Lebih Mengenal Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta

Sekolah Tinggi Perikanan adalah Sekolah Tinggi Kedinasan yang mendidik tenaga professional di bidang Perikanan darat dan laut. Sekolah ini di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Terletak di Jl AUP Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Kelahiran STP diawali dengan berdirinya Akademi Usaha Perikanan (AUP) pada 7 September 1962, yang berkedudukan di Jakarta. Saat itu, dibuka prograam Diploma III dengan 3 (tiga) jurusan yakni Teknik Penangkapan, Teknologi Perikanan dan Ekonomi Perikanan. Perjalanan waktu membawa AUP berubah nama menjadi Diklat AUP pada 6 Mei 1983, sebelum akhirnya dikukuhkan menjadi Sekolah Tinggi Perikanan pada 6 Maret 1993.

Sejak itu, STP menyelenggarakan program Diploma IV dengan 3 (tiga) jurusan, yaitu Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH) dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS), dengan 5 (lima) program studi yaitu Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Permesinan Perikanan (MP), Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH), Teknologi Akuakultur (TAK), dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS).

Pada Juni 2004, jurusan Penyuluhan Perikanan yang sebelumnya bernaung dibawah Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) bergabung dengan STP sehingga menambah jumlah jurusan menjadi 4 (empat). Selanjutnya, pada Juli 2009, dalam rangka meningkatkan peran pengembangan sumberdaya manusia (SDM) bidang yang unggul dan memiliki kompetensi tinggi, STP atau Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta membuka program pascasarjana dengan program studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP).

Untuk para calon mahasiswa/i di Sekolah Tingi Perikanan tentu tahu kalau biaya pendidikan di Sekolah Tinggi Perikanan ini ditanggung oleh Negara. Dan tentu saja kamu juga akan ditempatkan dalam asrama selama pendidikan berlangsung dan tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Sekolah Tinggi Perikanan (STP) diselenggarakan untuk menyiapkan para tenaga ahli dan profesional di bidang Perikanan darat dan laut.

STP atau Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta memiliki 5 (lima) buah kampus, yang terdiri dari:

  1. Kampus Pasar Minggu Jakarta Selatan
  2. Kampus Pantai (Out Station) di Serang Banten
  3. Kampus Cikaret Bogor
  4. Kampus Konservasi di Wakatobi
  5. Kampus Karawang

Bagi calon mahasiswa yang ingin menjadi mahasiswa Sekolah Tinggi Perikanan berikut syarat-syarat pendaftarannya:

  1. Bukti pendaftaran online;
  2. Foto copy ijazah/STTB/Surat Tanda Lulus/Surat Keterangan Telah Mengikuti UN 2020 yang disahkan oleh Kepala Sekolah;
  3. Dua lembar pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm (berwarna);
  4. Satu lembar copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir dan menunjukkan aslinya;
  5. Satu lembar copy Surat Keterangan Belum Menikah dari Kepala Desa/Lurah dan menunjukkan aslinya (calon dari umum);
  6. Satu lembar copy Kartu Keluarga yang telah dilegalisir dan menunjukkan aslinya;
  7. Surat ijin belajar dari pimpinan instansi/unit kerja, copy DP3 terakhir dan copy SK Kepegawaian terakhir (calon dari PNS);
  8. Berkas dimasukkan dalam stop map biru untuk calon Laki-laki dan hijau untuk Wanita dan cantumkan pada sudut kiri atas dengan huruf kapital tulisan SIPENTARU UMUM.
  9. Berkas untuk Rayon Pusat/Jakarta diserahkan kepada Panitia Pusat pada saat pengambilan No Peserta Ujian.
  10. Berkas Pendaftaran dan Berkas Kesehatan untuk Rayon Daerah diserahkan kepada Panitia pada saat pengambilan No Peserta Ujiandi masing – masing Rayon Daerah.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *