Mengenal Lebih Dekat Dengan Dokter Rehabilitasi Medis

by | Apr 14, 2020 | Berita

Dokter rehabilitasi medis adalah dokter spesialis yang berperan membantu mengembalikan fungsi tubuh pasien yang menderita gangguan fungsi tubuh atau kecacatan. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh cedera, kecelakaan, ataupun penyakit. Dengan bantuan dokter rehabilitasi medis, pasien diharapkan dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Dokter rehabilitasi medis dapat memberikan perawatan kepada pasien berdasarkan riwayat kesehatan yang dimiliki. Terdapat berbagai macam terapi yang dapat dilakukan untuk memulihkan kesehatan fisik dan emosional pasien.

Spesialisasi ini meliputi diagnosis dan pengobatan pasien dengan nyeri atau kondisi yang membatasi fungsi, penatalaksanaan ko-morbiditas dan disfungsi lainnya, prosedur injeksi diagnostik dan terapeutik, elektrodiagnosis, serta pencegahan komplikasi disabilitas dari kondisi sekunder.

Ada berbagai macam kondisi yang ditangani oleh dokter rehabilitasi medis. Berikut di antaranya:

– Pasien yang mengalami kecelakaan dan menderita cedera, sehingga mengalami keterbatasan fungsi tubuh.

– Pasien yang menjalani perawatan penyakit yang menyebabkan kelemahan anggota gerak tubuh, sehingga sulit untuk bergerak atau bahkan mengalami kelumpuhan.

– Pasien yang menderita nyeri kronis, seperti artritis, nyeri punggung, dan cedera berulang.

– Pasien miliki berat badan berlebih, sehingga sulit untuk bergerak atau melakukan kegiatan olahraga.

– Perubahan fase kehidupan, seperti pascamelahirkan atau menopause, yang memengaruhi kemampuan fisik seseorang.

Ada berbagai macam terapi pengobatan yang dapat dilakukan oleh dokter rehabilitasi medis untuk memulihkan kondisi kesehatan pasien. Jenis terapi yang diberikan, akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing pasien.

Terapi rehabilitasi medis yang diberikan bisa berbentuk:

– Terapi okupasi

Terapi okupasi merupakan perawatan khusus yang dilakukan dokter rehabilitasi medis untuk membantu pasien dengan keterbatasan fisik, mental, dan kognitif. Dengan terapi okupasi, pasien dapat lebih mandiri dalam menjalani berbagai macam aktivitas sehari-hari.Saat terapi okupasi dilakukan, dokter rehabilitasi medis akan memerhatikan dan menilai kesulitan yang dihadapi pasien dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Dari situlah, dokter rehabilitasi medis akan memberikan pelatihan yang sesuai untuk mempermudah pasien dalam melakukan aktivitas tersebut.

Terapi okupasi tak hanya diberikan kepada penderita penyakit stroke saja, tapi juga pada penderita penyakit artritis, cedera otak, multiple sclerosis, diabetes, cerebral palsy, cedera tulang belakang, anak dengan cacat lahir, hingga autisme.

– Fisioterapi

Fisioterapi merupakan perawatan yang dianjurkan atau diberikan dokter rehabilitasi medis dengan tujuan meningkatkan fungsi atau kekuatan sendi dan otot. Dengan melakukan terapi ini, keterbatasan gerak yang dialami pasien dapat teratasi sehingga kemampuan pasien untuk berdiri, berjalan, bergerak, dan menaiki tangga akan menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.Fisioterapi dianjurkan pada pasien yang mengalami cedera, gangguan fisik, pergerakan yang terbatas, mulai dari penderita stroke hingga pasien yang telah menjalani amputasi anggota tubuh tertentu, sehingga perlu beradaptasi dengan alat bantu yang dikenakannya untuk beraktivitas.

– Terapi bicara

Dokter rehabilitasi medis akan memberikan terapi bicara pada pasien yang memiliki gangguan bicara dan sulit untuk merangkai kata. Pasien yang menderita gagap biasanya akan disarankan untuk menjalani terapi ini, termasuk para penderita apraksia dan disartria.Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan gangguan bicara, seperti stroke, polip, kelumpuhan pita suara, demensia atau pikun, ADHD, dan autisme, juga biasanya akan dianjurkan untuk menjalani terapi ini.

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bimbel Karantina UI

Bimbel Karantina UI

BIMBEL KARANTINA UNIVERSITAS INDONESIA (UI)APA ITU BIMBEL KARANTINA?