Mengenal Lebih Dekat Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR): Prestasi, Kurikulum, dan Peluang Karir

by | Jan 9, 2020 | Blog, Universitas

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan salah satu fakultas terkemuka di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang fakultas kedokteran Universitas Airlangga, termasuk prestasinya, kurikulum yang ditawarkan, dan peluang karir yang tersedia. Dengan pemahaman yang mendalam tentang fakultas ini, calon mahasiswa kedokteran dapat mempertimbangkan Universitas Airlangga sebagai salah satu pilihan mereka untuk mengejar karir di bidang kedokteran.

Prestasi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga telah mengukir berbagai prestasi yang mengesankan di bidang pendidikan dan penelitian medis. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga telah memproduksi lulusan-lulusan yang sukses dan berpengaruh di dunia kedokteran. Mereka memiliki reputasi yang baik dalam melahirkan dokter-dokter yang kompeten, berintegritas, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang ilmu kedokteran.

Selain itu, fakultas ini juga aktif dalam melakukan penelitian medis yang inovatif dan berdampak. Banyak penelitian dari fakultas ini telah dipublikasikan di jurnal-jurnal ilmiah ternama dan mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional. Hal ini membuktikan komitmen fakultas kedokteran Universitas Airlangga dalam menghasilkan penelitian yang berkontribusi pada perkembangan ilmu kedokteran.

Kurikulum

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menawarkan kurikulum yang komprehensif dan berbasis ilmu pengetahuan. Kurikulum ini mencakup kombinasi antara kuliah teori, praktik klinik, dan penelitian, yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi dokter yang kompeten dan berintegritas.

Kurikulum ini mencakup mata kuliah inti seperti Anatomi, Fisiologi, Biokimia, Mikrobiologi, Farmakologi, dan Patologi. Selain itu, mahasiswa juga akan terlibat dalam praktik klinik di rumah sakit yang terafiliasi dengan Universitas Airlangga, di mana mereka akan memperoleh pengalaman langsung dalam merawat pasien dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari dalam konteks klinis.

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga juga memberikan perhatian khusus pada pengembangan keterampilan sosial dan komunikasi, etika medis, serta pemahaman tentang masalah sosial dan kesehatan masyarakat. Mahasiswa didorong untuk mengembangkan sikap empati dan profesionalisme dalam berinteraksi dengan pasien serta memahami konteks sosial yang mempengaruhi kesehatan dan pelayanan kesehatan.

Program Studi

Program Studi Sarjana (S1)

Fakultas Kedokteran merupakan fakultas tertua yang ada di Universitas Airlangga. Bahkan lahirnya fakultas yang mencetak para dokter itu telah ada pada masa pendudukan pemerintahan Hindia Belanda, jauh sebelum Indonesia merdeka, yakni pada tahun 1913.

Dengan jejak langkah yang sudah memiliki deretan historis, tak salah bila FK UNAIR menjadi salah satu tumpuan kemajuan dan roda perkembangan universitas serta peradaban besar dunia kedokteran di Indonesia.

Saat ini FK UNAIR mengelola 2 (dua) program studi sarjana (S1) yaitu Kedokteran dan Kebidanan.

Program Strata 1 ditempuh selama 8 semester dengan 146 SKS. Peserta didik yang telah menyelesaikan Program Studi Strata 1 Kedokteran akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked), dan lulusan dari Program Strata 1 Kebidanan akan mendapatkan gelar Sarjana Kebidanan (S.Keb).

Program Studi Magister (S2) & Doktoral (S3)

FK UNAIR merupakan fakultas tertua di Universitas Airlangga dan menjadi salah satu tumpuan kemajuan dan roda perkembangan universitas serta peradaban besar dunia kedokteran di Indonesia.

Saat ini FK UNAIR memiliki program Magister (S2) dan Doktor (S3) yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana, profesi atau memiliki pengalaman praktek professional atau manajerial dan ingin mendalami dan melengkapi bidang keilmuan seusai program sarjana atau profesi.

Program Studi S3 yaitu Ilmu Kedokteran akan mendapatkan gelar Doktor (Dr.) sedanga untuk Program Studi S2 yang ada di FK UNAIR yaitu Ilmu Kesehatan Reproduksi akan mendapat gelar Magister Kesehatan (M.Kes); Ilmu Kesehatan Olahraga yang mendapat gelar Magister Kesehatan (M.Kes); Ilmu Kedokteran Tropis yang mendapat gelar Magister Kedokteran Tropis (M.Ked.Trop); Ilmu Kedokteran Dasar yang mendapat gelar Magister Science (M.Si); dan Ilmu Kedokteran Klinik yang mendapat gelar Magister Kedokteran Klinik (M.Ked.Klin).

Postgraduate Program Spesialisasi 1

Sebagai garda terdepan pencetak dokter-dokter unggul di Indonesia, FK UNAIR berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi dunia kesehatan. Salah satu peran penting tersebut adalah mendidik dokter-dokter spesialis.

