Mengenal Lebih Dekat Dengan Institut Pemerintahan Dalam Negeri

by | May 5, 2020 | Blog, Kedinasan

Institut Pemerintahan Dalam Negeri) disingkat “IPDN” adalah Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Berdasarkan Keppres No. 87 Tahun 2004, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan untuk menggabungkan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) menjadi IPDN.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian. Keunggulan belajar di kampus ini adalah tidak dipungut biaya, disediakan asrama, masih kuliah sudah diangkat menjadi CPNS, selama masa pendidikan diberi uang saku, dan lulus kuliah tidak bingung mencari kerja karena langsung ditempatkan di instansi pemerintah.

Lokasi Kampus IPDN

Kampus utama IPDN terletak di Jalan Ir. Soekarno KM 20 Desa Cibeusi, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Selain kampus utama, juga terdapat kampus regional yang berada di Jakarta, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Papua.

Pendidikan di IPDN sendiri, mengharuskan seluruh mahasiswa untuk menempati selain kampus utama di tahun pertama perkuliahan. Kemudian untuk perkuliahan di tahun kedua siswa akan menempati kampus regional.

Nantinya, di kampus regional tersebut, mahasiswa IPDN dituntut untuk terjun langsung ke masyarakat. Harapannya, lulusan IPDN nantinya bukan hanya dapat memegang jabatan saja, tetapi juga dapat mengerti masyarakat yang ada. Hingga saat ini, banyak alumni IPDN yang telah menjabat menjadi Bupati, Walikota, bahkan Gubernur.

Fakultas dan Prodi di Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Fakultas Politik Pemerintahan

Fakultas Politik Pemerintahan (FPP) merupakan salah satu fakultas yang ada di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Pada saat ini FPP menyelenggarakan Tiga (3) prodi berdasarkan nomenklatur baru yaitu Prodi Politik Indonesia Terapan, Prodi Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, dan Prodi Studi Kebijakan Publik.

  1. Prodi Politik Indonesia Terapan
  2. Prodi Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat
  3. Prodi Studi Kebijakan Publik

Fakultas Manajemen Pemerintahan

Fakultas ini memang unggul dalam ilmu pemerintahan, Sobat Pintar. Terdapat empat prodi Fakultas Manajemen pemerintahan (FMP).

  1. Administrasi Pemerintahan Daerah (ADPEMDA)
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik (MSDM-SP)
  3. Keungan Publik
  4. Teknologi Rekayasan Informasi Pemerintah (TRIP)

Fakultas Perlindungan Masyarakat

Fakultas Perlindungan Masyarakat menaungi tiga prodi IPDN. Ketiga program studi IPDN tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL)
  2. Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik (MKKP)
  3. Praktek Perpolisian Tata Pamong (PPTP)

Biaya Kuliah IPDN

Kamu nggak perlu khawatir dengan biaya kuliah di IPDN. Karena berada dalam naungan Kementerian Dalam Negeri, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan. Selain bebas biaya pendidikan juga akan mendapat uang saku atau tunjangan setiap bulan apabila sudah menjadi Praja di IPDN.

IPDN juga tidak memungut biaya pendaftaran. Sudah masuk pun kamu akan mendapat fasilitas seperti asrama, makan 3 (tiga) kali sehari, dan akomodasi lainnya.

Prospek Pekerjaan IPDN

Sudah tau jurusan IPDN kan, Sobat Pintar. Bagaimana dengan alumninya? Kira-kira, lulusan IPDN jadi apa, sih?

Di atas telah disebutkan bahwa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) akan meluluskan kader-kader pemerintahan. Nah, salah satu prospek pekerjaan IPDN sebagai kader pemerintahan yang dimaksud, misalnya, adalah camat. Tentu saja, lulusan IPDN harus mengikuti Ikatan Dinas dan menjadi ASN. Seorang camat berstatus PNS golongan IV berhak atas gaji per bulan sebesar Rp3.044.300,00 sampai Rp5.661.700,00 (belum termasuk tunjangan)

Nah, menarik gah tuh prospek lulusan Sekolah Kedinasan ini? Eitts, ada tapinya, Sobat. Status dan pekerjaan sebagai ASN tidak selalu cocok untuk semua orang. Ada baiknya kamu mengikuti Tes Penjurusan dulu, deh. Cari tau apa jurusan yang ada di IPDN yang paling cocok buatmu, sekalian kamu juga bisa menjajaki apakah kamu cocok menjadi ASN.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...