Tes Kompetensi Akademik (TKA): Apa Itu dan Bagaimana Cara Menghadapinya?

by | Aug 15, 2023 | Blog, Universitas | 0 comments

Tes kompetensi akademik (TKA) adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bidang akademik, seperti kemampuan verbal, numerik, dan logika. TKA sering digunakan sebagai syarat untuk masuk ke perguruan tinggi, sekolah pascasarjana, dan pekerjaan tertentu.

Pentingnya Tes Kompetensi Akademik

Tes kompetensi akademik merupakan tahap penting dalam perjalanan pendidikan seorang individu. Tes ini tidak hanya sekadar ujian, melainkan juga merupakan sarana penting untuk menilai kemampuan dan kualifikasi akademik seseorang.

berikut beberapa alasan, mengapa TKA menjadi penting

Seleksi Masuk Pendidikan Tinggi

Tes kompetensi akademik sering digunakan sebagai kriteria seleksi masuk ke perguruan tinggi atau universitas. Skor yang baik dapat membuka pintu kesempatan untuk melanjutkan pendidikan lebih lanjut di institusi ternama. Perguruan tinggi menggunakan hasil tes ini untuk memilih calon mahasiswa yang memiliki potensi untuk berhasil dan berkontribusi dalam lingkungan akademik.

Penilaian Karier

Tes kompetensi akademik juga dapat memainkan peranan penting dalam penilaian karier seseorang. Dalam beberapa profesi, hasil tes kompetensi akademik dapat menjadi faktor penentu dalam pengambilan keputusan terkait promosi atau kenaikan jabatan. Kemampuan untuk menguji dan membuktikan pemahaman dalam konsep-konsep akademik dapat menjadi indikator kinerja yang kuat.

Pemetaan Pengembangan Belajar

Tes kompetensi akademik juga membantu individu memahami di mana mereka berdiri dalam perjalanan pendidikan mereka. Hasil tes dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan dalam pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian lebih dan membantu dalam perencanaan pengembangan belajar mereka.

Menyiapkan Diri untuk Tantangan

Tes kompetensi akademik tidak hanya mengukur pengetahuan, tetapi juga kemampuan kritis dan pemecahan masalah. Persiapan untuk tes ini melibatkan latihan pemecahan masalah dan analisis yang dapat membantu mengasah keterampilan kognitif yang penting dalam dunia akademik dan profesional.

Jenis Tes Kompetensi Akademik

  1. Soal verbal: Soal verbal mengukur kemampuan seseorang dalam memahami dan menggunakan bahasa.
    Contoh soal verbal antara lain sinonim, antonim, analogi, dan pemahaman bacaan.
  2. Soal numerik: Soal numerik mengukur kemampuan seseorang dalam memahami dan menggunakan angka.
    Contoh soal numerik antara lain penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan statistika.
  3. Soal logika: Soal logika mengukur kemampuan seseorang dalam berpikir logis dan menyelesaikan masalah.
    Contoh soal logika antara lain deduktif, induktif, dan berpikir kritis.

TKA biasanya terdiri dari 100-150 soal dan waktu pengerjaan yang diberikan sekitar 2-3 jam. TKA dapat dikerjakan secara online atau offline.

Contoh Soal Tes Kompetensi Akademik

Soal Verbal

  • Sinonim

Kata yang paling tepat untuk menggantikan kata “kegagalan” adalah …

A. kesuksesan B. keberhasilan C. keberhasilan D. keberhasilan E. keberhasilan

  • Antonim

Kata yang paling tepat untuk menggantikan kata “luas” adalah …

A. sempit B. kecil C. sempit D. sempit E. sempit

  • Analogi

Burung : terbang :: ikan : …

A. berenang B. melompat C. berjalan D. merangkak E. melata

Soal Numerik

  • Penjumlahan

12 + 15 = …

A. 27 B. 37 C. 47 D. 57 E. 67

  • Pengurangan

25 – 10 = …

A. 15 B. 25 C. 35 D. 45 E. 55

  • Perkalian

12 x 15 = …

A. 180 B. 270 C. 360 D. 450 E. 540

Soal Logika

  • Deduktif

Semua burung bisa terbang. Merpati adalah burung. Jadi, merpati bisa terbang.

