PROSPEK TEKNIK PENGAIRAN

by | Sep 13, 2019 | Berita

Prospek Jurusan Teknik Pengairan

         Program studi Teknik Sumberdaya Air atau yang juga dikenal dengan nama Teknik Pengairan adalah sebuah prodi yang mempelajari ilmu-ilmu teknik sipil dalam perencanaan, desain, pengoperasian, serta pemeliharaan bangunan air yang berkaitan dengan sumberdaya air. Contoh bangunan air yang dimaksud adalah pembangkit listrik tenaga air, bangunan irigasi dan drainasi pada persawahan, sistem drainase perkotaan dan bangunan, waduk, dan lainnya. kedokterran

Di prodi ini kita juga akan belajar tentang teknik pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya air yang benar, dan pengelolaan dampak lingkungan dan pencemaran sumberdaya air. Program studi ini bisa dibilang multidisiplin karena meliputi ilmu Teknik Sipil, Planologi, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG), termasuk Pertanian.

Lebih jauh, mahasiswa Teknik Pengairan dan Sumber Daya Air juga mempelajari tentang penatagunaan sumber daya air wilayah sungai, pengangkutan air oleh sungai, pengendalian dampak lingkungan, sedimentasi sungai, konservasi lahan daerah aliran sungai, pengendalian daya rusak air, rekayasa sungai, bendungan, hingga pemanfaatan Sistem Informasi Geografis.

  1. Instansi Pemerintah

Ketika kita berbicara tentang air, yang merupakan kebutuhan banyak orang, maka tidak akan lepas peran dari pemerintah sebagai institusi yang bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya tersebut demi kesejahteraan bersama. Maka, ketika lulus kalian bisa melamar untuk bekerja di Instansi pemerintahan seperti Kementrian Pekerjaan Umum, Dinas Pengairan Daerah, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup dan lain sebagainya.

  1. BUMN

Selain bekerja di sektor pemerintahan, kalian juga mempunyai kesempatan untuk bekerja di BUMN yang mempunyai bisnis yang berhubungan dengan sumber daya air, salah satu nya adalah PLN, apalagi saat ini PLN yang semakin banyak menggarap PLTA ataupun Pembangkit listrik mikrohidro untuk memenuhi kebutuhan listrik saat ini.Selain perusahaan BUMN kalian juga bisa bekerja di perusahaan milik daerah seperti hal nya PDAM.

  1. Perusahaan Kontraktor

Selain lulusan Teknik Sipil, perusahaan Kontraktor juga akan membutuhkan lulusan Teknik Pengairan, karena banyak sekali proyek-proyek pembangunan yang selalu berkaitan dengan sumber daya air, speperti waduk, bendungan, sungai da lainnya. Untuk Perusahaan Kontraktor sendiri sangat banyak baik itu yang BUMN maupun Swasta.

(by: Hisyam JH)

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”