KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

by | Jan 11, 2020 | Berita, Blog, Kedokteran, Universitas | 0 comments

Universitas Malikussaleh atau yang biasa disebut UNIMAL ini memiliki Program Studi Pendidikan Dokter yang tergolong masih muda di lingkungan kampus. Pendidikan Doktern UNIMAL terbentuk atas kerjasama dengan Universitas Andalas ada 25 November 2006. Izin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter pada Universitas Malikussaleh diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional pada tanggal 29 Juli 2008 No 2427/D/T/2008.

Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Malikussaleh merencanakan Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia Lhokseumawe sebagai rumah sakit pendidikan bagi mahasiswanya. Untuk itu, Rektor Universitas Malikussaleh dan Kepala Badan RSUD Cut Meutia telah menandatangani Memorandum of Understanding dengan diketahui oleh Kepala Kantor Dinas Kesehatan Daerah Tingkat II Aceh Utara pada tanggal 17 Juli 2007. Petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis antara PSPD Unimal dengan Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia Lhokseumawe ditandatangani pada tanggal 25 April 2011.

Berdasarkan Piagam Kerjasama dengan Universitas Andalas tersebut, Universitas Malikussaleh telah mengirimkan 29 orang tenaga analis dan teknisi untuk magang di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di Padang. Magang dilaksanakan pada tahun 2007 selama dua minggu di Laboratorium Ilmu Alam Dasar (Kimia Kedokteran, Fisika Kedokteran, Biologi Kedokteran), Laboratorium Biomedik (Fisiologi, Biokimia Histologi, Anatomi, Mikrobiologi, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, Farmakologi), Sekretariat Dekan dan MEU (Medical Education Unit).

Selanjutnya Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Malikussaleh telah melakukan tiga kali pelatihan mengenai pengenalan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yaitu pada tanggal 4 – 29 Februari 2008 yang diikuti sebanyak 15 orang staf pengajar dengan strategi pengajaran Problem Based Learning (PBL), pelatihan tutor, skills lab, penyusunan skenario, PBL dan sistem evaluasi mahasiswa, pengembangan skills lab dan pelatihan instruktur, pada tanggal 19 – 24 Oktober 2009 juga diadakan pelatihan tutordengan strategi pengajaran Problem Based Learning (PBL) yang diikuti oleh 19 orang staf pengajar, serta pada tanggal 2 – 7 November 2009 dilakukan pelatihan skills labdan pelatihan instruktur.

Kedokteran Universitas Malikusslaeh yang beralamatkan di Jl. H. Meunasah Uteunkot Cunda, Muara Dua, Uteun Kot, Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Nangro Aceh Darussalam ini memiliki visi Sebagai pusat pendidikan yang menghasilkan dokter yang profesional, berdaya guna bagi masyarakat dan kompetitif di pasar global berbasis kearifan lokal di tahun 2030 serta misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang berorientasi pada pengembangan kompetensi kedokteran yang sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia.
  2. Mengembangkan penelitian kedokteran dan kesehatan serta berperan aktif dalam pengabdian masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  3. Meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan agar mampu berkompetisi di pasar global.
  4. Mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai kearifan lokal.

Biaya yang diperlukan untuk menempuh Pendidikan Dokter di UNIMAL terbagi menjadi lima kelompok Uang Kuliah Tunggal, kelompok I sebesar Rp. 500.000, kelompok II Rp. 1.000.000, kelompok III Rp. 5.000.000, kelompok IV Rp. 8.000.000, kelompok V Rp. 12.500.000. Untuk info lebih lengkap mengenai Kedokteran UNIMAL dapat mengunjungi situsnya http://fk.unimal.ac.id/ dan http://www.unimal.ac.id/ serta dapat menelpon nomornya di (0645) 41373.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?