Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu (FK Unisa Pau)

by | Dec 31, 2019 | Berita, Universitas

Profil Kedokteran Unisa Palu

Universitas Alkhairat Palu atau yang biasa disebut Unisa Palu ini memiliki Fakultas Kedokteran yang terbilang masih cukup muda di lingkungan kampus. Pendirian Kedokteran di Unisapalu ini baru terbentuk pada tahun 2009 atas dasar keinginan rektor pada saat itu.

Kedokteran Unisapalu yang beralamatkan di Jl. Diponegoro No.39, Lere, Palu, Kota Palu, Sulawesi Tengah

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), secara resmi telah mengumumkan akreditasi B bagi dua program studi (prodi) di Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat (Unisa) dengan nilai 307 dari sedikitnya 126 item yang dinilai.

Surat Keputusan (SK) Nomor: 0016/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2018 untuk Prodi Kedokteran dan SK nomor.0017/LAM-PTKes/Akr/Pro/I/2018 untuk Prodi Profesi Dokter.

Fakultas Kedokteran Universitas Al-Khairaat-Palu, telah dipercaya kembali untuk melaksanakan ujian Uji Kompetensi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter-Objective Structured Clinical Examination (UKMPPD-OSCE)

Yang mana ujian tersebut juga dilaksanakan serentak secara Nasional di tiga wilayah (Barat, Tengah dan Timur).

Pelaksanaan ujian ini juga adalah, metode/cara untuk menguji kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur.

Disamping itu, ujian UKMPPD-OSCE di Fakultas Kedokteran Unisa telah dilaksanakan sejak tahun 2016 yang lalu yang telah meluluskan puluhan dokter, serta pada tahun 2018 ini. Kepercayaan dari Kemenristekdikti sebagai pelaksana bersama dengan Universitas Tadulako (UNTAD) Palu, juga merupakan salah satu bukti kredibilitas dan keberhasilan FK.UNISA dalam meraih peringkat Akreditas B pada bulan Februari 2018 yang lalu.

ini memiliki visi pada tahun 2020 sudah menghasilkan dokter yang kompeten, profesional yang mampu mengembangkan diri dalam penguasaan ilmu dan teknologi kedokteran, berwawasan luas serta mampu belajar seumur hidup dalam melakukan praktek kedokteran yang beretika dan berbasis agama serta misi sebagai berikut:

  1. Meningkatkan pendidikan berbasis kompetensi, penelitian dan pengabdian masyarakat berlandaskan agama dan kearifan budaya lokal.
  2. Meningkatkan kesejahteraan civitas akademika yang bercirikan profesionalisme.

Biaya Pendidikan

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menempuh Pendidikan kedokteran Universitas Alkhairat Palu dengan uang pangkal sebesar Rp. 175.000.000 serta SPP yang dibayar untuk setiap semesternya sebesar Rp. 10.000.000. Untuk info lebih lengkap mengenai Kedokteran Universitas Alkhairat dapat mengunjungi situsnya di http://www.fkunisa.ac.id/ dan https://unisapalu.ac.id/ serta dapat menghubunginya di nomor telepon +451 461123.

Sistem Pendidikan di FK Unisa Palu

Sistem pendidikan di FK Unisa Palu mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Kedokteran (Permenristek-dikti No. 8 tahun 2018)

Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia (KKI – 2012) menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, berdasarkan masalah kesehatan perorangan dan masyarakat, terintegrasi secara horizontal dan vertikal, efektif serta terstruktur dan sistematik (SPICES).

Pendidikan berlangsung minimal selama 12 semester (6 tahun) sampai lulus menjadi dokter yang kompeten dan profesional. Pendidikan meliputi :

  1. Tahap pendidikan preklinik (akademik), selama 8 semester (4 tahun), diselenggarakan di Kampus Universitas Alkhairaat,  Jalan Diponegoro Kota Palu. Lulus tahap ini mahasiswa mengikuti wisuda dan diberi gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked).
  2. Tahap klinik (profesi dokter) selama minimal 4 semester (2 tahun) diselenggarakan di Rumah Sakit Pendidikan Utama (RSU Anutapura Palu), Rumah Sakit Pendidikan Satelit (RSUD Undata, RSU Budi Agung, RS Bala Keselamatan, Rumkit Wirabuana, RSUD Tora Belo Kab. Sigi, RSUD Kabelota Kab. Donggala) serta Rumah Sakit Pendidikan Afiliasi (RSD Madani Palu dan RS Bhayangkara Palu).
  3. Lulus tahap klinik mahasiswa wajib mengikuti UKMPPD (secara nasional). Setelah lulus dilantik dan disumpah sebagai dokter. Dilanjutkan dengan mengikuti program intership untuk memperoleh Surat Tanda Registrasi agar dapat melaksanakan
  4. praktek pelayanan dokter.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?