Teknik Industri, Prospek Lulusan Di Dunia Kerja

by | Sep 13, 2019 | Blog | 0 comments

Apa Itu Teknik Industri?

Merupakan ilmu yang mempelajari proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik. Yang masih turunan dari teknik mesin. Walau demikian, para mahasiswa juga harus mempelajari disiplin lain seperti matematika, fisika, fisiologi, bahkan manajemen saintifik.

Dengan tugas kerja berfokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi.

Teknik Industri sendiri dibagi menjadi tiga bidang besar. Pertama, sistem manufaktur yang mempelajari peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi. Kedua adalah manajemen industri, di mana para mahasiswa harus mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, dan ekonomi teknik.  Ketiga adalah sistem industri dan tekno ekonomi, seperti logistik, statistik, penelitian operasional, dan sistem basis data.

Teknik industri biasanya terletak di fakultas yang sama dengan teknik mesin, teknik kimia, dll. Yang perlu kalian tahu teknik industri berbeda dengan teknik mesin, teknik kimia, teknik sipil, dan teknik elektro yang merupakan ilmu keteknikan dasar. Sedangkan teknik industri adalah ilmu teknik atau interdispliner yang melibatkan banyak ilmu atau disiplin ilmu, termasuk matematika dan fisika.

Peran Pada Perusahaan

Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik industri, dari industri kecil hingga yang besar, dari industri hulu hingga hilir. Beberapa peran yang dapat diambil seseorang lulusan jurusan teknik industri dalam berbagai perusahaan diantaranya:

  1. Divisi Produksi

Di dalam Divisi Produksi, seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri umumnya dipercaya untuk dapat menangani berbagai hal dalam hal proses produksi suatu pabrik.

Beberapa contoh posisi dalam Divisi Produksi yang dijabat oleh seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri adalah:

  • Analyst Production yang bertugas mengatur sistem kerja yang efisien dan efektif.
  • Production Head yang bertugas mengatur keseluruhan tim produksi untuk dapat menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi dan efisien

Baca Juga:
Lebih Mengenal Dengan Sekolah Tinggi Manajemen Industri

  1. Divisi Engineering

Divisi Engineering adalah suatu divisi yang bertanggung jawab akan kelancaran mesin-mesin produksi untuk dapat beroperasi sesuai dengan kapasitas mesin tersebut. Pada divisi ini seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri seringkali dipercaya oleh suatu perusahaan untuk menjabat sebagai Head of Engineering.

Tanggung jawabnya itu seperti:

  • Mengatur tim engineering di dalam setting mesin-mesin produksi agar selalu dalam kondisi terbaiknya
  • Mengatur jadwal maintenance setiap mesin produksi
  • Memastikan setiap part yang diganti dalam suatu mesin produksi adalah part yang tepat dan memiliki kualitas part yang tepat
  • Bertanggung jawab di dalam setiap kualitas barang yang dihasilkan di setiap mesin produksi agar sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan sebelumnya.
  1. Divisi PPIC/Gudang (Warehouse)

Divisi PPIC/Gudang adalah suatu divisi yang bertanggung jawab:

  • Membuat jadwal pemakaian mesin
  • Memastikan kesesuaian kebutuhan bahan baku untuk setiap mesin produksi agar stock bahan baku sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin produksi berdasarkan demand dari bagian marketing
  • Memastikan setiap bahan baku yang datang tepat jumlah dan tepat kualitas sesuai dengan yang dibutuhkan
  • Memastikan proses peletakan setiap mesin produksi sesuai dengan jalur proses produksi, sehingga jalur distribusi barang tidak ada yang berlawanan
  • Memastikan peletakan yang teratur dan mudah diraih untuk setiap bahan baku yang ditaruh di Gudang.

(by: Hisyam JH)

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.