Tes TOEFL: 4 Hal Mengapa Tes TOEFL Itu Penting

by | Jun 17, 2023 | Blog, Universitas | 0 comments

Tes TOEFL – Apakah Anda sedang merencanakan untuk melanjutkan studi di luar negeri atau mengambil pekerjaan internasional yang menuntut kemampuan bahasa Inggris yang tinggi?

Jika ya, tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah langkah awal yang penting dalam meraih tujuan tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu TOEFL, mengapa bimbingan belajar TOEFL sangat penting

Apa itu Tes TOEFL?

TOEFL adalah tes standar internasional yang dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Tes ini digunakan oleh universitas, lembaga pendidikan, dan perusahaan di seluruh dunia untuk mengevaluasi kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris.

Tes TOEFL terdiri dari empat bagian utama, yaitu Reading (Membaca), Listening (Mendengarkan), Speaking (Berbicara), dan Writing (Menulis), yang menguji berbagai keterampilan bahasa Inggris.

Komponen Tes TOEFL

Tes TOEFL terdiri dari empat komponen utama yang menguji berbagai keterampilan bahasa Inggris.

Pertama,Komponen Reading dirancang untuk menguji kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis teks tulis bahasa Inggris. Peserta akan diberikan serangkaian bacaan akademik seperti artikel jurnal, esai, dan tulisan ilmiah.

Mereka akan dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan yang mengharuskan mereka untuk mengidentifikasi informasi utama, menyimpulkan makna kata atau frasa tertentu, mengenali struktur teks, dan memahami hubungan antara ide-ide yang disajikan dalam bacaan.

Kedua, Komponen Listening mengevaluasi kemampuan peserta dalam memahami bahasa Inggris lisan yang digunakan dalam situasi akademik.

Peserta akan mendengarkan rekaman yang berisi percakapan antara dua orang, kuliah singkat, atau diskusi kelompok. Mereka harus dapat mengidentifikasi informasi rinci, mengenali tujuan berbicara, memahami perbandingan dan kontras, serta menyimpulkan informasi implisit dari rekaman.

Kemampuan mengikuti petunjuk dan mendapatkan makna dari intonasi, nada, dan penggunaan bahasa nonverbal juga akan dievaluasi.

Ketiga, Komponen Speaking menilai kemampuan peserta dalam berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris. Peserta akan diberikan tugas-tugas seperti menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan atau rekaman, memberikan pendapat tentang topik tertentu, menjelaskan diagram atau grafik, dan berpartisipasi dalam percakapan simulasi.

Juga harus mampu mengungkapkan ide dengan jelas, menggunakan kosakata yang tepat, mengorganisir pemikiran secara terstruktur, dan menguasai aspek intonasi dan penekanan dalam bahasa Inggris.

Terakhir, Komponen Writing menguji kemampuan peserta dalam menulis teks bahasa Inggris secara akademik.

Peserta akan diminta untuk menulis esai argumentatif berdasarkan topik yang diberikan atau merespons sebuah tulisan atau rekaman dengan menulis tanggapan terstruktur. Mereka harus mampu menyusun argumen yang koheren dan kohesif, menggunakan bahasa yang sesuai dan bervariasi, serta menghasilkan tulisan yang terorganisir dengan baik.

Penilaian juga dilakukan terhadap penggunaan tata bahasa dan tanda baca yang tepat.

Pentingnya Tes TOEL

Dalam dunia yang semakin terhubung secara global, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris telah menjadi kunci penting untuk mencapai kesuksesan akademik dan profesional. Dan di tengah tantangan ini, tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) memainkan peran yang tak tergantikan.

Berikut 4 hal mengapa tes TOEL itu menjadi penting

1. Standar Global untuk Bahasa Inggris

TOEFL telah menjadi standar global untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris bagi mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Universitas, lembaga pendidikan, dan perusahaan di seluruh dunia mengakui dan mengandalkan skor TOEFL sebagai tolok ukur kualifikasi bahasa Inggris. Menghasilkan skor TOEFL yang baik membuktikan bahwa Anda memiliki keterampilan komunikasi yang diperlukan untuk berinteraksi dan bersaing di lingkungan akademik dan profesional internasional.

2. Meningkatkan Peluang Pendidikan

Tes TOEFL menjadi syarat masuk yang umum di banyak universitas di seluruh dunia. Skor TOEFL yang tinggi memungkinkan Anda memperoleh akses ke program sarjana, pascasarjana, atau PhD di universitas bergengsi. Melalui TOEFL, Anda dapat menunjukkan kepada lembaga pendidikan potensial Anda bahwa Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang diperlukan untuk mengikuti kuliah, berpartisipasi dalam diskusi, dan menyelesaikan tugas akademik dengan sukses.