  • Induktif

Burung A bisa terbang, burung B bisa terbang, dan burung C bisa terbang. Jadi, semua burung bisa terbang.

  • Berpikir Kritis

Sebuah mobil berjalan dari kota A ke kota B dengan kecepatan 60 km/jam. Jarak antara kota A dan kota B adalah 120 km. Berapa lama waktu yang dibutuhkan mobil tersebut untuk sampai ke kota B?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita dapat menggunakan rumus berikut:

Waktu = Jarak / Kecepatan

Waktu = 120 km / 60 km/jam

Waktu = 2 jam

Jadi, mobil tersebut akan sampai ke kota B dalam waktu 2 jam.

Ini hanya beberapa contoh soal tes kompetensi akademik. Ada banyak jenis soal tes kompetensi akademik yang lain, dan setiap jenis soal memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Tips Mengerjakan Tes Kompetensi Akademik

Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi TPA:

  1. Pelajari materi TKA secara rutin. Ada banyak buku dan sumber daya yang dapat membantu Anda belajar materi TKA. Anda juga dapat mengikuti kursus TPA atau belajar bersama teman-teman.
  2. Latihan mengerjakan soal TKA. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda akan mengerjakan soal TKA. Anda dapat menemukan soal TKA di buku, internet, atau aplikasi latihan TKA.
  3. Istirahat yang cukup sebelum ujian. Anda perlu memastikan bahwa Anda cukup istirahat sebelum ujian TKA. Ini akan membantu Anda tetap fokus dan konsentrasi selama ujian.
  4. Datang tepat waktu ke tempat ujian. Anda tidak ingin terburu-buru dan tidak sempat mempersiapkan diri sebelum ujian dimulai.
  5. Perhatikan instruksi yang diberikan oleh pengawas ujian. Pastikan Anda memahami instruksi yang diberikan oleh pengawas ujian. Ini akan membantu Anda menghindari kesalahan dalam mengerjakan soal.
  6. Jangan panik dan fokus pada soal yang sedang dikerjakan. Jika Anda merasa panik, cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam dan rileks. Fokuslah pada soal yang sedang dikerjakan dan jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya.
  7. Jika tidak yakin dengan jawaban, tebaklah jawaban yang paling mungkin. Tidak ada salahnya untuk menebak jawaban jika Anda tidak yakin. Namun, usahakan untuk menebak jawaban yang paling mungkin.

TKA adalah tes yang penting untuk dilakukan agar dapat masuk ke perguruan tinggi, sekolah pascasarjana, dan pekerjaan tertentu. Dengan mempersiapkan diri dengan baik, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan hasil yang baik pada TKA.

Berikut adalah beberapa tambahan tips untuk menghadapi TKA:

  1. Kenali format TKA. Sebelum mulai belajar, penting untuk mengetahui format TKA yang akan Anda hadapi. Ini akan membantu Anda memahami jenis soal yang akan ditanyakan dan strategi yang harus digunakan untuk menjawabnya.
  2. Buat jadwal belajar. Buatlah jadwal belajar yang realistis dan sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan lupa untuk memasukkan waktu untuk beristirahat dan relaksasi.
  3. Variasikan metode belajar Anda. Jangan hanya belajar dengan membaca buku atau mengerjakan soal. Anda juga dapat belajar dengan menonton video, mendengarkan podcast, atau mengikuti kursus online.
  4. Jangan lupa untuk berlatih. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda akan mengerjakan soal TKA.
  5. Jangan panik. TKA adalah tes yang penting, tetapi jangan sampai membuat Anda panik. Tetap tenang dan fokus pada soal yang sedang dikerjakan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan hasil yang baik pada TKA. Semoga berhasil!

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?