Lebih Kenal Dengan Dokter Spesialis Mata

by | Apr 2, 2020 | Berita

Dokter spesialis mata adalah dokter yang memiliki keahlian spesifik dalam memberikan pemeriksaan, perawatan, serta diagnosis yang berhubungan dengan penyakit mata dan gangguan penglihatan. Bukan hanya itu, dokter spesialis mata juga memiliki kompetensi dalam menangani operasi mata.

Seorang mahasiswa kedokteran yang ingin menjadi dokter spesialis mata, harus menamatkan pendidikan dokter umum dan kegiatan internship dahulu, sebelum menjalani pendidikan spesialis mata selama empat tahun atau lebih. Jenis-jenis penyakit yang umumnya ditangani dokter spesialis mata, di antaranya adalah:

– Katarak

– Blepharitis

– Distrofi kornea

– Glaukoma

– Keratitis

– Cedera pada kornea

– Keratoconus

– Rabun dekat dan jauh

– Presbyopia

– Uveitis

– Penyakit vitreoretinal, termasuk retinopati diabetik dan degenerasi makula

– Tumor jinak dan pseudotumor.

– Pterygium

Dalam menentukan diagnosis, dokter spesialis mata akan menelusuri riwayat kesehatan pasien dan keluarganya terkait penyakit mata yang dialami. Dokter juga akan menanyakan mengenai gejala yang dirasakan pasien. Langkah selanjutnya, dokter akan mulai melakukan tes penglihatan untuk memeriksa jarak dan lapang pandang. Mulai dengan kemampuan membaca huruf atau mengenali benda pada jarak tertentu, hingga persepsi warna.

Untuk beberapa kondisi tertentu, dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan. Misalnya, pasien glaukoma akan diminta melakukan tonometri, untuk mengukur tekanan mata menggunakan alat tonometer.

Setelah diketahui diagnosisnya, dokter bisa memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan untuk menangani penyakit dan kondisi tersebut. Tindakan yang bisa dilakukan antara lain:

– Perawatan medis, misalnya pada glaukoma, uveitis, dan luka bakar kimia.

– Operasi mata, misalnya pada mata silang, katarak, dan

– Operasi plastik atau operasi kelopak mata.

– Operasi laser untuk membentuk kembali kornea.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”