, rongga mulut, kelenjar ludah, kelenjar tiroid dan paratiroid, atau beberapa gangguan di kulit wajah.

Namun, tidak semua kelainan di area leher dan kepala dapat ditangani oleh dokter spesialis THT. Ada sejumlah penyakit yang perlu ditangani oleh dokter spesialis lain. Misalnya, masalah di otak akan ditangani oleh dokter spesialis saraf, atau gangguan di mata akan ditangani oleh dokter spesialis mata.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...