Pantukhir: 4 Hal Yang Perlu Diketahui

by | Nov 22, 2023 | Blog | 0 comments

Selain seleksi administrasi, tes tertulis, tes kesehatan, psikotes dan tes wawancara untuk masuk ke Akademi Militer (Akmil), Akademi Kepolisian (Akpol), dan sekolah kedinasan lainnya, harus melalui pantukhir.

Apa Itu Pantukhir?

Pantukhir merupakan singkatan dari “Pemantauan Akhir”. Dalam konteks seleksi penerimaan sekolah kedinasan, pantukhir adalah tahapan terakhir yang akan menentukan kelulusan peserta.

Untuk pelaksanaannya dilakukan oleh panitia seleksi yang terdiri dari berbagai unsur, mulai dari unsur akademik, kesehatan, jasmani, hingga mental ideologi.

Pada tahapan ini, panitia seleksi akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap hasil tes yang telah dilakukan oleh peserta. Evaluasi ini meliputi aspek administrasi, kesehatan, jasmani, dan mental ideologi.

Pantukhir adalah akronim dari penilaian panitia penentu akhir. Disebut juga sidang penetapan kelulusan akhir dalam seleksi penerimaan.

Selainitu menjadi pintu terakhir yang akan menentukan nasib peserta tes, apakah akan berhasil masuk ke sekolah kedinasan yang dituju atau tidak.

Jenis-Jenis Pantukhir

Pantukhir adalah seleksi yang ditujukan untuk memantau perkembangan peserta sebelum diterima masuk ke akademi atau .

Pada seleksi pantukhir, hasil dari serangkaian tes sebelumnya dilihat kembali dan diuji kelayakannya.

Ada dua jenis proses pantukhir yang harus dilalui peserta, yaitu pantukhir daerah dan pantukhir pusat. Berikut masing-masing penjelasannya:

1. Pantukhir Daerah

Pantukhir daerah atau disebut juga pantukhirda (panitia penentu akhir daerah) merupakan bentuk tes akhir di daerah untuk menentukan kelayakan peserta.

Pada tahapan pantukhir ini, jumlah yang akan diterima disesuaikan dengan jumlah kuota peserta.

Peserta yang lolos selanjutnya akan masuk ke tahapan pantukhir pusat. Hasil dari seleksi pantukhir daerah merupakan peserta yang siap dikirim untuk mengikuti seleksi pantukhir pusat dengan jumlah maksimal sesuai alokasi kirim.

2. Pantukhir Pusat

Pantukhir pusat atau disebut juga pantukhirpus (panitia penentu akhir pusat) merupakan tes yang mempertemukan seluruh panitia seleksi dengan peserta tes untuk dilihat kesesuaian atau hasil tes masing-masing bidang.

Pada tahapan ini, bisa saja pemeriksaannya dilakukan oleh tim khusus yang ditunjuk untuk pemeriksaan akhir sebelum dinyatakan kelulusannya.

Proses seleksi umumnya melibatkan pengawas eksteral, antara lain dari Dinas Kependudukan, Dinas Pendidikan, Komisi Kepolisian Nasional, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kalangan perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dan lain sebagainya.

Aspek Penilaian Pantukhir

Pada tahapan ini, panitia seleksi akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap hasil tes yang telah dilakukan oleh peserta. Evaluasi ini meliputi aspek administrasi, kesehatan, jasmani, dan mental ideologi.

1. Aspek administrasi

Pada aspek administrasi, panitia seleksi akan memeriksa kembali kelengkapan dokumen administrasi peserta. Peserta yang dinyatakan lulus pada tahap administrasi akan diminta untuk menunjukkan dokumen asli tersebut pada saat pantukhir.

2. Aspek kesehatan

Pada aspek kesehatan, panitia seleksi akan melakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan mental peserta. Pemeriksaan kesehatan fisik meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, mata, gigi, pendengaran, dan penyakit bawaan. Pemeriksaan kesehatan mental meliputi pemeriksaan psikologi dan wawancara.

3. Aspek jasmani

Pada aspek jasmani, panitia seleksi akan melakukan tes kesegaran jasmani. Tes kesegaran jasmani meliputi lari 12 menit, pull up, push up, sit up, dan shuttle run.

4. Aspek mental ideologi

Pada aspek mental ideologi, panitia seleksi akan melakukan wawancara dan pemeriksaan psikologi. Wawancara bertujuan untuk menilai kepribadian, motivasi, dan komitmen peserta. Pemeriksaan psikologi bertujuan untuk menilai kecerdasan, inteligensi, dan kepribadian peserta.

Tips Lolos Pantukhir Sekdin

Untuk meningkatkan peluang lolos pantukhir sekdin, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Persiapkan diri dengan matang. Pastikan kamu telah memenuhi semua persyaratan administrasi, kesehatan, jasmani, dan mental ideologi.
  2. Latih diri secara rutin. Latihlah fisik dengan berolahraga secara teratur. Latihlah mental Anda dengan mengikuti latihan wawancara dan tes psikologi.
  3. Berpakaian rapi dan sopan. Perhatikan penampilan kamu saat mengikuti pantukhir. Berpakaianlah dengan rapi dan sopan agar kamu terlihat profesional.
  4. Bersikaplah percaya diri. Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk diterima di sekolah kedinasan yang kamu tuju.

Ingin lolos pantukhir sekdin?

Bergabunglah dengan program bimbel kedinasan dari Brawijaya Intensive Centre (BIC)! Kami menyediakan berbagai materi dan fasilitas yang akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan matang untuk menghadapi pantukhir.

Fasilitas yang kami sediakan antara lain:

  • Materi pelajaran yang lengkap dan up-to-date
  • Video pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami
  • Latihan soal dan simulasi tes
  • Latihan fisik yang didampingin oleh pelatih fisik profesional
  • Bimbingan dari mentor yang berpengalaman

Segera daftarkan diri Anda sekarang juga! Klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut:

https://bic.id/program/kedinasan/

Kami siap membantu Anda mewujudkan cita-cita Anda untuk menjadi bagian dari sekolah kedinasan!

Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat berjuang!

 

Referensi: Pantukhir: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Tips Lolos Seleksinya

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.