Lebih Dekat Dengan Dokter Spesialis Olahraga

by | Apr 7, 2020 | Berita

kedokteran olahraga adalah seorang dokter yang berspesialisasi dalam merawat orang-orang yang mengalami cedera olahraga. Cedera olahraga adalah cedera yang didapat orang dari berolahraga atau karena aktif secara fisik. Para profesional perawatan kesehatan yang bekerja di bidang medis interdisipliner ini tidak hanya fokus pada perawatan cedera yang berhubungan dengan olahraga, tetapi juga pada pencegahan cedera, rehabilitasi, nutrisi, dan pelatihan untuk membantu atlet meningkatkan kemampuan mereka di lapangan.

          Seorang dokter kedokteran olahraga memiliki pelatihan khusus yang signifikan dalam perawatan dan pencegahan penyakit dan cedera. Mereka secara ideal cocok untuk memberikan perawatan medis yang komprehensif bagi para atlet, tim olahraga atau individu aktif yang hanya ingin mempertahankan gaya hidup sehat. Dokter kedokteran olahraga mengkhususkan diri dalam kedokteran olahraga non-bedah dan melayani sebagai dokter tim olahraga.

Kedokteran olahraga adalah perawatan yang hanya berfokus pada muskuloskeletal, yang artinya perawatan pasien dengan cedera atau masalah pada otot, tulang, tendon, sendi dan ligamen. Spesialis kedokteran olahraga dapat membantu menangani cedera muskuloskeletal akut yang sering terjadi antara lain:

– Keseleo dan kram

– Otot tertarik

– Cedera pada ligamen atau tulang rawan

– Nyeri pada tumit, plantar fasciitis (radang/cedera pada jaringan ikat di telapak kaki)

– Benjol dan memar

– Patah tulang sederhana (tulang tidak menembus kulit)

Dokter spesialis kedokteran olahraga dilatih untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat dari lingkungan kesehatan modern. Mereka mampu melakukan tanggung jawab berikut ini:

– Pemeriksaan fisik komprehensif sebelum mengikuti suatu perlombaan

– Penilaian dan penanganan cedera secara tepat

– Perawatan khusus untuk kelompok khusus termasuk penyandang cacat, geriatrik, wanita, dll

– Berurusan dengan masalah psikologi olahraga dan penggunaan obat-obatan

– Memenuhi kebutuhan medis umum yang terkait dengan olahraga para atlet

– Pemahaman yang tepat pada cedera dan pencegahan penyakit

– Koordinasi perawatan dengan tim kedokteran olahraga

– Komunikasi yang tepat dengan pembimbing atlet, trainer, bahkan dengan keluarga mereka

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”