Mengenal Lebih Dekat Dengan Dokter Spesialis Bedah Mulut

by | Apr 14, 2020 | Berita

Dokter bedah mulut adalah dokter gigi spesialis yang menangani penyakit pada mulut, gigi, rahang, dan lidah, khususnya dengan operasi. Dokter bedah mulut perlu memiliki latar pendidikan dokter gigi, kemudian menyelesaikan pendidikan spesialis di bidang ilmu bedah mulut.

Cakupan bidang yang ditangani oleh dokter bedah mulut cukup luas. Dokter bedah mulut perlu menguasai ilmu kedokteran gigi sekaligus ilmu bedah umum. Selain itu, dokter bedah mulut juga perlu mengikuti pendidikan spesialisasi selama 5-6 tahun (sekitar 12 semester) setelah menjadi dokter gigi.

Dokter bedah mulut memiliki pengetahuan mendalam mengenai pencegahan, diagnosis, dan pengobatan berbagai penyakit atau kondisi yang terjadi di mulut maupun rahang. Dokter bedah mulut juga dapat menangani berbagai masalah pada gigi dan gusi yang membutuhkan operasi termasuk gigi berlubang, gigi retak, gingivitis, maupun periodontitis.

Berikut ini adalah berbagai kondisi yang bisa ditangani oleh dokter bedah mulut:

– Kelainan pada area mulut dan rahang, seperti bibir atau langit-langit mulut yang sumbing.

– Abses di area mulut dan rahang.

– Tumor atau kanker dan kista pada area mulut dan rahang, seperti kanker kelenjar air liur, kanker mulut, kanker lidah, dan kista gigi.

– Impaksi gigi, yaitu gagalnya proses pertumbuhan gigi dengan posisi yang tepat, sehingga sebagian atau seluruh gigi terjebak di dalam gusi.

– Gangguan pada TMJ (tempromandibular joint), yaitu sendi yang berfungsi untuk menggerakkan rahang dan menghubungkan rahang dengan tengkorak.

– Infeksi pada gigi, gusi, dan mulut. Contohnya adalah abses gigi dan gusi, atau abses pada jaringan mulut dan lidah.

Dalam melakukan diagnosis, dokter bedah mulut akan menelusuri riwayat kesehatan, sekaligus gejala-gejala yang dirasakan pasien. Setelah itu, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik pada gigi, mulut, dan rahang pasien.

Untuk memastikan diagnosis, dokter bedah mulut juga dapat menyarankan pasien melakukan pemeriksaan Rontgen gigi dan mulut atau rahang, CT scan, maupun MRI. Tes darah dan pengambilan sampel jaringan dengan biopsi juga mungkin dilakukan, apabila diperlukan.

Setelah diagnosis dipastikan, dokter bedah mulut akan menentukan langkah penanganannya. Penanganan bisa dengan obat-obatan maupun prosedur medis. Tujuannya adalah untuk mengembalikan fungsi area mulut, gigi, dan rahang yang terganggu.

Berikut ini adalah beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh dokter bedah mulut:

– Pencabutan gigi hingga ke akarnya.

– Pemasangan implan gigi yang melibatkan cangkok tulang.

– Bedah orthognathic atau bedah rahang.

– Pengangkatan kista, tumor, atau kanker di mulut, lidah, maupun rahang.

– Rekonstruksi rahang dan wajah.

– Bedah sendi rahang.

– Operasi kelainan bentuk mulut maupun rahang, misalnya operasi bibir sumbing.

– Operasi kelenjar air liur.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”