Kenali Lebih Dekat Dengan Dokter Spesialis Paru

by | Apr 6, 2020 | Berita

Dokter spesialis paru adalah seorang dokter ahli yang menangani penyakit dan gangguan paru-paru. Penyakit paru adalah salah satu gangguan pernapasan yang paling sering ditemukan di dunia. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya infeksi, genetik, risiko pekerjaan, atau karena kebiasaan merokok.

Tugas utama dokter spesialis paru adalah mendiagnosis dan menentukan jenis pengobatan yang tepat untuk berbagai masalah pada sistem pernapasan. Dokter spesialis paru bisa bekerja secara mandiri dengan membuka praktek pribadi atau bekerja di suatu rumah sakit, khususnya di unit perawatan intensif.

Seseorang yang tengah mengalami masalah pada paru-paru akan ditandai dengan sesak napas, batuk berdarah, dan batuk yang berkepanjangan. Sebaiknya segera diskusikan dengan dokter, ya! Jika keadaan kamu tidak memungkinkan untuk ditangani oleh dokter umum, biasanya dokter akan merujuk pengidap untuk menemui dokter spesialis paru. Beberapa kondisi yang biasanya ditangani oleh dokter spesialis paru, antara lain:

– Asma

– Pneumonia

– Penyakit paru interstisial

– Bronkitis

– Bronkiektasis

– Penyakit paru obstruktif kronik

– Okupasional

Selain mengobati penyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan sistem pernapasan, dokter spesialis paru juga bertugas melakukan pemeriksaan serta prosedur medis yang berkaitan dengan paru-paru dan sistem pernapasan. Prosedur itu meliputi:

– Tes fungsi paru, untuk mengetahui seberapa baik kinerja paru-paru.

– Bronkoskopi, untuk memeriksa saluran pernapasan dan melihat kemungkinan adanya masalah pada trakea, tenggorokan, atau laring.

– Uji oksimetri nadi, untuk melihat tingkat saturasi oksigen di dalam darah.

– Thoracocentesis, untuk mengeluarkan cairan atau udara dari dalam paru-paru.

– Sleep study, untuk mendiagnosis gangguan tidur seperti apnea tidur.

– Biopsi pada pleura dan paru, yaitu pengambilan sampel jaringan untuk diperiksa lebih lanjut.

– Lobektomi, untuk mengangkat salah satu lobus paru-paru.

– USG dada, untuk memeriksa dan melihat struktur organ pernapasan.

– Manajemen jalan napas dan trakeostomi, untuk mengamankan jalan napas dan memastikan fungsi pernapasan dapat berjalan dengan baik.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”