71 Daftar Universitas Kedokteran di Indonesia

by | Jan 4, 2023 | Kedokteran, Universitas | 0 comments

Berikut ini daftar Universitas Kedokteran di indonesia. Selain PTN juga terdapat PTS yang memiliki Fakultas Kedokteran

Tentang Fakultas Kedokteran

Fakultas kedokteran merupakan salah satu fakultas yang ada di dalam universitas yang mempelajari ilmu kedokteran dan menyelenggarakan program pendidikan untuk menghasilkan lulusan dokter yang terampil dan berkompeten.

Selain itu, fakultas kedokteran juga berperan dalam menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui rumah sakit yang terkait dengan fakultas tersebut.

Program Studi Di Dalam Fakultas Kedokteran

mahasiswa fakultas kedokteran

Fakultas kedokteran biasanya memiliki beberapa program studi, seperti program studi dokter umum, dokter spesialis, dan dokter gigi.

Program studi dokter umum mencakup seluruh aspek kedokteran, sementara program studi dokter spesialis lebih fokus pada bidang spesifik seperti bedah, penyakit dalam, atau anak.

Program studi dokter gigi, seperti namanya, mempelajari ilmu kedokteran gigi dan menghasilkan lulusan dokter gigi.

Lama Studi

Untuk menjadi lulusan fakultas kedokteran, calon lulusan harus menyelesaikan program pendidikan selama enam tahun setelah lulus dari sekolah menengah atas.

Program pendidikan ini terdiri dari teori dan praktik di rumah sakit dan klinik. Selain itu, calon lulusan juga harus lulus ujian nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Kedokteran Indonesia (LPPI).

Setelah lulus dari fakultas kedokteran, lulusan dokter umum biasanya akan menjalani masa praktik selama beberapa tahun di rumah sakit atau klinik sebelum menjadi dokter yang sepenuhnya berkompeten.

Lulusan dokter spesialis juga harus menjalani masa residensi selama beberapa tahun di bidang spesialisasi yang dipilih sebelum dapat bekerja sebagai dokter spesialis yang sepenuhnya berkompeten.

Peran Fakultas Kedokteran

Fakultas kedokteran memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan menyediakan tenaga medis yang terampil dan berkompeten.

Selain itu, fakultas kedokteran juga terlibat dalam penelitian ilmu kedokteran dan menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui rumah sakit yang terkait dengan fakultas tersebut.

Selain menyelenggarakan program pendidikan, fakultas kedokteran juga terlibat dalam penelitian ilmu kedokteran.

Fakultas kedokteran juga bertanggung jawab dalam menyediakan pelatihan kepada tenaga medis lainnya, seperti perawat dan ahli gizi. Ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di seluruh negara.

Selain itu, fakultas kedokteran juga terlibat dalam pengembangan kurikulum pendidikan kedokteran yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran. Kurikulum ini disusun dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang terbaik, serta standar kompetensi yang harus dicapai oleh lulusan fakultas kedokteran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan terapi dan teknologi baru dalam bidang kedokteran, serta mencari solusi untuk masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat.

Fakultas kedokteran juga terlibat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui rumah sakit yang terkait dengan fakultas tersebut. Rumah sakit ini biasanya merupakan bagian dari sistem pelayanan kesehatan yang lebih luas yang diselenggarakan oleh pemerintah atau swasta.

Selain memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, rumah sakit juga merupakan tempat yang tepat bagi lulusan fakultas kedokteran untuk melakukan masa praktik atau residensi.

Fakultas kedokteran memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan menyediakan tenaga medis yang terampil dan berkompeten.

Selain itu, fakultas kedokteran juga terlibat dalam penelitian ilmu kedokteran dan menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui rumah sakit yang terkait dengan fakultas tersebut.

Daftar Universitas Kedokteran di Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM)

