Makanan Sehat Untuk Perkembangan Kecerdasan Anak

by | Jan 31, 2023 | Blog | 0 comments

Makan makanan sehat merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan, memperkuat tubuh kita serta meningkatkan kecerdasan otak..

Tidak Hanya Untuk Tubuh, Otak Juga Butuh

Otak butuh nutrisi, vitamin, dan mineral agar bisa berfungsi secara maksimal. Ini makanan yang bisa meningkatkan fungsi otak agar cerdas dan tidak pelupa.

Selama ini muncul beberapa kontroversi tentang konsep kecerdasaan. Beberapa ahli berpendapat kecerdasan terprogram secara genetik dan dibawa sejak lahir. Sementara, ada kelompok yang berpendapat bahwa kecerdasan dapat dibangun dengan meningkatkan lingkungan pendidikan.

Namun belakangan, melalui bukti-bukti ilmiah, dapat disimpulkan bahwa pola makan jelas berperan penting dalam peningkatan kemampuan otak untuk berpikir.

Nutrisi Untuk Otak

Maka dari itu, anak-anak dari berbagai kelompok umur dianjurkan untuk mengubah pola makan agar otak mendapat nutrisi yang tepat.

Sejumlah vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk mendapat kekuatan berpikir yang optimal.

Selain itu, tubuh juga memerlukan protein, karbohidrat, dan lemak esensial agar fungsi otak bekerja dengan baik.

Makanan yang menyediakan nutrisi penguat otak tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan berpikir. Mengonsumsi jenis makanan yang tepat akan memberikan peningkatakan secara signifikan terhadap kondisi mental dan keshatan.

Otak selalu membutuhkan energi Melansir Buku Makanan untuk Otak: Panduan Penting untuk Meningkatkan Kemampuan Otak Anda (2005) oleh Lorraine Perretta, otak selalu membutuhkan energi. Meski beratnya hanya kurang lebih 1,5 kg, otak dapat menghabiskan 25% total energi tubuh.

Energi diperlukan sebagai bahan bakar untuk proses transmisi impuls elektris dan komunikasi antarsel saraf yang terus-menerus.

Berbeda dengan organ lain, otak tak menyimpan energi. Agar terus berfungsi, organ vital di kepala ini memerlukan pasokan dua jenis bahan energi, yakni oksigen dan glukosa secara konstan.

Oksigen diperoleh otak dari aktivitas pernapasan. Sementara, glukosa didapatkan dari karbohidrat makanan. Asupan dua sumber energi ini secara tepat akan sangat penting bagi kerja mental manusia.

Otak ini perlu mendapatkan pasokan glukosa dari darah secara teratur dan merata pada saat seseorang berpikir dan berkonsentrasi.

Oleh sebab itu, kondisi lupa akan sesuatu yang kerap dikeluhkan banyak orang mungkin terjadi karena kurangnya kadar glukosa dalam otak yang mengakibatkan melemahnya daya konsentrasi, energi mental, dan kesiagaan.

Jenis Makanan Sehat Untuk Mendukung Kecerdasan Anak

Berikut adalah beberapa jenis makanan sehat yang dapat membantu memperkuat daya ingat dan kecerdasan:

  1. Ikan: Ikan seperti salmon, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang membantu memperkuat fungsi otak dan memperbaiki memori.
  2. Berries: Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan blackberry mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki fungsi otak dan memperlambat proses penuaan.
  3. Sayuran hijau: Sayuran seperti kale, brokoli, dan bayam mengandung zat besi, vitamin K, dan antioksidan yang membantu memperkuat fungsi otak dan memperbaiki memori.
  4. Biji-bijian: Biji-bijian seperti gandum, quinoa, dan jagung mengandung vitamin B yang membantu meningkatkan konsentrasi dan memori.
  5. Daging merah: Daging merah seperti daging sapi dan daging kambing mengandung zat besi yang membantu memperkuat fungsi otak dan memperbaiki memori.
  6. Telur: Telur mengandung lecithin yang membantu memperkuat fungsi otak dan memperbaiki memori.
  7. Bawang putih: Bawang putih mengandung allicin yang membantu memperkuat fungsi otak dan memperbaiki memori.

Itulah beberapa jenis makanan sehat yang dapat membantu memperkuat daya ingat dan kecerdasan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan ini secara teratur dan dalam jumlah yang seimbang untuk mendapatkan hasil terbaik. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih yang cukup untuk membantu memperkuat fungsi otak dan memperbaiki memori.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.