Lebih Mengenal Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta

by | May 5, 2020 | Blog, Kedinasan

Sekolah Tinggi Perikanan (sekarang menjadi Politeknik Ahli Usaha Perikanan) adalah Sekolah Tinggi Kedinasan yang mendidik tenaga professional di bidang Perikanan darat dan laut. Sekolah ini di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Terletak di Jl AUP Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Kelahiran STP diawali dengan berdirinya Akademi Usaha Perikanan (AUP) pada 7 September 1962, yang berkedudukan di Jakarta. Saat itu, dibuka prograam Diploma III dengan 3 (tiga) jurusan yakni Teknik Penangkapan, Teknologi Perikanan dan Ekonomi Perikanan. Perjalanan waktu membawa AUP berubah nama menjadi Diklat AUP pada 6 Mei 1983, sebelum akhirnya dikukuhkan menjadi Sekolah Tinggi Perikanan pada 6 Maret 1993.

Sistem Pendidikan Sekolah Tinggi Perikanan

Politeknik Ahli Usaha Perikanan memiliki program pendidikan Diploma IV

Pelaksanaan perkuliahan menggunakan sistem SKS yang berjumlah kurang lebih 155 SKS. Secara garis besar, jumlah SKS dibagi kedalam dua unsur yaitu unsur teori dan unsur praktek yang secara keseluruhan diselenggarakan selama 8 semester dengan rasio atau perbandingan masing-masing 30% teori dan 70% praktik.

Pelaksanaan kegiatan praktek dilakukan melalui tiga cara, yaitu praktek laboratorium, praktek lapang dan praktek magang kerja. Sistem evaluasi pendidikan terdiri atas ujian tengah semester, ujian akhir semester dan ujian KIPA.

Sistem penilaian terhadap taruna dilakukan secara periodik setiap semester. Seorang Taruna harus mencapai IP minimal 2,50 untuk dapat dinyatakan lulus ujian dan berhak mengikuti semester selanjutnya. Sebaliknya bila tidak memenuhi jumlah IP minimal tersebut, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur (dropped out).

Penulisan Karya Ilmiah Praktek Akhir merupakan suatu persyaratan mutlak untuk memperoleh sebutan Sarjana Terapan Perikanan (S.Tr.Pi).

Selanjutnya, sistem pendidikan di Politeknik AUP juga dilengkapi dengan pembinaan fisik dan mental melalui sistem semi-militer. Hal ini dimaksudkan untuk membekali para taruna dengan disiplin yang tinggi serta karakter yang kuat. Sistem ini juga sangat bermanfaat dalam rangka mengembangkan sikap kepemimpinan maupun kapabilitas ilmu pengetahuan.

Jurusan Sekolah Tinggi Perikanan

Teknologi Penangkapan Ikan

Program ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi teknis dan ahli dalam bidang penangkapan ikan.

Selama menempuh masa pendidikan, peserta didik (Taruna) akan dibekali dengan sikap, ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan memantau kegiatan operasi penangkapan ikan.

Termasuk yang menjadi ciri lulusan program studi ini adalah kompetensi tinggi pada bidang kemualiman, sistem navigasi, disain dan perawatan alat tangkap, serta penguasaan teknologi penangkapan ikan termutakhir.

Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan

Bagi yang berminat menjadi pengelola sumberdaya perikanan, maka program studi TPS adalah pilihan yang tepat.

Fokus program studi ini adalah menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengkaji potensi, merencanakan konsep pemanfaatan, merumuskan status pemanfaatan serta mengevaluasi pengelolaan sumberdaya perairan, baik dalam tataran operasional maupun institusional.

Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

Program studi TPH didisain untuk menghasilkan lulusan Sarjana Terapan Perikanan yang mampu menguasai, mengembangkaan dan menerapkan teknologi pasca panen yang meliputi penanganan, pengawetan dan pengolahan hasil perikanan.

Disamping itu, lulusan program studi TPH dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan SDM terampil pada pengoperasian unit pengolahan ikan serta pengawasan mutu produk perikanan.

Penyuluhan Perikanan

Program Studi ini khusus dirancang untuk menghasilkan lulusan penyuluh ahli yang profesional dan kompeten di bidang perikanan serta memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan penyuluhan perikanan secara efektif yang berbasis pada teknologi komunikasi guna meningkatkan daya saing produk perikanan. Selama masa pendidikan, Taruna dididik agar kompeten dalam memberdayakan masyarakat dan mengembangkan bisnis perikanan di suatu kawasan secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Permesinan Perikanan

Program Studi ini khusus dirancang untuk menghasilkan lulusan penyuluh ahli yang profesional dan kompeten di bidang perikanan serta memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan penyuluhan perikanan secara efektif yang berbasis pada teknologi komunikasi guna meningkatkan daya saing produk perikanan. Selama masa pendidikan, Taruna dididik agar kompeten dalam memberdayakan masyarakat dan mengembangkan bisnis perikanan di suatu kawasan secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Teknologi Akuakultur

Seiring dengan perkembangan teknologi budidaya perikanan, program TAK dirancang untuk menghasilkan SDM akuakultur yang memiliki kompetensi tinggi pada penguasaan ilmu dan teknologi budidaya perikanan. Sebagai program vokasi, penguasaan aspek teknis maupun aspek manajerial dalam usaha budidaya mutlak diperlukan untuk kesuksesan dan keberlanjutan usaha budidaya perikanan. Lulusan program studi TAK dengan kualifikasi Sarjana Terapan Perikanan adalah ujung tombak SDM yang diharapkan mampu memanfaatkan potensi budidaya perikanan yang masih belum dapat digarap secara maksimal, baik potensi budidaya perikanan darat (inland aquaculture) maupun potensi budidaya perikanan laut (marine aquaculture).

Program Magister Terapan Sekolah Tinggi Perikanan

Selain membuka program Diploma 4, Sekolah Tinggi Perikanan juga membuka program Magister Terapan (pascasarjana) dengan minat:

  1. Teknologi Perikanan Tangkap
  2. Mesin Perikanan
  3. Industri pengolahan Hasil perikanan
  4. Industri Akuakultur
  5. Konservasi Perairan
  6. Penyuluhan Perikanan
  7. Kebijakan Publik

Lokasi Sekolah Tinggi Perikanan

Sekolah Tinggi Perikanan memiliki 3 lokasi kampus

Kampus Utama

Jl. Raya Pasar Minggu, Kec. Ps. Minggu, Jakarta Selatan, Jakarta 12520

Instalasi Praktik Lapang Kelautan dan Perikanan Kampus Serang

Jl. STP Raya, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten 42191

Instalasi Praktik Lapangan Komunikasi dan Penyuluhan Kampus Bogor

Jl. Cikaret No 2, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor 16119

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...