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
    Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) adalah salah satu fakultas terkemuka di Universitas Gadjah Mada, sebuah universitas negeri ternama di Indonesia. FK UGM didirikan pada tahun 1946 dan telah menjadi pusat pendidikan kedokteran yang terkemuka di Indonesia selama lebih dari 70 tahun.Fakultas ini memiliki beberapa program studi, termasuk Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran Hewan. Selain itu, FK UGM juga menawarkan program studi doktoral dan magister ilmu kedokteran.
  2. Universitas Indonesia (UI)
    Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) adalah fakultas kedokteran Universitas Indonesia (UI), sebuah universitas riset publik yang berlokasi di Depok, Jawa Barat, Indonesia. Fakultas ini didirikan pada tahun 1950 dan merupakan salah satu fakultas kedokteran tertua dan bergengsi di Indonesia. Ini menawarkan program sarjana, pascasarjana, dan pascasarjana di bidang kedokteran dan kesehatan. Fakultas ini terkenal dengan fokusnya yang kuat pada penelitian dan komitmennya untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi bagi para mahasiswanya.
  3. Universitas Airlangga (UNAIR)
    Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga adalah salah satu fakultas terkemuka di Universitas Airlangga, salah satu universitas terbaik di Indonesia. Didirikan pada tahun 1954 dan sejak saat itu telah menjadi lembaga pendidikan kedokteran yang terkemuka di Indonesia.Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga memiliki program studi yang berkualitas tinggi dalam bidang kedokteran, termasuk program sarjana kedokteran (S.Ked), program magister kedokteran (M.Ked), dan program doktor kedokteran (D.Ked). Selain itu, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga juga memiliki program pendidikan profesi dokter (PPDS) yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan kedokteran untuk menjadi dokter yang berkompeten dan terampil.
  4. Universitas Brawijaya (UB)Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya merupakan salah satu fakultas terkemuka di Universitas Brawijaya. Berlokasi di kota Malang, Jawa Timur, fakultas ini memiliki reputasi yang baik dalam bidang kedokteran dan kesehatan.Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya didirikan pada tahun 1963 dengan tujuan untuk menyediakan pendidikan kedokteran yang berkualitas bagi mahasiswa di wilayah Jawa Timur. Sejak saat itu, fakultas ini telah menjadi salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia.
  5. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  6. Universitas Jember (UNEJ)
  7. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
  8. Universitas Sriwijaya (UNSRI)
  9. Universitas Mulawarman (UNMUL)
  10. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  11. Universitas Andalas (UNAND)
  12. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  13. Universitas Hasanuddin (UNHAS)
  14. Universitas Sumatra Utara (USU)
  15. Universitas Riau (UNRI)
  16. Universitas Cendrawasih (UNCEN)
  17. Universitas Pattimura
  18. Universitas Lampung (UNILA)
  19. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  20. Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM)
  21. Universitas Udayana
  22. Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI)
  23. Universitas Mataram (UNRAM)
  24. Universitas Tanjungpura (UNTAN)
  25. Universitas Negeri Gorontalo
  26. Universitas Surabaya (UBAYA)
  27. Universitas Jambi
  28. Universitas Papua
  29. Universitas Muhammadiyah Malang
  30. Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)
  31. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  32. Universitas Muhammadiyah Makassar
  33. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  34. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA)
  35. Universitas Tarumanegara (UNTAR)
  36. Universitas YARSI
  37. Universitas Hang Tuah (UHT)
  38. Universitas Halu Oleo (UHO)
  39. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  40. Institute Agama Islam Negeri Salatiga
  41. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  42. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  43. Universitas Islam Malang
  44. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Veteran Jakarta)
  45. Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSA)
  46. Universitas Bengkulu
  47. Universitas Palangka Raya
  48. Universitas Tadulako
  49. Universitas Sam Ratulangi
  50. Universitas Negeri Khairun
  51. Universitas Prima Indonesia
  52. Universitas Muslim Indonesia
  53. Universitas Islam Indonesia (UII)
  54. Universitas Islam Bandung
  55. Universitas Islam Sumatra Utara (UISU)
  56. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar
  57. Universitas Islam Sultan Agung
  58. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)
  59. Universitas Nusa Cendana
  60. Universitas Trisakti
  61. Universitas Malahayati
  62. Universitas Methodist Indonesia
  63. Universitas Pertahanan
  64. Universitas Malikussaleh
  65. Universitas HKP Nommensen
  66. Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida)
  67. Universitas Kristen Maranatha
  68. Universitas Kristen Indonesia (UKI)
  69. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  70. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)
  71. Universitas Kristen Duta Wacana
  72. Universitas Negeri Malang

Apakah kalian ingin diterima di Fakultas Kedokteran? Atau mungkin kalian ingin lolos seleksi jalur SNBT atau Mandiri di Prodi lainnya? Jangan khawatir, BIC (Bimbingan Belajar) siap untuk membantu kalian mencapai tujuan belajar kalian. Di BIC, kami memiliki tim pengajar yang terlatih dan berpengalaman yang siap membantu kalian meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kalian di berbagai mata pelajaran. Selain itu, kami juga menyediakan fasilitas yang nyaman dan kondusif untuk belajar, sehingga kalian dapat belajar dengan lebih fokus dan efektif.

Tersedia bimbel Program Kedokteran untuk kamu yang ingin menjadi mahasiswa di Universitas bergengsi di Indonesia

Jangan ragu untuk bergabung dengan BIC dan mulai meningkatkan kemampuan belajar kalian sekarang juga. Kami tunggu kedatangan kalian di BIC.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.