3. Membuka Peluang Karir Internasional

Bukan hanya dalam pendidikan, tes TOEFL juga memainkan peran penting dalam karir internasional. Banyak perusahaan multinasional dan organisasi internasional membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang kuat. Skor TOEFL yang tinggi akan memberikan keunggulan kompetitif dalam mencari pekerjaan di perusahaan global atau dalam peran yang melibatkan interaksi dengan kolega dan klien internasional. Tes TOEFL juga membantu Anda membuktikan bahwa Anda mampu berkomunikasi secara efektif dalam situasi bisnis yang melibatkan bahasa Inggris.

4. Persiapan yang Mendalam dan Kualitas Komunikasi

Selain menjadi tolok ukur kemampuan bahasa Inggris, tes TOEFL juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mereka secara menyeluruh. Persiapan untuk tes TOEFL melibatkan latihan membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris. Dengan mengikuti proses persiapan yang tepat, Anda akan memperdalam pemahaman Anda tentang tata bahasa, kosakata, pengucapan, dan gaya penulisan dalam bahasa Inggris. Semua ini akan berkontribusi pada kemampuan komunikasi yang lebih baik dalam berbagai konteks.

Tes TOEFL merupakan langkah penting dalam mencapai kesuksesan bahasa Inggris. Skor TOEFL yang tinggi membuka pintu ke peluang pendidikan yang lebih baik dan membantu Anda membangun karir internasional yang sukses. Persiapan untuk tes TOEFL juga meningkatkan keterampilan komunikasi Anda secara menyeluruh. Jadi, jangan ragu untuk menghadapi tes TOEFL dengan persiapan yang serius dan mencapai potensi penuh Anda dalam bahasa Inggris.

Tantangan Dalam Mengerjakan Tes TOEFL

Mengerjakan soal tes TOEFL tidaklah mudah. Berikut beberapa tantangan dalam mengerjakan tes TOEFL:

  1. Bahasa yang Kompleks dan Cepat
  2. Batasan Waktu yang Ketat
  3. Keterbatasan Praktik
  4. Menangani Stres dan Kecemasan

Baca juga: 7 Tantangan Mengerjakan Tes TOEFL

Pentingnya Bimbingan Belajar TOEFL

Menghadapi tes TOEFL tanpa persiapan yang memadai dapat menjadi tantangan yang besar. Bimbingan belajar TOEFL adalah suatu keharusan bagi mereka yang ingin mencapai skor tinggi dalam tes ini. Mengapa demikian? Pertama, bimbingan belajar TOEFL memberikan pemahaman mendalam tentang format, struktur, dan taktik yang diperlukan untuk menghadapi tes dengan percaya diri. Kedua, bimbingan belajar menyediakan materi pelajaran yang komprehensif, latihan soal, dan pengalaman praktis yang sangat berharga. Selain itu, bimbingan belajar TOEFL membantu peserta tes mengidentifikasi kelemahan mereka dan memberikan strategi yang tepat untuk mengatasi setiap aspek tes.

Brawijaya Intensive Centre (BIC) adalah lembaga pendidikan terkemuka yang menyelenggarakan bimbel TOEFL dengan kurikulum yang terstruktur dan didukung oleh tim pengajar berpengalaman. BIC menyediakan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan inovatif, dengan fokus pada keempat komponen TOEFL.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memilih BIC untuk bimbel TOEFL:

  1. Tim Pengajar Berkualitas: BIC memiliki tim pengajar yang berpengalaman dan berkomitmen untuk membantu Anda mencapai skor TOEFL yang tinggi. Mereka menguasai strategi ujian TOEFL dan dapat memberikan panduan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan Anda.
  2. Materi Pelajaran Terstruktur: BIC menawarkan materi pelajaran TOEFL yang komprehensif dan terstruktur. Anda akan belajar tentang teknik membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis yang efektif serta memiliki kesempatan untuk melatih keterampilan tersebut melalui latihan dan simulasi ujian.
  3. Konsultasi Pribadi: BIC memberikan konsultasi pribadi untuk mengidentifikasi kelemahan Anda dan menyesuaikan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu. Hal ini memungkinkan Anda untuk fokus pada area yang perlu diperbaiki dan meningkatkan hasil tes Anda dengan cepat.
  4. Lingkungan Belajar yang Supportif: BIC menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan supportif di mana Anda dapat berinteraksi dengan peserta lain yang memiliki tujuan yang sama. Ini membantu meningkatkan motivasi dan membangun kepercayaan diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Tes TOEFL merupakan langkah penting dalam meraih tujuan akademik dan profesional di dunia yang semakin terhubung secara global. Dengan Program bimbingan belajar TOEFL yang tepat, seperti yang ditawarkan oleh Brawijaya Intensive Centre (BIC), Anda dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk meraih skor TOEFL yang luar biasa.

Jangan ragu untuk memanfaatkan bimbel TOEFL BIC untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dan mencapai impian Anda yang lebih tinggi.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?