D3, D4 dan S1 Apa Perbedaannya?

by | Mar 31, 2020 | Blog, Institut, Politeknik, Universitas

D3, D4 dan S1 merupakan jenjang pendidikan setelah siswa menempuh pendidikan SMA atau SMK. Bagi siswa yang sedang berada di kelas 3 pastinya akan mempersiapkan kelanjutan pendidikan yang lebih tinggi ke salah satu Institusi atau Universitas baik swasta atau negeri.

Tidak terkecuali untuk kelas 2 SMA yang juga ingin melanjutkan kuliah bisa merencanakan jauh-jauh hari pilihan jenjang pendidikan lebih tinggi yang akan di teruskan setelah lulus nanti.

D3, D4 dan S1 Apa sih perbedaannya?

Banyak siswa SMA/SMK belum mengetahui lebuh banyak tentang pendidikan tinggi. Baik itu sekolah tinggi, universitas, politeknik mapun akademi. Banyak yang merasa salah mengambil jenjang pendidikan.  Karena ternyata setelah lulus tidak mendapatkan pekerjaan sesuai dengan cita-cita.

Bahkan banyak mahasiswa yang masih aktif pindah sekolah tinggi ataupun jurusan karena tidak sesuai dengan minat.

Jadi sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan, alangkah baiknya siswa mengetahui jenjang pendidikan mulai saat ini. Lalu, apa sih perbedaan D3, D4 dan S1? Berikut penjelasannya:

Diploma 3 (D3)

Pendidikan Diploma

Diploma 3 atau yang disingkat D3 merupakan jenjang pendidikan yang memiliki durasi kuliah selama 3 tahun atau 6 semester atau 112 SKS.

Tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan dari jenjang D3 pun tak jauh berbeda dengan diploma lainnya. juga harus menyelesaikan praktik kerja dan juga laporan karya ilmiah.

Mata kuliah yang di dapatkan saat kuliah akan lebih banyak praktik dari pada teori. Sebab D3 lebih mengutamakan skill atau kemampuan mahasiswanya.

Lulusannya dari jenjang D3 akan memiliki gelar A.Md atau Ahli Madya.

Diploma 4 (D4)

Berbeda dengan D3 yang dimana namanya sama-sama Diploma, namun Diploma 4 (D-4) ini sering disamakan dengan program sarjana padahal berbeda dengan sarjana hanya saja memiliki nama gelar yang sama, tetapi D4 memiliki gelar S.tr atau Sarjana terapan.

D4 memiliki waktu kuliah selama 4 tahun atau 8 semester atau 114 SKS sama seperti S1.

D4 lebih mempelajari ilmu-ilmu praktik atau ilmu-ilmu terapan. Tugas akhir yang harus dipenuhi pun sama dengan program diploma lainnya, kamu harus menyelesaikan kerja praktik dan juga laporan karya ilmiah.

Baca Juga: Pendidikan Diploma: Pengertian, Tingkatan dan 3 Unggulan

Strata 1 (S1)

Starata 1 ini sangat berbeda dengan diploma, dari segi lamanya kuliah, materi, gelar dan tugas akhirnya tidak sama dengan diploma.

Strata 1 memiliki lama waktu kuliah 4-6 tahun dengan 144 SKS hingga 160 SKS, materi yang di berikan lebih banyak teori dari pada prakteknya serta memiliki gelar S.(…) sesuai jurusan yang diambil.

Untuk lulus S1 harus mengerjakan karya ilmiah atau Skripsi untuk tugas akhirnya.

Kesempatan Melanjutkan Studi S2

Untuk jenjang pendidikan D4 dan S1 adalah setara. Jadi sama-sama memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi ke S2.

Berbeda dengan D3 yang notabene dibawah D4, jika ingin melanjutkan studi ke S2 harus melanjutkan pendidikan ke D4 atau S1 terlebih dahulu.

Peluang kerja lulusan D3, D4 dan S1

Bicara tentang prospek kerja, perusahaan lebih menyukai lulusan diploma baik itu D3 ataupun D4 daripada S1.

Hal ini dikarenakan lulusan diploma selama menempuh pendidikan memang dipersiapakan untuk langsung terjun ke dunia kerja karena banyak mempelajari praktek kerja.

Sedangkan untuk mahasiswa lulusan sarjana tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Karena banyak perusahaan yang merekrut luusan sarjan untuk menempati posisi manajemen bawah seperti tim leader sampai supervisor. Serta memiliki peluang lebih besar untuk naik ke posisi manajemen menengah seperti manajer.

Bagaimana? Sudah paham kan dari sini perbedaan antara D3, D4 dan S1 apa saja, maka dari itu persiapkanlah dari sedini mungkin agar tidak salah pilih dan pilihalah sesuai keinginan dan kebutuhan kalian, sebab kunci kesuksesuan berada pada diri kalian.

Sumber: Calon Mahasiswa, Ketahui Perbedaan D3, D4, dan S1 Agar Tidak Salah Pilih

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...