Beasiswa Bappenas

by | Jan 5, 2023 | Blog

Pemerintah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menawarkan program beasiswa bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Program beasiswa ini ditujukan bagi siswa yang memiliki prestasi akademik yang baik dan tidak mampu secara finansial untuk melanjutkan studi.

Jenis Beasiswa Bappenas

Beasiswa yang ditawarkan oleh Bappenas terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:

  1. Beasiswa Pendidikan: Beasiswa ini ditujukan bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1, S2, atau S3 di lembaga pendidikan tinggi di Indonesia maupun di luar negeri.
  2. Beasiswa Penelitian: Beasiswa ini ditujukan bagi siswa yang ingin melakukan penelitian di bidang ilmu yang dipelajarinya. Penelitian yang dilakukan harus merupakan bagian dari program studi yang sedang ditempuh oleh siswa.
  3. Beasiswa Magang: Beasiswa ini ditujukan bagi siswa yang ingin melakukan magang di perusahaan atau lembaga di Indonesia atau di luar negeri. Magang yang dilakukan harus merupakan bagian dari program studi yang sedang ditempuh oleh siswa.

Untuk mendapatkan beasiswa dari Bappenas, siswa harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Bappenas, di antaranya: menjadi warga negara Indonesia yang masih berstatus sebagai siswa SMA atau sederajat, tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain, memiliki prestasi akademik yang baik, dan tidak terlibat dalam tindak kekerasan, terorisme, atau kegiatan-kegiatan yang merugikan pemerintah. Selain itu, siswa juga harus memenuhi persyaratan akademik yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan tinggi yang akan dituju.

Syarat Lain Program Beasiswa Bappenas

Selain mengikuti tes potensi akademik, siswa yang ingin mendaftar ke program beasiswa Bappenas juga harus memenuhi beberapa persyaratan lain, di antaranya:

  1. Menjadi warga negara Indonesia yang masih berstatus sebagai siswa SMA atau sederajat.
  2. Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain.
  3. Memiliki prestasi akademik yang baik.
  4. Tidak terlibat dalam tindak kekerasan, terorisme, atau kegiatan-kegiatan yang merugikan pemerintah.
  5. Memenuhi persyaratan akademik yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan tinggi yang akan dituju.

Siswa yang telah memenuhi semua persyaratan tersebut bisa mendaftar ke program beasiswa Bappenas melalui situs resmi Bappenas. Pada saat mendaftar, siswa harus menyediakan informasi pribadi, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan nomor KTP, serta dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti sertifikat TPA Bappenas, fotokopi KTP, dan fotokopi akta lahir.

Setelah mendaftar, siswa akan diwawancarai oleh panitia beasiswa Bappenas untuk mengetahui kemampuan siswa dan menilai apakah siswa tersebut layak menerima beasiswa. Jika siswa diterima, siswa akan mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan biaya yang ditanggung oleh pemerintah.

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Daftar 14 Prodi PPDS UNAND

Universitas Andalas (Unand), sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Program Pendidikan...