Bantuan Beasiswa Luar Negeri Yang Bisa Di Dapatkan

by | Apr 3, 2020 | Berita

Beasiswa tidak hanya ada untuk kalian yang ingin kuliah di dalam negeri saja, tetapi untuk kalian yang ingin kuliah ke luar negeri namun dengan beasiswa peluangnya juga besar, karena dengan beasiswa tersebut kalian tidak perlu memikirkan biaya kalian selama menempuh pendidikan di negara orang, namun dengan syarat yang sudah di berikan oleh lembaga atau organisasi tersebut. Di Indonesia beasiswa banyak di tawarkan oleh banyak pihak, salah satunya pemerintah.

Setiap tahunnya pemerintah menawakan beragam beasiswa yang di berikan kepada siswa dan mahasiswa yang berprestasi. Beasiswa di tawarkan kepada beragam pihak, dari mahasiswa, masyarakat secara terbuka, dosen, tenaga kependidikan atau pegawai pemerintahan. Program beasiswa meliputi berbagai tingkat pendididikan dari program pendidikan S1, S2 sampai S3. Khususnya selain beasiswa yang ditawarkan untuk mengikuti pendidikan dalam negeri, adapun beasiswa yang ditawarkan untuk melanjutkan pendididikan ke luar negeri. Umumnya beasiswa luar negeri adalah beasiswa penuh yang meliputi biaya durasi pendidikan dan biaya hidup saat menempuh pendidikan di luar negeri.

Berikut beasiswa yang pemerintah tawarkan setiap tahunnya yang diberikan oleh lembaga pemerintah, ada tiga sumber beasiswa yang lumayan di kenal banyak orang yaitu sebagai berikut:

  1. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Lembaga yang rutin memberi dana beasiswa kepada siswa Indonesia yang terbaik dalam berprestasi akademik dan juga memiliki keterampilan lain seperti kepemimpinan dan sikap, tekad kuat dalam membangun negeri Indonesia.

Khususnya beasiswa yang ditawarkan oleh LPDP dalam melanjutkan pendidikan ke luar negeri, disediakan beasiwa untuk program S2 dan S3. Beasiwa Magister dan Doktoral ini adalah beasiswa yang dibiayai penuh oleh pemerintah Indonesia melalui LPDP. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, biaya Visa, biaya tunjangan keluarga dan biaya lainnya selama siswa menempuh pendidikannya di luar negeri.

Adapun bentuk beasiwa yang diberikan oleh LPDP kepada siswa yang sedang menempuh studi S2 dan S3 nya baik di dalam negeri atau di luar negeri namun mengalami masalah biaya dalam menyelesaikan tesis atau disertasinya. Dana beasiswa akan di berikan dengan pertimbangan dana yang diajukan. Umumnya, dana beasiswa untuk penyelesaian thesis dibiayai maksimal sebesar satu tahun dan penyelesaian disertasi dibiayai maksimal 2 tahun.

  1. Beasiswa DIKTI (Pendidikan Tinggi)

Beasiswa DIKTI merupakan program beasiswa S1, beasiswa S2, hingga beasiswa S3. Tunjangan yang ditawarkan dapat mencakup biaya pendidikan, biaya hidup dan biaya perjalanan. Target Beasiswa DIKTI mencakup mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Khususnya beasiswa untuk pendidikan luar negeri, beasiswa DIKTI menawarkan kepada dosen, tenaga kependidikan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri setiap tahunnya. Universitas luar negeri yang dipilih oleh penyandang beasiswanya adalah universitas-universitas yang sudah di akui standar kualitasnya oleh lembaga DIKTI. Dengan demikian Universitas yang dipilih adalah universitas ternama secara global dan berstandar intenational.

  1. Beasiswa Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebuidayaan)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud) menawarkan kepada masyarakat Indonesia beasiwa untuk melanjutkan pendidikan tingkat S1, S2 dan S3. Selain beasiswa untuk melanjutkan pendidikan dalam negeri, beasiwa ditawarkan juga untuk melanjutan pendidikan ke Luar negeri. Salah satunya adalah program Beasiswa Masyarakat Berprestasi yang memberi kesempatan beasiswa kepada siswa berprestasi dalam menempuh pendidikan SI, S2 dan S3 diluar negeri. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, biaya visa, biaya penelitian, biaya buku, biaya tunjangan kedatangan, biaya asuransi, biaya transport tujuan studi. Pendaftaran untuk program beasiswa ini dibuka dua tahun sekali.

Program beasiswa ke luar negeri dari Kemendikbud ditawarkan juga khusus kepada pegawai dalam kemementerian Pendidikan dan Kebudayaan demi meningkatkan kinerja dan profesional dalam lingkup Kementeriannya. Beasiswa akan meliput biaya pendidikan, biaya hidup, penelitian, biaya buku, biaya transportasi tujuan studi, tunjangan kedatangan, visa, dan biaya asuransi. Adapun, pendaftaran dibuka dalam dua gelombang dalam setahunnya pada bulan Januari dan Juni.

Demikian sekilas informasi beasiswa luar negeri yang di tawarkan oleh pemerintah Indonesia. Kabar baiknya, pemerintah selalu menambah dana beasiswa setiap tahunnya. Hal ini akan memberi peluang kepada siswa Indonesia yang mempunyai prestasi dalam pendidikan dan juga khususnya kepada siswa berbakat namun kekurangan dana untuk membiayai pendidikannya.

 

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”