5 Hal Seputar SNBT Pengganti SBMPTN

by | Sep 28, 2022 | Blog, Universitas

1. Apa Itu SNBT?

SNBT atau Seleksi Nasional berdasarkan Tes merupakan merupakan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang didasarkan pada hasil tes masuk calon mahasiswa baru.

Pada tahun sebelumnya, SNBT dikenal sebagai SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Jalur Seleksi Masuk PTN Muladi Dari SNBP, SNBT dan Mandiri PTN

2. Perbedaan SBMPTN dan SNBT?

Perbedaan SBMPTN dan SNBT terletak pada materi yang di uji kan. Pada SBMPTN dahulu, peserta diharuskan untuk mengikuti Tes TKA dan TPS. Sedangkan untuk SNBT sekarang ini, peserta hanya diwajibkan mengikuti tes TPS saja.

Mekanisme SBMPTN

1. Calon mahasiswa yang mengikuti SBMPTN wajib menjalani Tes Kemampuan Akademik (TKA), Tes Potensi Skolastik (TPS), dan Tes Bahasa Inggris.

2. Peserta SBMPTN 2022 dibagi ke dalam 3 kelompok ujian sesuai program studi yang dipilih, yaitu:

– Sains dan Teknologi (Saintek), dengan materi berupa TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi), ujian TPS, dan Bahasa Inggris.

– Sosial dan Humaniora (Soshum), materinya berupa TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi), ujian TPS, dan Bahasa Inggris.

– Campuran, materinya berupa TKA Soshum, TKA Saintek, ujian TPS, dan Bahasa Inggris.

3. Materi dalam SBMPTN 2022 cenderung berfokus pada hafalan, bukan penalaran.

Mekanisme SNBT

1. Pada SNBT, Tes Kemampuan Akademik (TKA) dihapuskan sehingga peserta tidak lagi berfokus pada mata pelajaran sesuai dengan kelompok-kelompok ujian (Soshum, Saintek dan Campuran) pada seleksi masuk PTN.

2. Materi tes SNBT berfokus pada tes skolastik untuk mengukur kemampuan siswa dalam beberapa hal, yaitu:

– Potensi kognitif

– Penalaran matematika

– Literasi dalam bahasa Indonesia

– Literasi dalam bahasa Inggris

3. SNBP lebih menekankan penalaran ketimbang hafalan.

3. Jumlah Kuota SNBT

Jumlah kuota antara PTN dan PTN Badan Hukum (PTN-BH) dibedakan pada seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNPMB) PTN.

Daya tampung SNBT tercantum dalam pasal 15 ayat 3 Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022.

Bagi SNBT di kampus PTN, daya tampung minimalnya 40 persen. Sementara itu, daya tampung SNBT di kampus PTN-BH yaitu minimal 30 persen.

4. Peraturan Baru dalam SNBT

Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 juga menjelaskan aturan terbaru mengenai skema SNBT. Berikut aturannya:

1. Calon mahasiswa dapat mengikuti tes SNBT sebanyak 2 kali.

Ketentuan yang tercantum pada pasal 6 ayat 3 menjelaskan bahwa SNBT dapat dilaksanakan beberapa kali dalam tahun berjalan dan setiap calon mahasiswa dapat mengambil kesempatan paling banyak 2 kali tes.

2. PTN dapat menambahkan persyaratan tambahan portofolio untuk Prodi Seni dan Olahraga

PTN dapat menambahkan persyaratan SNBT mengenai portofolio untuk prodi yang membutuhkan keterampilan fisik, seperti Profi Seni dan Olahraga. Namun, pihak PTN tetap harus mengajukan penambahan persyaratan kepada Kementerian. Aturan ini tersemat dalam pasal 7 ayat 2.

Saat ini, tidak ada lagi kelompoK SAINTEK, SOSHUM, dan Campuran dalam proses ujian atau tes seleksinya. Beberapa kemudahan diharapkan akan membawa transformasi kemajuan dan bukan malah membuat degradasi kemajuan.

Mendikbud berharap siswa dan siswi tetap serius untuk mempersiapkan seleksi masuk perguruan tinggi ini, walaupu materi SNBT hanya TPS saja, Mendikbud berjanji bahwa soal yang diujikan akan dibuat sulit.

Untuk timeline atau waktu pendaftarannya, Dirjen Ditki Kemendikbud Prof Nizam menjelaskan bahwa informasi lengkap terkait seleksi nasional masuk perguruan tinggi akan dirilis pada bulan Desember mendatang, sama seperti tahun sebelumnya.

5. Pelaksanaan SNBT 2023

Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022, jadwal SNBT dilakukan pada semester akhir tahun ajaran berjalan, atau sebelum pengumuman kelulusan pendidikan menengah sampai dengan setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah pada tahun ajaran berjalan.

Sedangkan untuk pengumuman hasil SNBT dilakukan setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah.

Jadi, kita tunggu saja  pengumuman resmi dari mulai kapan pelaksanaan dan pengumuman SNBT 2023.

6. Pengelolaan Dari LTMPT Menjadi SNPMB-BPPP Kemendikbudristek

Untuk pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri, yang sebelumnya dikelola

Berikut adalah beberapa akun media sosial resmi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang ditunjuk sebagai penyelenggara seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023.

Instagram Resmi SNPMB  : @snpmb_bp3
Twitter Resmi SNPMB       : @snpmb_bppp
Tiktok Resmi SNPMB        : @bp3kemdikbudristek
Facebook Resmi SNPMB    : snpmb.bp3
YouTube Resmi SNPMB     : snpmb-bppp

Akun Media Sosial SNPMB BPPP Kemendikbudristek

Silakan follow atau ikuti akun resmi BPPP tersebut karena banyak akun lain yang mirip-mirip dan mengambil keuntungan dari perubahan nama seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023

Bimbel BIC – Brawijaya Intensive Centre

Merupakan lembaga bimbingan belajar yang akan membantu kamu mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk PTN mealui jalur SNBT.

Terdapat program bimbingan belajar SNBT BIC yang membantu kamu belajar penalaran dalam menyelesaikan soal-soal ujian SNBT. Tidak hanya belajar untuk menyelesaikan soal-soal, kamu juga dapat berkonsultasi tentang universitas, jurusan/prodi yang sesuai dengan kemampuanmu.

Berhubung SNBT 2023 sudah semakin dekan, yuk segera bergabung dengan BIC

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...