Mengenal Lebih Dekat Dokter Spesialis Ginjal Dan Hipertensi

by | Apr 23, 2020 | Berita

Dokter spesialis ginjal dan hipertensi adalah dokter yang mempelajari ilmu tentang penyakit ginjal atau nefrologi secara mendalam. Ada dua jenis dokter spesialis ginjal dibedakan berdasar usia pasien yang ditangani, yaitu anak dan dewasa. Dokter spesialis ginjal berperan untuk mendiagnosis dan menentukan pengobatan pasien yang mengalami penyakit ginjal.

Nefrologi adalah cabang ilmu kedokteran yang termasuk dalam penyakit dalam. Untuk menjadi dokter spesialis ginjal dan hipertensi, seorang dokter umum perlu menyelesaikan pendidikan spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, lalu melanjutkan pendidikan subspesialisasi bidang nefrologi. Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, maka dokter akan mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal dan hipertensi (Sp.PD-KGH).

dokter spesialis ginjal dan hipertensi terbagi menjadi dua, yaitu untuk dewasa (di atas 18 tahun) dan anak (usia 0-18 tahun). Dokter spesialis ginjal dewasa menjalani pendidikan dokter spesialis penyakit dalam lebih dahulu, baru kemudian mendalami bidang nefrologi. Sedangkan dokter spesialis ginjal anak, menjalani pendidikan sebagai dokter spesialis anak sebelum mengambil spesialisasi nefrologi untuk anak.

Setelah menyelesaikan pendidikan, dokter spesialis ginjal dan hipertensi dapat langsung praktik, mengambil jenjang karier di bidang akademisi atau mengajar, bergabung dengan perusahaan obat-obatan, perusahaan alat kesehatan, atau menyediakan layanan cuci darah.

Dokter Ginjal dan Hipertensi biasa menangani pasien yang sudah memiliki gejala seperti:

– Adanya protein atau darah pada urine.

– Pusing dan lemas karena gangguan elektrolit dan ketidakseimbangan asam dan basa.

– Frekuensi berkemih berkurang atau tidak berkemih sama sekali.

– Pembengkakan di bagian tubuh atau seluruh bagian tubuh.

– Pucat dan letih terkait anemia karena gangguan ginjal.

– Nyeri pada punggung bawah atau pinggang.

– Tekanan darah tinggi.

Dokter spesialis ginjal mempunyai pengetahuan mengenai pencegahan, diagnosis, dan pengobatan berbagai penyakit ginjal. Penyakit yang ditangani dokter spesialis ginjal adalah:

– Penyakit ginjal bawaan lahir.

– Kanker atau tumor ginjal, misalnya tumor Wilms.

– Sindrom nefrotik.

– Penyakit ginjal polikistik (PCOS).

– Gagal ginjal akut dan kronis.

– Penyakit ginjal terkait diabetes (nefropati diabetik).

– Penyakit ginjal akibat hipertensi.

– Nekrosis tubular akut.

– Glomerulonefritis akut dan kronis.

– Kolik renal.

– Sindrom nefritik.

– Batu saluran kemih.

– Infeksi saluran kemih.

– Lupus nefritis.

– Infeksi ginjal (pielonefritis).

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bimbel Karantina UI

Bimbel Karantina UI

BIMBEL KARANTINA UNIVERSITAS INDONESIA (UI)APA ITU BIMBEL KARANTINA?