Mengenal Lebih Jauh Dengan Dokter Spesialis Jiwa

by | Apr 14, 2020 | Berita

Dokter spesialis jiwa atau yang biasa disebut Psikater adalah seorang dokter spesialis yang mendalami ilmu kesehatan jiwa dan perilaku (psikiatri). Psikiatri sendiri adalah cabang keilmuan medis yang fokus pada diagnosis, pengobatan, dan pencegahan terhadap gangguan emosional, kejiwaan, maupun perilaku. Psikiater memiliki kemampuan untuk mendiagnosis dan menangani gangguan mental pada pasien.

Untuk menjadi seorang psikiater, seseorang harus menyelesaikan pendidikan sebagai dokter umum, kemudian melanjutkan pendidikan spesialisasi di bidang psikiatri selama kurang lebih 4 tahun. Lulusan spesialis kedokteran jiwa atau psikiatri kemudian akan mendapatkan gelar Sp.KJ dan dapat disebut sebagai psikiater.

Psikiater memiliki pengetahuan mendalam mengenai pencegahan, diagnosis, serta pengobatan dan terapi berbagai macam penyakit atau masalah terkait gangguan kejiwaan. Di bawah ini adalah penyakit atau kondisi yang ditangani oleh psikiater:

– Gangguan mental organik.

– Gangguan mental dan perilaku akibat penyalahgunaan zat psikoaktif, alkohol, dan obat-obatan terlarang.

– Gangguan tidur, seperti insomnia, hipersomnia, gangguan siklus tidur, mimpi buruk, dan tidur berjalan.

– Masalah seksual, seperti parafilia, gangguan keinginan dan gairah seksual, vaginismus, dispareunia, gangguan orgasme, dan disfungsi seksual.

– Gangguan makan, seperti bulimia dan anoreksia.

– Gangguan emosional dan perilaku pada anak-anak atau remaja, contohnya gangguan perkembangan, disabilitas intelektual, gangguan tingkah laku, hiperaktif, dan autisme.

– Gangguan kepribadian.

Beberapa psikiater mengambil pelatihan spesialisasi tambahan setelah menyelesaikan pendidikan sebagai psikiater. Sebagian psikiater dapat melakukan tindakan tertentu untuk menangani suatu masalah psikologis berdasarkan sertifikasi tambahan yang dimilikinya:

– Psikiater forensik (hukum).

– Psikiater kecanduan (adiksi).

– Psikiatri anak dan remaja.

– Psikiatri geriatri.

– Psikiatri psikosomatis (penyakit atau rasa sakit yang disebabkan oleh pikiran).

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”