Bimbel Persiapan Tes Mandiri PTN PTS

by | Dec 31, 2019 | Berita, Mandiri

Bimbingan Belajar Untuk Mengikuti Tes Mandiri PTN/PTS  Tidak lolos SNMPTN dan SBMPTN? Masih ada peluang kalian untuk mendapatkan PTN atau PTS yang diinginkan, kalian juga harus memiliki alternatif lain untuk ikut persiapan kuliah atau memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik di PTN atau PTS. Dia antaranya mempersiapkan diri untuk ikut seleksi mandiri yang di selenggarakan oleh PTN atau PTS. Di tahun 2019 ini tes tulis masih banyak di gunakan oleh sebagian kampus untuk jalur mandiri, oleh karena itu baiknya kalian ikutan bimbel atau les privat ujian Mandiri PTN atau PTS agar belajar kalian lebih maksimal. Lalu bagaiamana pola yang dilakukan oleh perguruan tinggi dalam seleksi mandiri? Dalam Permenristek Dikti Nomor 2 Tahun 2015, Penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN tahun 2015 terdiri dari Seleksi Nasional (SNMPTN), Seleksi Mandiri Bersama (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri PTN. SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN tergabung dalam 1 kategori yaitu Seleksi Mandiri, bedanya SBMPTN dikelola secara terpusat untuk semua PTN, sedangkan Seleksi Mandiri PTN dikelola oleh masing-masing PTN yang menyelenggarakan, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jenis-jenis seleksi mandiri di tiap kampus berbeda-beda mekanimesnya yaitu seperti:

  1. Ujian Mandiri/Tulis: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan mengadakan ujian / tes. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UI(SIMAK UI), UNDIP, UGM (UTUL), IPB (UTMI), UNY, Unnes, dan lain-lain.
  2. Seleksi Raport / PMDK: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melakukan seleksi raport / prestasi. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UGM(PBUTM), Unnes (Jalur Prestasi)
  3. Seleksi Melalui Nilai UTBK: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri S1 PTN dengan melihat nilai UTBK siswa. Jadi PTN tidak mengadakan tes, tetapi cukup melihat hasil UTBK calon mahasiswa untuk kemudian dirangking. Jadi pendaftar harus ikut UTBK sebelumnya.

Jadi, sebagian besar PTN memakai mekanisme Ujian Mandiri dalam Seleksi Mandirinya. Lalu apakah biaya kuliah akan mahal jika mengikuti seleksi mandiri? Ternyata enggak kok. Ada banyak PTN yang memberlakukan perlakuan biaya kuliah yang sama bagi yang diterima di semua jalur penerimaan, misalnya di UTMI IPB, atau UNNES, dll. Tapi, memang ada juga beberapa PTN yang memberlakukan mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri PTN itu lebih mahal bila dibanding dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN. Di beberapa PTN tersebut, bagi yang diterima melalui Seleksi Mandiri PTN, langsung di plot di UKT (Uang Kuliah Tunggal) tinggi. Sehingga, pilihan biaya nya menjadi lebih sedikit. Jadi rajin-rajin cek dulu di website masing-masing PTN atau bertanya kepada humas PTN yang bersangkutan sebelum kamu memutuskan daftar di Seleksi Mandiri PTN yang kamu inginkan ya. Kecuali kalo biaya emang ga jadi persoalan, itu lain lagi ya

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”