Tes Psikotes: Pengertian, Jenis, dan Tips Menghadapinya

by | Dec 23, 2023 | Blog | 0 comments

Dalam proses rekrutmen kerja, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh pelamar kerja. Salah satu tahapan yang paling penting adalah tes psikotes. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dan kepribadian pelamar kerja.

Tes psikotes memiliki berbagai jenis, mulai dari tes intelegensi, tes kepribadian, tes kemampuan, hingga tes minat dan bakat. Tes ini biasanya dilakukan oleh psikolog atau lembaga rekrutmen.

Pengertian Tes Psikotes:

Tes psikotes adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan dan kepribadian seseorang. Tes ini biasanya digunakan dalam proses rekrutmen kerja, seleksi masuk sekolah atau perguruan tinggi, dan seleksi lainnya.

Tes psikotes dapat digunakan untuk mengukur berbagai aspek, seperti:

  1. Intelegensi
  2. Kepribadian
  3. Kemampuan
  4. Minat dan bakat

Jenis Tes Psikotes:

Ada berbagai jenis tes psikotes, antara lain:

  1. Tes intelegensi (IQ test)
  2. Tes kepribadian (personality test)
  3. Tes kemampuan (ability test)
  4. Tes minat dan bakat (interest and aptitude test)

Tes Inteligensi (IQ Test)

Tes inteligensi adalah tes yang digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Tes ini biasanya terdiri dari berbagai jenis soal, seperti soal logika, soal verbal, dan soal numerik.

Tes Kepribadian (Personality Test)

Tes kepribadian adalah tes yang digunakan untuk mengukur karakteristik kepribadian seseorang. Tes ini biasanya terdiri dari berbagai jenis soal, seperti soal pilihan ganda, soal isian, dan soal gambar.

Tes Kemampuan (Ability Test)

Tes kemampuan adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bidang tertentu. Tes ini biasanya terdiri dari berbagai jenis soal, seperti soal tes bahasa, soal tes matematika, dan soal tes komputer.

Tes Minat dan Bakat (Interest and Aptitude Test)

Tes minat dan bakat adalah tes yang digunakan untuk mengukur minat dan bakat seseorang dalam bidang tertentu. Tes ini biasanya terdiri dari berbagai jenis soal, seperti soal pilihan ganda, soal isian, dan soal gambar.

Masing-masing jenis tes psikotes mengukur aspek yang berbeda-beda. Tes intelegensi mengukur tingkat kecerdasan seseorang, tes kepribadian mengukur karakteristik kepribadian seseorang, tes kemampuan mengukur kemampuan seseorang dalam bidang tertentu, dan tes minat dan bakat mengukur minat dan bakat seseorang dalam bidang tertentu.

Tips Menghadapi Tes Psikotes:

Berikut adalah beberapa tips menghadapi tes psikotes:

  • Persiapkan diri dengan mempelajari berbagai jenis tes psikotes.
  • Datang tepat waktu ke tempat tes.
  • Berpakaian rapi dan sopan.
  • Bersikap tenang dan santai selama tes.
  • Bacalah soal dengan cermat sebelum menjawab.
  • Jangan terburu-buru dalam menjawab soal.
  • Jika tidak yakin dengan jawaban, pilihlah jawaban yang paling mendekati.

Tes psikotes adalah tahapan yang penting dalam proses rekrutmen kerja. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lolos tes ini.

Siap untuk lolos tes psikotes?

BIC, lembaga bimbingan belajar di Malang, Jawa Timur, menyediakan layanan tes psikotes untuk pendidikan dan bisnis.

Tes psikotes BIC dipandu oleh psikolog profesional yang berpengalaman. Tes ini dilakukan secara online dan offline, sehingga Anda dapat mengikuti tes dari mana saja.

Segera daftarkan diri Anda untuk tes psikotes BIC!

Klik link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut:

Assesment Psikotes

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.