20 Daftar Prodi PPDS UB

by | Jun 6, 2024 | Blog

PPDS UB

Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk meningkatkan jenjang pendidikan ke jenjang spesialis melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). PPDS UB merupakan program yang dirancang untuk menghasilkan dokter spesialis yang kompeten dan profesional, siap mengabdikan diri untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

Mengapa Memilih PPDS UB?

Ada beberapa alasan mengapa PPDS UB menjadi pilihan tepat untuk melanjutkan pendidikan dokter spesialis Anda:

  • Akreditasi Unggul: PPDS UB telah mendapatkan akreditasi A dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kesehatan (LPTK) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa program ini memiliki kualitas yang terjamin dan berstandar tinggi.
  • Fakultas Kedokteran Terkemuka: FK UB merupakan salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia dengan reputasi yang gemilang. Fakultas ini memiliki staf pengajar yang berpengalaman dan bergelar doktor, serta fasilitas yang lengkap dan modern.
  • Beragam Program Studi: PPDS UB menawarkan berbagai program studi spesialis yang dapat Anda pilih sesuai dengan minat dan bakat Anda.
  • Kurikulum yang Komprehensif: Kurikulum PPDS UB dirancang dengan seksama untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi dokter spesialis yang kompeten. Kurikulum ini meliputi teori, praktik klinis, dan penelitian.
  • Jaringan Alumni yang Luas: PPDS UB memiliki jaringan alumni yang luas dan kuat yang dapat membantu Anda dalam pengembangan karir Anda.

Prodi PPDS UB

  1. Anestesiologi dan Terapi Intensif
    Akreditasi Nasional: Unggul
  2. Ilmu Bedah
    Akreditasi Nasional: Unggul
  3. Orthopaedi dan Traumatologi
    Akreditasi Nasional: Unggul
  4. Obstetri dan Ginekologi
    Akreditasi Nasional: Unggul
  5. Ilmu Kesehatan Anak
    Akreditasi Nasional: Unggul
  6. Dermatologi dan Venereologi
    Akreditasi Nasional: Unggul
  7. Penyakit Dalam
    Akreditasi Nasional: Unggul
  8. Jantung dan Pembuluh Darah
    Akreditasi Nasional: A
  9. Ilmu Kesehatan Mata
    Akreditasi Nasional: Unggul
  10. Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi
    Akreditasi Nasional: Unggul
  11. Neurologi
    Akreditasi Nasional: Unggul
  12. Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok, Bedah Kepala Leher
    Akreditasi Nasional: Unggul
  13. Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi
    Akreditasi Nasional: B
  14. Mikrobiologi Klinik
    Akreditasi Nasional: B
  15. Patologi Anatomi
    Akreditasi Nasional: Unggul
  16. Patologi Klinis
    Akreditasi Nasional: Unggul
  17. Radiologi
    Akreditasi Nasional: Unggul
  18. Urologi
    Akreditasi Nasional: B
  19. Kedokteran Emergensi
    Akreditasi Nasional: Baik
  20. Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik
    Akreditasi Nasional: Baik

