BEASISWA DALAM NEGERI

by | Sep 13, 2019 | Berita

Macam-Macam Beasiswa di Kampus

Apa sih beasiswa itu? Pasti dipikiran kalian beasiswa itu program pendidikan yang ditanggung oleh kampus atau lembaga yang terkait. Yap, pengertian itu betul juga, tapi jelasnya beasiswa adalah  pemberian bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh dengan bertujuan Untuk membantu para pelajar atau mahasiswa supaya dapat mencari ilmu yang sesuai dengan bidang yang hendak dikuasai, yang paling utama bagi yang memiliki masalah dalam pembiayaan.

Setiap beasiswa yang ada dan diberikan akan berbeda jenis dan macamnya, karena penyedia beasiswa tidak hanya satu atau dua lembaga dan universitas saja, melainkan sangat beragam dan banyak. Disini akan akan dijelaskan apa saja macam-macam beasiswa yang ada. Yuk kita simak.

Berdasarkan cakupannya, beasiswa tebagi menjadi dua, yaitu beasiswa penuh dan parsial.

  1. Beasiswa penuh

Beasiswa ini tidak hanya memberikan biaya pendidikan, beasiswa penuh juga menyediakan pendanaan untuk kebutuhan pendukung yang akan digunakan oleh penerimanya selama masa studi berlangsung. Seperti biaya hidup, biaya perjalanan, akomodasi, asuransi, sampai sarana dan prasarana pendukung belajar.

  1. Beasiswa parsial

Beasiswa yang satu ini hanya menanggung sebagian dari total biaya yang kalian butuhkan selama melanjutkan masa studi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pemberi beasiswa bianya disebut dengan sponsor akan menutupi biaya studi prioritas yang tidak kalian bisa tanggung. Pada umumnya, beasiswa parsial yang diberikan sponsor bisa dalam bentuk biaya kuliah atau akomodasi saja.

Jika dilihat dari sumber pembiayaan, ada 5 jenis beasiswa yang dapat kalian temui itu berasal dari mana saja, sepert:

  1. Beasiswa dari pemerintah

Pemerintah sebagai organisasi public tentunya memiliki banyak beasiswa yang ditawarkan dan kalian dapatkan loh. Berbagai departemen dan lembaga pemerintah menyediakan berbagai beasiswa yang tidak hanya bisa diikuti oleh karyawan atau pegawai di dalam lembaga tersebut, taoi juga terbuka untuk umum. Contohmya seperti beasiswa Departemen Keuangan (LPDP), beasiswa Badan Perencanaan Pembangunan Nasional(BAPPENAS), beasiswa LIPI dan lain-lain.

 

  1. Beasiswa dai pihak swasta.

Beasiswa dari pihak swasta biasanya disediakan oleh institusi berupa perusahaan besar atau koorporat. Mayoritas beasiswa yang disesiakan berupa bentuk Corporate Social Responsibilty (CSR) kepada lingkungannya, dan jenisnya pun menyesuaikan dengan bidang studi yang berkaitan dengan bidang industri perusahan itu sendiri. Seperti beasiswa Djarum, program Astra1st, beasiswa Sampoerna, beasiswa BCA Finance, beasiswa Tanoto Foundation dan lain-lain.

  1. Beasiswa dari Negara maju/donor intrnasional

Program beasiswa dari negara maju merupakan salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan Negara tersebut dengan Negara berkembang dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial. Selain untuk memfasilitasi para pelajar untuk mendapatkan sarana dan prasarana pendidikan yang lebih baik, beasiswa ini juga bertujuan untuk memperbanyak pusat-pusat penelitian di Negara berkembang yang penuh dengan potensi. Contohnya seperti beasiswa Heinrich Boll Foundation untuk Siswa Internasional,  beasiswa Scholarship of the Scholarship Foundation of the Republic of Austria for Undergraduates, Graduates and Postgraduates dan lain-lain.

  1. Beasiswa dari organisasi, komunitas, atau yayasan.

Beasiswa yang diberikan dari organisasi, komunitas atau yayasan yang ditawarkan biasanya selaras dengan nilai-nilai yang dijunjung oleh organisasi/komunitas/yayasan tersebut. Salah satu contohnya yaitu beasiswa yang berasal dari yayasan orbit Ainun Habibie yang merupakan komitmen dari Ibu Ainun untuk memfasilitasi anak-anak Indonesia yang berprestasi namun kendala biaya.

  1. Beasiswa perguruan Tinggi

Sebgai salah satu institusi penyedia pendidikan tingkat tinggi, perguruan tinggi memiliki berbagai bantuan dana akademik untuk calon mahasiswa dan mahasiswanya. Selain ditujukan bagi para mahasiswanya sendiri, ada juga yang ditujukan bagi mahasiwa luar perguruan tinggi tersebut bahkan luar negeri. Bentuknya bisa bermacam-macam mulai dari beasiswa bidang studi, beasiswa olahraga, sampai program pertukaran pelajar.

(by: Hisyam JH)

 

 

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”