Politeknik Negeri Terbaik Di Indonesia Tahun 2019/2020

by | Apr 2, 2020 | Berita

Kemeristekdikti telah merilis hasil ranking Politeknik Negeri terbaik di Indonesia loh. Kemeristekdikti tidak hanya membuat daftar Universitas terbaik, namun juga menilai kinerja dan meranking Politeknik yang memiliki kualitas unggul di Indonesia. Parameter penilaian ranking ini juga sangat kompleks, meliputi kinerja input hingga outcome dari masing-masing perguruan tinggi. Nah buat kalian yang ingin memilih Politeknik sebagai pendidikan tingginya, berikut daftar Politeknik terbaik 2019/2020

  1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Politeknik yang berdekatan dengan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ini berhasil menduduki peringkat pertama selama beberapa tahun loh, PENS menjadi urutan nomor satu dengan skor 2.276. Selain program studi di bidang elektronika, PENS juga memiliki bidang studi Departemen Mekanika dan Energi, Teknik Informatika, serta Multimedia Kreatif.

  1. Politeknik Negeri Bandung (Polban)

Peringkat kedua diduduki oleh Politeknik Negeri Bandung, atau yang lebih sering disebut sebagai Polban berada di Jalan Gegerkalong Hilir, Parongpong, Bandung Barat. Polban mendapatkan skor sebesar 2.037 untuk berada di peringkat kedua. Di Polban ada 2 pengelompokan jurusan diantara lain Kelompok Rekayasa dan Tata Niaga. Di Rekayasa terdapat jurusan seperti Teknik Mesin, Sipil, Konversi Energi, Elektro, Kimia, Komunikasi dan Informatika dan Refrigerasi dan Tata udara. Sedangkan pada Tata Niaga terdapat jurusan Akuntansi, Administrasi Niaga dan Bahasa Inggris.

  1. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)

Politeknik Negeri Malang atau yang sering kita sebut Polinema menempati posisi ketiga dengan skor 1.867. Pada awalnya Polinema ini memiliki nama Politeknik Universitas Brawijaya, namun kemudian berdiri sendiri dan berganti nama. Kampus ini resmi menyandang nama Politeknik Negeri Malang memiliki program D3 dan D4 sebanyak 7 program studi yaitu Departemen Teknik Elektro, Informasi, Kimia, Sipil, Mesin, serta Akuntansi dan Administrasi Niaga.

  1. Politeknik Negeri Semarang (POLINES)

Polines dulunya bernama Politeknik Undip. Meskipun telah berdiri sebagai Politeknik Negeri Semarang, lokasi kampus saat ini masih dekat dengan Undip. Polines menduduki posisi ke empat dengan julah skor 1.756. Pada Polines terdapat 5 jurusan yang dapat kamu pilih antara lain Jurusan Akuntansi, Administrasi bisnis, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil.

  1. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Bagi kamu yang memiliki minat dalam bidang pertanian, sepertinya Politeknik ini cocok untukmu. Seperti namanya, Politeknik ini memang fokus pada bidang ilmu pertanian. Ada 3 jurusan di kampus ini, diantara lain Budidaya Tanaman Perkebunan, Budidaya Tanaman Pangan, dan Teknologi Pertanian. Pada seluruh jurusan tersebut terdapat 8 program studi D3 dan dua program studi D4. Politeknik Payakumbuh mendapat skor 1.720.

  1. Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP)

Padaposisi ke 6 diduduki oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dengan perolehan skor 1587 yang awalnya bernama Politeknik Universitas Hasanuddin. Seperti mayoritas politeknik negeri lainnya, PNUP menjadi Politeknik mandiri pada tahun 1997. Berikut adalah jurusan yang dapat kamu pilih di PNUP diantara lain Jurusan Akuntansi, Administrasi bisnis, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia dan Teknik Elektro.

  1. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

Politeknik yang berada di Ibu Kota ini mendapatkan peringkat tujuh dengan perolehan skor sebanyak 1.582. PNJ saat ini memiliki tujuh jurusan kuliah meliputi bidang rekayasa teknologi dan tata niaga.

  1. Politeknik Negeri Padang

Untuk peringkat ke 8 ditempati oleh Politeknik Negeri Padang dengan perolehan skor 1.582. Kampus yang berlokasi di kawasan Pauh, Kota Padang ini termasuk salah satu perguruan tinggi favorit di Sumatera Barat. Ada 7 jurusan di Politeknik Negeri Padang ini yaitu Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknologi Informasi, Administrasi Niaga, Akuntansi dan Bahasa Inggris.

  1. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (POLIPANGKEP)

Politeknik yang dikenal dengan nama Polipangkep ini menduduki peringkat ke-9 dengan skor 1.565. Polipangkep fokus di bidang pertanian dan perikanan. Ada sembilan program studi menarik yang bisa kamu pilih disini. Politani Negeri Pangkep menawarkan beberapa program studi yaitu Program Studi Budidaya Perikanan, Perikanan Tangkap, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Budidaya Tanaman Perkebunan, Agribisnis Perikanan, dan Teknik Kelautan untuk program D3.

  1. Politeknik Negeri Bali

Politeknik Negeri Bali mendapatkan peringkat ke 10 dengan perolehan skor 1.498. Berbeda dengan politeknik yang lain Politeknik Bali ini membuka prodi di bidang rekayasa teknologi dan tata niaga, ada tiga prodi menarik di Politeknik Negeri Bali yang berkaitan dengan bidang pariwisata.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”