Penerimaan Prodi PPDS UB

JALUR REGULER

Proses Pendaftaran dan Pemberkasan

  1. Pendaftaran di buka mulai tanggal 1 Desember 2023 s/d 31 Januari 2024
  2. Proses pendaftaran mekanismenya sama untuk jalur reguler maupun jalur PPUK, yang membedakan adalah persyaratan berkas yang harus dilengkapi
  3. Calon peserta login pada https://admisi.ub.ac.id menggunakan akun Gmail
  4. Gunakan alamat email Gmail yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
  5. Login ke email Gmail dan lakukan verifikasi melalui link verifikasi pada email yang dikirim oleh Admisi UB. Setelah email terverifikasi, pendaftar dapat mulai melakukan proses pendaftaran;
  6. Pendaftar memilih Seleksi Kedokteran Spesialis, kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
  7. Proses pendaftaran mulai dari request kode bayar sampai dengan finalisasi dilaksanakan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id. Jika ada permasalahan terkait pembayaran atau proses pendaftaran silahkan menghubungi ke helpdesk-tik.ub.ac.id
  8. Pertanyaan terkait Persyaratan penerimaan silahkan menghubungi Hotline telepon (0341) 335 222 atau email ke tkpppds.fk@ub.ac.id.
  9. Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN (13 digit);
  10. Biaya pendaftaran sebesar 500.000 (lima ratus ribu rupiah) disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
  11. Proses pembayaran hanya dapat dilakukan pada jadwal pendaftaran saja. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  12. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Peserta diharapkan menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
  13. Melakukan pendaftaran secara online dengan melengkapi data-data dan dokumen yang diperlukan melalui https://admisi.ub.ac.id.
  14. Biaya pendaftaran dan tes seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan atau dialihkan dengan alasan apapun.
  15. Peserta yang lolos pemberkasan dan jadwal Tes Tahap II akan diumumkan di website ppds.fk.ub.ac.id pada bulan Maret 2024 (jadwal bisa berubah).

PROSES SELEKSI

Proses seleksi penerimaan calon peserta PS PDS meliputi:

  1. seleksi administrasi;
    verifikasi biodata dan kelengkapan berkas persyaratan umum dan khusus; dan
    validasi keaslian berkas yang telah diupload.
  2. tes potensi akademik, tes kesehatan mental dan fisik, dan tes kemampuan berbahasa Inggris, dengan ketentuan sebagai berikut :
    • tes potensi akademik dari Unit Usaha Otonom (UUO) Bappenas yang diselenggarakan oleh panitia seleksi dengan standar nilai paling rendah 500 (lima ratus);
    • tes kesehatan mental melalui tes psikologi-psikiatri dengan ketentuan sebagai berikut:
      1) Physical Quotient (PQ) paling rendah 50 (lima puluh);
      2) Intelligence Quotient (IQ) paling rendah 100 (seratus); dan
      3) tidak boleh terdapat gambaran klinis berupa gangguan psikotik, gangguan bipolar, gangguan kepribadian ambang, dan gangguan kepribadian antisosial. c. tes kemampuan berbahasa Inggris/TOEFL yang diselenggarakan oleh panitia seleksi dengan nilai paling rendah 475 (empat ratus tujuh puluh lima);
    • tes kesehatan fisik dengan ketentuan seluruh calon peserta seleksi tidak boleh menderita penyakit kronis yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain serta dapat mengganggu proses pendidikan dan pelayanan.
    • semua dokumen hasil tes tahap II menjadi milik panitia seleksi
  3. tes tulis dan wawancara.

Bimbel Program PPDS BIC.ID

Ingin lolos seleksi PPDS UB?

Wujudkan cita-cita Anda bersama Bimbel PPDS Brawijaya Intensive Centre (BIC)!

BIC, sebagai bimbingan belajar terpercaya, siap membantu Anda mempersiapkan diri dengan optimal untuk menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Ujian Seleksi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

Mengapa Memilih BIC?

  • Tenaga Pengajar Berpengalaman: Dapatkan bimbingan dari para dokter spesialis berpengalaman dan berdedikasi tinggi yang siap membagi ilmu dan strategi terbaik mereka.
  • Materi Lengkap dan Terstruktur: Pelajari materi yang lengkap dan terstruktur, disusun berdasarkan kurikulum terbaru PPDS, untuk memastikan Anda menguasai semua materi yang dibutuhkan.
  • Simulasi Ujian yang Realistis: Berlatih dengan simulasi UTBK dan Ujian PPDS yang realistis untuk membiasakan diri dengan format dan tingkat kesulitan ujian yang sebenarnya.
  • Strategi Efektif untuk Mengerjakan Soal: Temukan strategi efektif untuk mengerjakan soal UTBK dan Ujian PPDS dengan cepat dan akurat, sehingga Anda dapat memaksimalkan nilai Anda.
  • Dukungan dan Motivasi Penuh: Dapatkan dukungan dan motivasi penuh dari tim BIC yang selalu siap membantu Anda dalam proses belajar dan persiapan ujian.

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini!

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...