PROSPEK JURUSAN TEKNIK SIPIL

by | Sep 13, 2019 | Berita

Prospek Jurusan Teknik Sipil

            Program teknik sipil mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, tidak hanya bangunan gedung, tapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya. Di jurusan ini kalian akan memahami unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain, lalu memahami perancangan struktur bangunan yang kuat, layak dan efisien dan kalian juga akan mempelajari dasar rancangan arsitektur.

Teknik sipil menjadi salah satu jurusan yang memiliki peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Sebagai negerara berkembang, Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan infrastuktur dimana-mana. Karenanya, para ahli dari lulusan sipil akan sangat banyak dibutuhkan untuk membangun pembangunan di Indonesia.

Dengan berkembangnya sipil di Indonesia membuat pekerjaan dengan lulusan teknik sipil banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan nasional, internasional baik yang negeri dan swasta. Contoh peluang pekerjaan jurusan teknik sipil yaitu sebagai berikut:

1.Surveyor pengendalian bangunan

Kalau kalian senang bekerja dengan detail, dan tertarik dengan bangunan dan konstruksi, prospek kerja Teknik Sipil yang satu ini bisa kamu pertimbangkan. Surveyor pengendali bangunan ini tugasnya memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, diikuti oleh pembangunan yang sedang berjalan.

Kalau tidak memenuhinya, kalian sebagai surveyor pengendali bangunan wajib memberikan solusi pemecahannya bagi sang klien. Kalian juga akan membantu mengurus dokumen perijinan jika memang diperlukan, dan wajib mengecek fondasi dan sistem drainase dari tanah yang akan dibangun. Semua itu tentu saja, tujuannya adalah keamanan bagi semua pihak.

2.Konsultan konstruksi bangunan

Kalau prospek kerja Teknik Sipil sebelumnya bicara mengenai surveyor untuk bangunan, prospek kerja Teknik Sipil satu ini lebih berfokus pada peran kalian sebagai Project Manager. Pekerjaan kalian bisa meliputi bangunan, pengembangan garis pantai, konstruksi bendungan, sampai pembangunan jalan raya. Tugas kalian adalah memanajemen dan mengawasi konstruksi yang berjalan, mengatur budget pembangunan, juga melihat potensi risiko yang bisa terjadi dengan pembangunan yang berlangsung. Prospek kerja Teknik Sipil satu ini membutuhkan kreativitas lebih dari dan kemampuan kalian untuk mendesain apa yang akan klien bangun.

  1. Kontraktor

Prospek kerja Teknik Sipil ini erat kaitannya dengan prospek sebelumnya, yaitu konsultan konstruksi bangunan. Kontraktor insinyur sipil akan mengubah rencana yang sudah dibuat oleh sang konsultan, menjadi kenyataan. Mereka yang akan melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan, dan bagaimana menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan.

Sebagai kontraktor, prospek kerja Teknik Sipil ini mengharuskan kalian untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan. Dalam beberapa proyek tanpa konsultan, kontraktor juga bertugas untuk membuat perencanaannya sendiri, yang akan ia lihat dan terapkan dalam kondisi nyatanya.

4.Pegawai Negeri Sipil ( PNS )

Instansi-instansi pemerintah juga membutuhkan lulusan teknik sipil. Contohnya badan dan dinas seperti Badan perencanaan daerah, PMU-Bina Marga, rumah sakit, Departemen ESDM, Dinas tata kota dan pertamanan.

  1. Insinyur Sumber Daya Perairan

Profesi ini bertanggung jawab dalam membangun fasilitas supplai air. Dalam merancang sistem perairan, mereka harus mempertimbangkan desain, manajemen dan pemeliharaan sistem (sumur bawah tanah, sumber mata air alami). Profesi ini memastikan komunitas sekitar dapat memperoleh sumber daya air yang higenis dan bebas kontaminasi. Dalam pekerjaannya, insinyur sumber daya perairan bekerja sama dengan insinyur struktur untuk mendapatkan informasi bangunan bendungan atau bangunan air lainnya.

(Hisyam JH)

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”