PPDS FK UNAIR bertujuan untuk mencetak dokter-dokter unggul yang terampil dan berpengetahuan mumpuni dengan mengedepankan etika kedokteran dalam menjalankan profesi. Selain itu, peserta PPDS diarahkan untuk terus mengembangkan kapasitas keilmuan dengan melakukan riset. Hasil riset tersebut telah dipublikasikan di berbagai jurnal kedokteran, yang merupakan sumbangsih yang sangat berarti dalam pengembangan keilmuan di masing-masing bidang.

Bagi profesi dokter yang akan memperdalam kompetensi profesional klinis di bidang tertentu, FK UNAIR menyelenggarakan 25 Prodi Spesialis 1. Pola pendidikan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) ini memakai konsep belajar aktif, dengan tekanan pelatihan keprofesian di bidang masing-masing melalui kerja praktek di RS pendidikan utama dan jejaring dengan bimbingan intensif penyelia atau staf pengajar.

Postgraduate Program Spesialisasi 2

Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Spesialis II/ atau Subspesialis adalah program pendidikan yang menghasilkan tenaga third professional degree yang merupakan jenjang lanjut pendidikan dokter Spesialis (second professional degree). Program pendidikan ini akan menghasilkan dokter Spesialis Konsultan (K) yang mempunyai kompetensi klinis kekhususan dan kemampuan akademik lanjutserta berkualitas sebagai seorang konsultan yang profesional seperti yang ditetapkan dalam standar Nasional Kompetensi sebagai Konsulen.

Program pendidikan ini bersifat akademis profesional karena merupakan perpaduan pendidikan akademik yang bercirikan pendalaman ilmu dan pendidikan keprofesian yang bercirikan pencapaian kompetensi profesi.

FK UNAIR menyelenggarakan 8 Prodi Spesialis 2 yaitu prodi Subspesialis Anestesiologi & Reanimasi, prodi Subspesialis Bedah Digestif, prodi Subspesialis Bedah Kepala Leher, prodi Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak, prodi Subspesialis Obstetri dan Ginekologi, prodi Subspesialis Ilmu Penyakit Dalam, prodi Subspesialis Psikiatri Anak dan Remaja, dan prodi Subspesialis Patologi Klinik.

Peluang Karir di Bidang Kedokteran

Lulusan dari fakultas Kedokteran Universitas Airlangga memiliki peluang karir yang luas di dunia kedokteran. Mereka dapat bekerja sebagai dokter umum di rumah sakit, klinik, atau praktik swasta. Selain itu, mereka juga dapat melanjutkan pendidikan spesialisasi di berbagai bidang seperti Bedah, Ginekologi, Anestesiologi, Kardiologi, dan lain-lain.

Selain menjadi praktisi medis, lulusan fakultas ini juga memiliki peluang untuk berkarir di bidang penelitian medis. Mereka dapat bergabung dengan lembaga penelitian medis atau universitas sebagai peneliti medis yang berkontribusi dalam mengembangkan pengetahuan dan inovasi di bidang kedokteran.

Selain itu, lulusan fakultas kedokteran Universitas Airlangga juga dapat berperan dalam pengelolaan kesehatan dan kebijakan kesehatan. Mereka dapat bekerja di instansi pemerintah, organisasi kesehatan internasional, atau lembaga non-pemerintah yang berfokus pada perbaikan sistem kesehatan dan pelayanan kesehatan masyarakat.

Masa Depan

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian mereka. Mereka selalu menyesuaikan kurikulum mereka dengan perkembangan terkini dalam ilmu kedokteran dan teknologi medis. Selain itu, fakultas ini juga berinvestasi dalam fasilitas dan infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung pengajaran dan penelitian yang berkualitas.

Dalam masa depan, fakultas Kedokteran Universitas Airlangga akan terus beradaptasi dengan perubahan tren dan kebutuhan di dunia kedokteran. Mereka akan terus melahirkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dan kontribusi dalam dunia kedokteran yang berkembang pesat.

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga adalah salah satu fakultas terkemuka di Indonesia yang menawarkan pendidikan kedokteran yang berkualitas. Dengan prestasi yang mengesankan, kurikulum yang komprehensif, dan peluang karir yang luas, fakultas ini menjadi pilihan yang menarik bagi calon mahasiswa kedokteran.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti bimbel program kedokteran yang diadakan oleh Brawijaya Intensive Centre (BIC)!

Dengan didukung oleh tim pengajar yang berpengalaman dan berkualitas, BIC akan membantu kamu memperdalam pemahaman tentang berbagai mata pelajaran yang diuji dalam tes masuk perguruan tinggi terutama fakultas kedokteran.

Melalui pendekatan yang terarah, BIC akan membantu Anda meningkatkan kemampuan akademik, mengasah keterampilan ujian, dan meningkatkan strategi belajar yang efektif. BIC juga memberikan bahan ajar berkualitas dan simulasi tes yang mirip dengan situasi sebenarnya, mempersiapkan kamu dengan baik untuk menghadapi tantangan seleksi masuk perguruan tinggi kedokteran. Jadi, jangan ragu untuk bergabung dengan BIC dan persiapkan dirimu untuk meraih masa depan yang gemilang dalam dunia kedokteran! BIC “Your Partner for Success”

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...