Cara Untuk Masuk Akademi Polisi

by | Apr 3, 2020 | Berita

Jika ingin mendaftar Akademi Kepolisian di Indonesia, tentu saja kalian harus melewati yang namanya tes kesehatan polisi. Tes kesehatan sendiri menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan rekam medis dari calon taruna dan taruni negara. Jadi, dalam proses seleksi ini kesehatan peserta sangatlah penting.

Tahapan seleksi penerimaan Akpol secara umum dibagi menjadi 2 seleksi tahapan yakni seleksi tingkat daerah dilaksanakan di Panda daerah masing- masing dan seleksi tingkat pusat di Akpol Semarang, secara detailnya berikut ini tahapan seleksi penerimaan Akpol. Berikut tahapan-tahapan yang di lewati untuk penerimaan siswa baru:

  1. TINGKAT DAERAH
  2. PEMERIKSAAN ADMINISTRASI AWAL

Tahap pemeriksaan administrasi awal merupakan tahap uji pemeriksaan akan kelengkapan administrasi pendaftar sekaligus mengukur tinggi dan berat badan.

  1. PEMERIKSAAN KESEHATAN TAHAP 1

Pemeriksaan medis pada tahap ini merupakan tahap pertama pemeriksaan medis yang mencakup kesehatan luar. Informasi selengkapnya.

  1. PEMERIKSAAN PSIKOLOGI

Pemeriksaan psikologi tahap yang dilakukan di tingkat daerah ini adalah kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data psikologi guna mengungkap karakterinsik individu sesaui nilai dan syarat yang ditetapkan. Informasi selengkapnya.

  1. UJI KESAMAPTAAN JASMANI A

Ujian kesamaptaan A ditunjukan untuuk mengukur kondisi jasmani seseorang melalui ujian kesamaptaan dengan materi lari selama 12 menit. Informasi selengkapnya.

  1. UJI KESAMAPTAAN JASMANI B

Merupakan tahapan kelanjutan dari Uji Kesamaptaan A, pada tahapan ini calon taruna akan diuji dengan materi Pull UP(pria) chinning(wanita), Ujian Sit Up, Push Up dan Shuttle Run. Informasi selengkapnya.

  1. UJIAN RENANG

Ujian renang merupakan ujian terakhir kesamaptaan tingkat daerah sedangkan materi ujiannya adalah renang sepanjang 25 meter. Informasi selengkapnya.

  1. PEMERIKSAAN ANTHROPOMETRI

Tahap selanjutnya setelah ujian renang adalah pemeriksaan Antrhopometri. Informasi selengkapnya.

  1. UJI AKADEMIK

Ujian akademik merupakan tes akademik pada tingkat daerah yang mencakup materi tes Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia dan Matematika.

  1. PEMERIKSAAN KESEHATAN TAHAP 2

Adalah uji kesehatan calon Taruna Akpol yang meliputi pemeriksaan kesehatan dalan dan laboratorium. Informasi selengkapnya.

  1. PEMERIKSAAN KESEHATAN JIWA

Ujian kesehatan jiwa ditujukan untuk mengetahui kesehatan jiwa calon Taruna Akpol. Informasi selengkapnya

  1. PEMERIKSAAN ADMINISTRASI AKHIR

Seleksi pemeriksaan administrasi akhir ini adalah tahapan administrasi terakhir di tingkat daerah.

  1. SIDANG TERBUKA KELULUSAN TINGKAT DAERAH

Merupakan tahapan akhir di tingkat daerah untuk menentukan kelulusan calon Taruna Akpol untuk dikirim menuju seleksi di tingkat pusai Akpol Semarang.

  1. TINGKAT PUSAT
  2. PEMERIKSAAN ADMINISTRASI AWAL

Ujian untuk memeriksa kelengkapan admnistrasi pendaftar yang lulus tingkat daerah. Informasi selengkapnya

  1. PEMERIKSAAN KESEHATAN

Kegiatan pemeriksaan Kesehatan tingkat Pusat, dengan materi pemeriksaan meliputi tahap 1 dan tahap 2 dan kesehatan jiwa yang ada di tingkat daerah.

  1. PEMERIKSAAN PSIKOLOGI & PENELUSURAN MENTAL KEPRIBADIAN (WAWANCARA)

Serangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data psikologi untuk mengungkap karakteristik individu berdasarkan nilai dan persyaratan yang ditetapkan. Dan penelusuran mental kepribadian dengan metode wawancara

  1. UJI KESAMAPTAAN JASMANI, RENANG DAN ANTHROPOMETRI

Ujian untuk mengukur kondisi jasmani seseorang melalui ujian kesamaptaan jasmani, terdiri dari kesamaptaan A, kesamaptaan B, renang dan anthropometri seperti pada tingkat daerah.

  1. PENGUJIAN AKADEMIK

Ujian akademik tingkat pusat terdiri dari TPA (Tes Potensi Akademik) dan TOEFL. Pelaksanaan ujian akademik tingkat Pusat menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test)

  1. PEMERIKSAAN PENAMPILAN

Serangkaian kegiatan untuk melakukan pemeriksaan Penampilan Calon Taruna/i Akademi Kepolisian

  1. SIDANG TERBUKA KELULUSAN TINGKAT PUSAT

Pengumuman Calon Taruna/i Akademi Kepolisian yang lulus tingkat Pusat untuk dikirim mengikuti pendidikan.

Begitulah tahap-tahap dalam seleksi Akpol, jadi persiapkan diri kalian sejak SMA kalau bisa. Selamat berjuang!

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”