PROSPEK JURUSAN ARSITEKTUR

by | Sep 13, 2019 | Berita

Prospek Pekerjaan Jurusan Arsitektur

         Jurusan arsitektur adalah program studi yang berhubungan dengan desain bangunan yang dimana jurusan ini mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan dengan nilai estetis di dalamnya. Jika kalian memasuki jurusan satu ini, kalian akan diajarkan sejumlah keilmuan yang dapat menunjangmu membuat bangunan yang estetis. Matematika, sains, seni, dan teknologi adalah ragam keilmuan yang akan kamu pelajari bila memasuki dan mendalami teknik arsitektur.

Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh teknik sipil. Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan, estetika atau keindahan bangunan dan fungsi bangunan.

Profesi arsitektur mempunyai prospek yang bagus, hampir semua perusahaan properti dan kontruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Profesi yang di tawarkan dari jurusan arsitektur yaitu sebagai berikut:

1.Konsultan Arsitek Mandiri

            Prospek kerja Jurusan Arsitek ini adalah sangat cocok apabila ingin menjadi konsultan Arsitek Mandiri. Hal ini dapat di lakuakan secara mandiri atau bersama-sama. Dengan membuat sebuah rancangan bangungan dan desain banguna yang cukup indah dan menarik sehingga mengahsilkan bngaunan yang indddah dan klasik. Dalam hal ini jika di tugas sebgai seorang merancang bisnis biasanya akan bertugas sebagai yang mengatur segala perizian dalam pembangunan tersebut.

2.Bekerja Di Perusahaan Developer

Seorang arsitek yang sudah ahli dibidangnya dan juga seorang yang telah memiiliki pengalam yang cukup banyak juga dapat bekerja di bidang arsitektur yaitu menjadi seorang yang mengembangkan perumahannya, atau juga dapat bekerja sebagai perancang dari suatu bangunan yang akan didirikan oleh seorang arsitektur tersebut. Sehingga seorang arsitektur juga dapat bertanggung jawab dalam mengawasi lapanagan dan proses pembuatan bangunan tersebut.

3.Bekerja Di Perusahaan Kontraktor

            Tugas dari seorang arsitektur apabila bekerja sebagai seorang yang ikut dalam bidan ini yaitu sebagai pekerja di perusahaan kontraktor dapat menjadi seorang yang merancang dan membuat serta melaksanakan pembangunan yang sesuai dengan permintaan dari klaien, selain itu juga seorang arsitektur dapat bekerja di bagian marketing dan administrasi negara. 4.Pegawai Negri Sipil atau PNS

Bukan hanya dari jurusan pendidikan atau yang lainnya yang dapat menjadi seorang PNS namun juga seorang yang bekerja sebagai seorang arsitektur juga dapat bekerja menjadi seorang PNS, misalnya bekerja di dinas kementrian dan pemrintahan pekerjaan umum dinas pemerintahan daerah seperti dinas tata kota, pemukiman dan prasarana wilayah dapat juga bekerja sebagai berbagai bidang sekalipun. Sehingga pekerjaan ini sangat membuat orang tertarik untuk mengikutinya.

  1. 5. Arsitek di Biro Konsultan Arsitek Orang lain

Tugas dari seorang yang bekerja sebagai seorang arsitek di Biro Konsultan Arsitek Orang lain adalah menjadi seorang yang menangani desain tersebut atau bergabung dengan tim tersebut. Dalam hal ini sangat banyak sekali pekerjaan yang dapat di ambil di perusahaan ini untuk Jurusan Arsitek sebagai seorang arsitek di Biro Konsultan Arsitek orang lain sehingga sangat mudah untuk seorang arsitek yang profesional dan  yang benar-benar sedang bingung mencari pekerjaan karena berdasarkan data yang ada sangat luas sekali cakupannya untuk seorang jurusan arsitektur apabila ingin mencari pekerjaan. Sehingga seorang arsitek tersebut dapat bekerja sebagai apapun sesuai keahliannya yang dimilikinya tersebut.

(by: Hisyam JH)

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”