Lebih Mengenal Dengan Dokter Obstetri dan Ginekologi

by | Apr 18, 2020 | Kedokteran

Obstetri dan ginekologi adalah cabang ilmu kedokteran yang berbeda. Obstetri fokus dalam penanganan kehamilan dan persalinan, sedangkan ginekologi fokus dalam penanganan masalah reproduksi wanita.

Meski keduanya berbeda, tetapi karena melingkupi dua masalah kesehatan terbesar pada wanita maka tergabung dalam satu keahlian atau spesialisasi yang disebut dengan istilah OBGYN. Di Indonesia, dokter spesialis ini diberi gelar Spesialis Obstetri & Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan) atau disingkat SpOG.

Obstetri adalah cabang kedokteran yang berhubungan dengan kehamilan dan persalinan. Termasuk di dalamnya proses sebelum, selama, dan pasca seorang wanita melahirkan. Sedangkan ginekologi adalah cabang kedokteran yang fokus pada kesehatan organ reproduksi wanita saja. Mulai dari diagnosis, pemeriksaan, hingga perawatan.

Wanita hamil biasanya berkunjung ke ahli obstetri dan ginekologi untuk pemeriksaan dan perawatan rutin antenatal, yakni pemeriksaan kondisi kehamilan dan persiapan persalinan. Rentang waktunya beragam sesuai anjuran dokter selama masa kehamilan, tetapi mereka akan menemui dokter kira-kira secara rutin tiap trimester.

Fokus pelayanan obstetri yang juga dilakukan untuk memeriksa kelainan saat kehamilan dan persalinan, antara lain:

– Kehamilan ektopik, atau kehamilan di luar rahim.

– Solusio plasenta, yaitu plasenta yang terlepas dari rahim sebelum waktunya.

– Preeklamsia, yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan tungkai, dan keluarnya protein melalui urin.

– Kelahiran prematur.

– Bahu bayi terjebak saat melahirkan (distosia bahu).

– Tali pusat menumbung (Prolapsed umbilical cord), yaitu tali pusar yang keluar mendahului bayi, lalu terjepit.

– Perdarahan saat atau setelah persalinan.

– Ruptur uteri, terjadinya robekan pada lapisan rahim.

– Sepsis.

Kemudian untuk layanan ginekologi, mengarah pada kesehatan reproduksi wanita. Termasuk pada diagnosis maupun perawatan daerah vagina, rahim, ovarium, dan tuba falopi. Layanan ginekologi juga bisa mencakup penanganan masalah yang berhubungan dengan payudara wanita.

Beberapa pelayanan yang bisa ditangani oleh ahli ginekologi antara lain:

– Vaksinasi terhadap human papilloma virus (HPV).

– Keputihan.

– Infeksi saluran kemih.

– Penyakit menular seksual.

– Menopause

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”