KEDOKTERAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL JAKARTA

by | Jan 10, 2020 | Berita, Kedokteran, Universitas

Universitas Pembangunan Nasional Jakarta atau yang biasa di singkat UPN Jakarta memiliki kedokteran yang terbilang sudah cukup lama. Melihat kebijakan pemerintah tentang pembangunan kesehatan yang tertuang dalam TAP MPR nomor II/MPR/1993 mengenai Garis-garis Besar Haluan Negara yang menggariskan bahwa pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta meningkatkan mutu dan kemudahan pelayanan kesehatan yang harus makin terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Tingginya kebutuhan tenaga dokter memberikan peluang untuk dapat dibukanya Fakultas Kedokteran baru. Peluang yang ada dimanfaatkan oleh Universitas Pembangunan Nasional Veteran pada saat itu, yang bernaung di bawah Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman yang selanjutnya sesuai dengan SKEP Menteri Pertahanan RI dilebur menjadi Yayasan Pendidikan dan Perumahan Prajurit (YKPP) yaitu sebuah Yayasan di bawah Departemen Pertahanan Keamanan RI untuk membentuk Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta. Ternyata upaya mendirikan Fakultas Kedokteran tersebut berhasil.

Secara resmi Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta berdiri pada Tahun 1993 berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan dan Keamanan RI Nomor: KEP/01/II/1993 tentang Penataan Universitas Pembangunan Nasional Veteran dengan menjamin mutu akademik agar mahasiswa memperoleh pendidikan kedokteran yang komprehensif sehingga mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sebagai dokter yang profesional serta berbudi pekerti luhur.

Kedokteran UPN Jakarta yang beralamatkan di Jl. Pangkalan Jati, Pd. Labu, Kec.Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta ini memiliki visi pada tahun 2020 Kedokteram UPN akan menjadi Kedokteran terkemuka di tingkat Nasional yang menghasilkan lulusan berwawasan kebangsaan, berjiwa kepemimpinan dan kewirausahaan dalam rangka mendukung penyelenggaraan pertahanan negara.

UPN Jakarta juga memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dokter yang berkualitas minimal sesuai dengan standar pendidikan dokter Indonesia dan berorientasi pada kepentingnan pertahanan negara di bidang kesehatan.
  2. Mengembangkan penelitian dibidang kedokteran (termasuk ilmu kesehatan mata yang berkualitas)
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan yang berorientasi pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tata kelola dan sistem informasi yang berkualitas menuju terwujudnya Good Faculty Govermance.

            Biaya yang diberikan UPN Jakarta kepada mahasiswanya di tentuan sesuai besaran gaji orang tua yang di sebut dengan Uang Kuliah Tunggal atau UKT. UKT di UPN Jakarta terbagi menjadi delapan jenis yaitu kelompok I sebesar Rp. 500.000, kelompok II Rp. 1.000.000, kelompok III Rp. 9.300.000, kelompok IV Rp. 12.300.000, kelompok V Rp. 15.300.000, kelompok VI Rp. 18.300.000, kelompok VII Rp. 20.300.00 dan kelompok VIII sebesar Rp. 22.300.000.

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Jakarta dapat mengunjungi situsnya di https://fk.upnvj.ac.id/ atau dapat menelpon di nomor (021) 7656971.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”