Apa Yang Di Pelajari Jurusan Arsitektur

by | Apr 14, 2020 | Berita

Arsitektur merupakan salah satu jurusan yang cukup populer di Indonesia. Para mahasiswa di program studi Arsitektur mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan. Arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil.

Dalam mendalami arsitektur, para mahasiswa harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan. Pada umumnya, Arsitektur menjadi bagian dari Fakultas Teknik. Uniknya, jurusan ini tidak melulu mengajarkan hal-hal teknik, tapi juga seni dan estetika.

Jika kalian melihat bangunan-bangunan indah, itu tidak lepas dari tangan dingin para arsitek hebat yang bisa menggabungkan fungsi, keindahan, dan kekuatan bangunan. Jurusan Arsitektur bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang punya ketertarikan pada desain dan rancang bangunan. Untuk menjadi mahasiswa Arsitektur, kamu paling tidak punya ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, humaiora, sains, dan teknologi.

Mata kuliah yang di dapatkan saat kuliah ialah seperti:

  1. Matematika Arsitektur
  2. Estetika Bantuk
  3. Teknik Komunikasi Arsitektur
  4. Gambar Teknik
  5. Arsitektur & Lingkungan
  6. Ilmu Bahan Bangunan
  7. Tata Ruang
  8. Mekanika Teknik
  9. Pencahayaan
  10. Seni Rupa
  11. Kalkulus
  12. Hukum Lingkungan
  13. Psikologi Arsitektur
  14. Azas & Metoda Perancangan
  15. Arsitektur Etnik

Profesi arsitek mempunyai prospek yang bagus. Hampir semua perusahaan properti dan konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Tren properti yang masih melaju kencang menunjukkan bahwa kebutuhan terhadap tenaga arsitek masih tinggi. Selain itu prospeknya juga seperti pemerintahan, developer, hingga kontraktor. Lulusan Arsitektur bisa juga terjun ke bisnis kebutuhan lanskap, seperti tanaman taman, pot hias, material paving, dan lainnya.

 

 

 

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”