KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI

by | Jan 10, 2020 | Berita, Kedokteran, Universitas

Universitas Yarsi merupakan singkatan dari Yayasan Rumah Sakit Islam Indonesia yang merupakan Yayasan yang di dirikan oleh Prof. Asri Rasad, yang mulanya hanya memfokuskan pada sumber daya Muslim pada lapangan medik atau kesehatan yang ketika itu masih sangat jarang. Keadaan itu dapat digambarkan pada tahun 1967 sangat jarangnya rumah sakit Muslim atau institut kedokteran Muslim di Jakarta. YARSI melahirkan jasa pendidikan sebagai Perguruan Tinggi Kedokteran YARSI Jakarta pada tanggal 15 April 1967 yang pada tahun 1969 sesuai dengan UU no. 22 tahun 1961 statusnya telah berubah menjadi Sekolah Tinggi Kedokteran YARSI Jakarta.

Tahun 1989 dibuka beberapa PS baru dalam tiga fakultas. Selanjutnya pada tanggal 15 April 1967 Yayasan YARSI resmi mendirikan Perguruan Tinggi Kedokteran YARSI. Sesuai dengan tuntutan UU no. 22 tahun 1961, nama tsb kemudian pada tahun 1969 diubah menjadi Sekolah Tinggi Kedokteran Yarsi. Dengan dibukanya 3 fakultas lain pada tahun 1989: Hukum, Ekonomi dan Teknologi Informasi, maka berubah lagi namanya menjadi Universitas Yarsi. Berdirinya Sekolah Tinggi Kedokteran YARSI tak lepas dari bantuan penuh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia baik oleh Dekan waktu itu: Prof. Dr. Jamaluddin, SpB maupun para dosennya disemua bagian.

Akhirnya terbentuklah Program Studi Pendidikan Dokter yang bersamaan dengan di bentuknya Yarsi. Pada saat itu ARSI belum memiliki tanah dan bangunan sendiri. YARSI masih mengandalkan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta untuk bekerja sama dalam bidang pendidikan dan pengajaran Sekolah Tinggi Kedokteran YARSI Jakarta. YARSI pada waktu itu menggunakan seluruh sarana dan prasarana FK UI seperti ruang belajar/ kuliah, laboratorium, alat-alat yang mendukung perkuliahan kedokteran, dan perpustakaan.

Barulah pada tahun 1971 kampus pindah ke jl. Letjen. Suprapto Cempaka Putih dan terus berkembang sebagaimana yang terlihat saat ini. Kemudian menyusul penambahan satu fakultas yaitu psikologi dan penambahan dua program studi yaitu program studi kedokteran gigi dan magister manajemen, magister kenotariatan, magister biomedis di bawah pengelolaan sekolah pasca sarjana.

Kedokteran Universitas YARSI yang beralamatkan di Menara YARSI, Kav. 13 Lt. 1, Jl. Letjend Suprapto No.1, RW.5, Cempaka Putih Timur Jakarta Pusat DKI Jakarta ini sudah terakreditasi A Sesuai dengan SK LAM-PTKES No. 0434/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2018, dan juga memiliki visi Terwujudnya Fakultas Kedokteran Islam yang bermutu, terpandang, berwibawa, dan mampu berkompetisi di forum Nasional dan Internasional. Serta misi sebagai berikut:

  1. Terwujudnya pendidikan kedokteran yang bermutu yang diakreditasi baik secara Nasional dan Internasional dan menghasilkan Dokter Muslim yang bermutu dan mengamalkan profesinya sesuai dengan Islam.
  2. Melaksanakan kajian dan penelitian yang bermutu, sehingga menghasilkan pengetahuan dan teknologi baru yang bermanfaat bagi kemanusiaan sesuai dengan Islam.
  3. Melaksanakan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sesuai dengan Islam.
  4. Mengembangkan kelembagaan yang bertata kelola baik (Good Faculty Governance) dan berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional.

Biaya yang diberikan kedokteran YARSI yaitu semester I sebesar Rp. 300.000.000, semester II Rp. 250.000.000, semester III-VIII sebesar Rp. 38.000.000. Untuk info lebih jelas mengenai Kedokteran Universitas YARSI dapat mengunjungi situsnya di https://www.yarsi.ac.id/ serta nomor telepon yang dapat dihubungi yaitu (021) 4206675.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”