Lebih Mengenal Sekolah Tinggi Intelejen Negara

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Kampusnya terletak di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Berdirinya STIN bertujuan untuk menyiapkan mahasiswanya menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki kemampuan akademik dan/atau keahlian profesional sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang intelijen untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ide dari pendirian sekolah ini dimulai tahun 2002 atas prakarsa Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal TNI (Purn) Dr. A. M. Hendropriyono yang mengawali pendirian Sekolah Tinggi Intelijen Negara. Selanjutnya pada 9 Juli 2003 Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri meresmikan berdirinya STIN dan tahun 2004 dimulai kuliah perdana.

Seperti halnya sekolah kedinasan lainnya, proses penerimaan STIN cukup sulit dan persaingannya pun cukup berat. Namun demikian, persaingan untuk masuk STIN tidak setingga persaingan masuk STAN dan STIS yang lebih terkenal. IQ juga dikenal menjadi salah satu hal yang penting untuk lolos ujian masuk STIN.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN memiliki lokasi yang sangat strategis di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa lokasi STIN tidak selalu menetap. Proses perekrutan calon mahasiswa STIN dilakukan setiap tahun menggunakan sistem penerimaan mahasiswa baru.

Terdapat sekitar 30 mahasiswa STIN yang akan menjadi bagian dari STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) setiap tahunnya. Setelah Anda menempuh pendidikan pada program studi keagenan atau program studi analisis selama kurang lebih 4 tahun, Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Intelijen (S.In).

Mekanisme penerimaan mahasiswa baru STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) dilakukan secara khusus dengan bantuan BIN serta instansi seperti Depdiknas. Perjuangan untuk menjadi bagian dari mahasiswa STIN tidak mudah, bahkan membutuhkan perjuangan keras. Anda dituntut untuk memiliki kecerdasan di atas rata-rata agar bisa bersaing dengan para lulusan sekolah menengah yang cerdas se-Indonesia.

Program Studi yang terdapat di Sekolah Tinggi Sandi Negara yaitu seperti:

  1. Program studi Agem
  2. Program studi Analis

Fasilitas yang terdapat di STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara), antara lain:

– Gedung asrama untuk mahasiswa STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

– Gedung serba guna STIN

– Laboratorium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium fotografi, laboratorium intelligence devices STIN

– Auditorium STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

– Lapangan tembak, lapangan voli, lapangan basket, lapangan futsal, lapangan bulu tangkis, lapangan kebugaran, track jogging, kolam renang STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

– Jariangan internet wifi dan LAN STIN

– Perpustakaan STIN

– Poliklinik STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

– Rumah Ibadah STIN

– Koperasi STIN

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *