Apa Itu Penyakit Alergi?

by | Apr 7, 2020 | Berita

Alergi dan sistem kekebalan tubuh saling berkaitan. Sebab, sistem ini bertanggung jawab untuk melindungi tubuh melawan infeksi. Sistem imun adalah sebuah jaringan penting yang kompleks, yang diantaranya tersusun dari sumsum tulang, pembuluh limfatik, amandel, pembuluh darah, usus buntu, dan kelenjar gondok.

Sistem imun membentuk “tentara” yang disebut antibodi, yang membasmi segala ancaman yang masuk ke tubuh. Akan tetapi, pada beberapa kasus, bakteri atau virus masuk ke tubuh dan menimbulkan gejala. Saat menyerang bakteri jahat tersebut, sistem imun akan membentuk antibodi tertentu. Dengan cara ini, bila tubuh terkena virus atau bakteri yang sama, sistem imun tubuh akan dapat membunuh bakteri tersebut.

Bagi orang yang memiliki alergi, mereka membentuk antibodi imunoglubulin E yang menyerang zat atau objek seperti serbuk sari, bulu, dan debu, yang “tidak berbahaya”. Sebagai contoh, bila seseorang menghirup debu, sistem imun menjadi bereaksi berlebihan dan meningkatkan pelepasan histamin, yang kemudian menyebabkan gejala alergi umum seperti:

– Ruam

– Hidung tersumbat

– Mata berair

– Sulit bernapas

– Gatal

– Sakit perut

– Rasa tidak nyaman

Bagi mereka yang memiliki alergi makanan, pengaturan pola makan eliminasi pun dianjurkan. Hal ini berarti, pasien harus menghindari makanan yang mungkin menyebabkan alergi selama waktu tertentu. Setelah itu, pasien mengkonsumsi kembali makanan yang dihindari. Bila pasien terkena alergi, kemungkinan besar makanan yang dihindari tersebut adalah penyebab alergi.

Apabila hasil pemeriksaan lainnya tidak meyakinkan, pemeriksaan darah mungkin dilakukan untuk menemukan antigen tertentu yang dihasilkan oleh tubuh. Tergantung pada hasil pemeriksaan dan tanya-jawab, dokter spesialis alergi kan memberikan pengobatan seperti vaksin atau desensitizer (untuk mengurangi sensitivitas), yang semuanya memerlukan konsultasi lanjutan rutin.

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”