KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANEGARA

by | Jan 10, 2020 | Berita, Kedokteran, Universitas

Univeritas Tarumanegara atau yang biasa disebut Untar sudah sejak lama memiliki Program Studi Kedokteran. Awal mula terbentuknya kedokteran ingin di didirikan di Untar sudah sejak 1954 oleh seorang sosiawan Perhimpunan Sosial Tjandra Naya (dahulu Sin Ming Hui) bernama Bayumi Wahab. Dasar pertimbangan lahirnya gagasan tersebut  ialah keberhasilan pendirian Rumah Sakit Sumber Waras di Jalan Kyai Tapa (dahulu Jalan Tangerang) di atas sebidang tanah seluas 8 hektar pada tahun 1954.

Terbentuknya Kedokteran Untar karena saat itu pendiri Perhimpunan Sosial memikirikan tenaga dokter-dokter muda yang cakap dan tangguh untuk mengganti dokter-dokter senior, serta dapat menjadi kader yang tangguh untuk melanjutkan usaha sosial Perhimpunan Sosial “Tjandra Naya” dalam bidang kesehatan. Akhirnya dibentuklah Panitia Persiapan Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara yang terdiri dari: Prof. Dr. Slamet Muljana (Rektor Untar saat itu), Bajumi Wahab, Dr. Lie Ging Tjwan (Dr. L. Gito Husodo), Drs. Kwee Hwat Djien, Khoe Woen Sioe, Tan Kwie Seng, R. Budi Setiawan dan Sidik Salamun.

Setelah menjalani banyak proses dalam pembuatan Fakultas  Kedokteran, akhirnya pada 1 Oktober 1965 terbentuklah kedokteran Untar beserta susunan kepemimpinannya. Dengan begitu Kedokteran Untar sudah mulai menerima mahasiwa yang ingin menempuh pendidikan di Kedokteran Untar. Saat ini akreditasi Kedokteran Untar sudah mendapatkan A melalui BAN-PT.

Kedokteran Untar yang beralamatkan di Jl. Letjen S. Parman No.1 Tomang, Grogfol Petamburan, Jakarta Barat DKI Jakarta memiliki visi menjadikan Kedokteran yang Unggul pada tingkat Asia tenggara yang memiliki integritas, profesionalisme dan entrepreneurial pada tahun 2025. Serta misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan Kedokteran berlandaskan nilai-nilai Integritas, Profesional, dan Entrepreneurship (IPE) dengan keunggulan pada manajemen lanjut usia.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang kedokteran berdasarkan kegiatan Tridharma bagi seluruh sivitas akademika yang berlandaskan nilai-nilai integritas, profesional dan entrepreneurship dengan keunggulan pada manajemen lanjut usia

 

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang kedokteran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan ilmu, teknologi, dan seni secara berkesinambungan dengan keunggulan pada manajemen lanjut usia
  2. Menyelenggarakan kerjasama Pendidikan Kedokteran yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri dalam rangka memperluas jejaring.

Biaya yang terdapat di Kedokteran Untar yaitu dengan uang pangkal sebesar Rp. 350.000.000, uang per SKS sebesar Rp. 3.000.000, dan Total biaya kuliah untuk semester I sebesar Rp. 35.000.000. Untuk mendapatkan informasi mengenai Kedokteran Untar dapat mengunjungi situsnya http://fk.untar.ac.id/ serta nomor telepon yang dapat dihubungi +6221 56958723.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”