CPNS 2023: Persyaratan, Jadwal, dan Formasi

by | Apr 12, 2023 | Berita

CPNS 2023 – Pemerintah Indonesia akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2023. Setelah pada tahun 2022 tidak ada penerimaan CPNS hanya penerimaan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Penerimaan CPNS tahun ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi lulusan terbaik untuk bergabung dengan instansi pemerintah.

Kapan seleksi penerimaan CPNS 2023 dimulai?

  • April 2023: Pengunguman penetapan formasi CPNS 2023
  • Juni 2023 (kuartal III-2023): Pengumuman pembukaan seleksi pendaftaran CPNS dan PPPK

Formasi CPNS 2023

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan pengadaan formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tahun ini hanya dibuka untuk pemerintah pusat.

Bagi pemerintah daerah, formasi yang dibuka yakni formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Alasan belum dibukanya formasi PNS untuk daerah dikarenakan pemerintah ingin fokus menyelesaikan persoalan mengenai pegawai di daerah yang usianya lebih dari 35 tahun. Menurutnya, skema PPPK tersebut dapat menjadi solusinya.

Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan dan pendidikan.

Pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan. Formasi juga dibuka untuk tipe pekerjaan sebagai hakim, jaksa, hingga dosen.

Dari sisi jumlah, formasi CPNS yang dibuka pada 2023 akan lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, dipadukan juga dengan rekrutmen PPPK, termasuk bagi para tenaga honorer yang selama ini sudah bertugas di kantor-kantor pemerintahan.

Berikut rincian kebutuhan ASN 2023:

Untuk Pusat

CPNS Dosen: 15.858
CPNS Tenaga Teknis lainnya: 18.595
P3K Dosen: 6.742
P3K Tenaga Guru: 12.000
P3K Tenaga Kesehatan: 12.719
P3K Tenaga Teknis lainnya: 15.205

Total Pusat: 81.119

Untuk Daerah

P3K Guru: 580.202
P3K Tenaga Kesehatan: 327.542
P3K Tenaga Teknis lainnya: 35.000
Alokasi PNS lulusan sekolah kedinasan: 6.259

Total Daerah: 949.003

Total kebutuhan ASN di tahun 2023 sebesar: 1.030.122

Syarat Daftar CPNS 2023

Pendaftaran CPNS 2023 dibuka untuk lulusan SMA, SMK, hingga S1

Bagi kamu yang berminat untuk mendaftar CPNS, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti memastikan kamu memenuhi persyaratan. Adapun secara umum, beberapa syarat daftar CPNS adalah sebagai berikut.

Persyaratan Peserta CPNS

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun saat mendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan (yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih)
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian, atau pegawai swasta
  5. Tidak sedang menjabat sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota kepolisian
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia

Persyaratan Berkas CPNS

Secara umum, dokumen persyaratan untuk peserta CPNS 2023, di antaranya:

  1. Fotokopi ijazah terakhir dan transkip nilai dari pihak instansi pendidikan
  2. Fotokopi atau scan KTP elektronik
  3. Salinan akta kelahiran
  4. Salinan surat keterangan
  5. Pas foto formal
  6. CV atau daftar riwayat hidup
  7. Surat pernyataan penempatan di mana pun

Perlu diingat, setiap formasi dan instansi mungkin akan menambahkan persyaratan khusus sesuai bidang serta keahlian yang dibutuhkan.

Tahap Seleksi CPNS

Di samping memahami cara daftar CPNS, kamu juga perlu tahu tahapan seleksi yang akan dilalui. Secara umum, berikut tahapan seleksi CPNS

  1. Seleksi administrasi
  2. Seleksi kompetensi dasar
  3. Seleksi kompetensi bidang
  4. Pengumuman kelulusan CPNS

Cara Daftar CPNS 2023

Cara daftar CPNS dilakukan melalui situs https://sscasn.bkn.go.id. Untuk bisa daftar CPNS, peserta wajib memiliki akun SSCASN. Setelah itu, calon peserta akan bisa mengikuti alur pendaftaran CPNS melalui beberapa tahap.

Saat pembukaan seleksi penerimaan CPNS dibuka, berikut adalah langkah dan cara daftar CPNS 2023.

1. Daftar Akun

  1. Buka portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  2. Daftar untuk buat akun SSCASN
  3. Lengkapi informasi yang diperlukan untuk membuat akun, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nomor HP, dan email aktif
  4. Pilih “Lanjutkan” dan pastikan data sudah lengkap dan benar
  5. Klik “Proses Pendaftaran Akun”
  6. Tunggu hingga informasi konfirmasi muncul

2. Login Akun

  1. Login ke akun SSCASN yang telah terdaftar
  2. Lengkapi data diri yang diminta dan unggah swafoto
  3. Jika sudah, klik “Selanjutnya”

3. Pilih Jenis Seleksi dan Formasi CPNS

  1. Pilih jenis seleksi “CPNS”
  2. Pilih formasi lulusan atau tingkat pendidikan yang dibuka

4. Unggah Dokumen

Unggah sejumlah dokumen yang dibutuhkan sesuai ukuran dan format yang ditentukan.

5. Cetak Kartu

  1. Jika sudah, cek atau periksa resume lalu akhiri pendaftaran
  2. Cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun

Pemerintah juga mengungkapkan bahwa seleksi daftar CPNS 2023 akan lebih ketat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk persiapkan diri kamu ya untuk mendaftar seleksi CPNS 2023.

Jadilah peserta yang siap dan percaya diri untuk menghadapi tes CPNS tahun 2023. Dengan mengikuti bimbel program CPNS dari Brawijaya Intensive Centre, kamu akan mendapatkan bimbingan dan persiapan yang lengkap untuk menghadapi tes CPNS dengan lebih baik. BIC memiliki pengalaman dan keahlian dalam membantu kamu meraih hasil terbaik pada setiap tahapan tes seleksi.

Tidak perlu khawatir jika kamu merasa kesulitan dalam menghadapi tes CPNS. Dengan bergabung dalam bimbel program CPNS yang disediakan oleh BIC, kamu akan mendapatkan bimbingan dan latihan yang intensif untuk mengatasi setiap kesulitan dalam menghadapi tes CPNS. Materi yang diajarkan oleh BIC sangat lengkap, mulai dari tes wawasan kebangsaan, tes kompetensi bidang, hingga tes karakteristik pribadi.

Tingkatkan peluang kamu untuk lulus CPNS dengan bergabung dalam bimbel program CPNS dari Brawijaya Intensive Centre. BIC memiliki pengalaman dan track record yang baik dalam membantu peserta CPNS meraih hasil terbaik. BIC memiliki metode pembelajaran yang efektif dan terus berkembang, sehingga kamu dapat memaksimalkan potensi diri untuk meraih hasil terbaik pada setiap tahapan tes seleksi.

Bergabunglah sekarang juga dalam bimbel program CPNS dari Brawijaya Intensive Centre, dan siapkan dirimu dengan baik untuk menghadapi tes CPNS tahun 2023. BIC “Your Partner for Success”

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”