Kedokteran Unisma Malang

by | Dec 31, 2019 | Berita

Profil Kedokteran Universitas Islam Malang

Ide pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (FK UNISMA) tercetus pada tahun 1995 oleh Alm. KH. Abdurrahman Wahid (Mantan Presiden RI Ke-4). Kemudian, pada tahun 2000, Ketua Dewan Pembina Yayasan Universitas Islam Malang saat itu (yang juga Menteri Agama RI), Alm. Prof. DR. KH. M. Tholhah Hasan bersama dengan Prof. DR. H.M. Aris Widodo, Sp.FK, MS, PhD merealisasikan ide dan pemikiran para ulama Nahdlatul Ulama dengan mendirikan FK UNISMA.

Pada tahun 2005, izin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter (PPD) UNISMA dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Budaya. Berikutnya, pada tanggal 14 September 2011, Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran diakreditasi oleh BAN PT dan disahkan sebagai Fakultas Kedokteran dengan SK Rektor Nomor 161/L.16/U.IX/2011 tentang Pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang.

            Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang adalah fakultas kedokteran pertama yang berdiri di lingkungan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama di Indonesia. Kekhususan FK UNISMA yaitu pengembangan di bidang keanekaragaman hayati dan pemanfaatannya sebagai penunjang pengobatan dan pengembangan tim bantuan medis dalam bencana dan kegawatdaruratan yang berlandaskan keIslaman dan Ahlussunnah wal Jama’ah (ASWAJA). Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang telah mendapatkan status akreditasi B dari BAN-PT (2011) dan LAM-PTKes (2016). Saat ini terdapat 3 program studi di Fakultas Kedokteran, yaitu Program Studi Kedokteran, Program Studi Profesi Dokter, dan Program Studi Farmasi. 

            Kedokteran Universitas malang memiliki Visi Menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) bertaraf internasional yang terstandar dan unggul di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat terkait ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran serta kesehatan untuk kemaslahatan umat yang berakhlaqul karimah dan berlandaskan Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah dan Misi melaksanakan pendidikan untuk membentuk penyedia layanan kedokteran dan ilmu kesehatan yang profesional, berpihak pada kemaslahatan umat dan berkualifikasi internasional yang terstandar.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail kedokteran Unisma memiliki situs http://unisma.ac.id/ dan http://fk.unisma.ac.id/. Kedokteran Unisma menempati alamat di Jl. MT. Haryono No.193, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144 dan memiliki nomor telepon 0341-558959.

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang mempunyai visi dan misi yang bertujuan untuk mendidik calon dokter profesional yang mampu mengembangkan pelayanan dengan pendekatan kedokteran keluarga serta menerapkan aqidah Islam. Implementasi visi misi tersebut bertujuan untuk membentuk profil dokter muslim yang baik dalam berbagai strategi pembelajaran diantaranya pembinaan mahasiswa secara intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Salah satu strategi pembelajaran ekstrakurikuler ditempuh melalui pesantren mahasiswa.

Pesantren mahasiswa Fakultas Kedokteran yang dikenal dengan nama Pondok Pesantren Ar-Razi merupakan wadah pembinaan potensi dan karakter dokter muslim secara holistik.  Pesantren mahasiswa kedokteran ini wajib diikuti oleh mahasiswa semester 1 dan 2 yang berlangsung sejalan dengan kalender akademik yang berlaku di FK Unisma. Program pondok pesantren ini sudah dimulai sejak tahun ajaran 2012/2013. Kegiatan pesantren berupa pembinaan keagamaan mulai dari peningkatan pemahaman, penanaman sikap, sampai praktek dan aktualisasi dalam aktivitas keseharian. Dengan program ini diharapkan dapat ditanamkan nilai-nilai dasar Islam yang akan terus mewarnai setiap lulusan FK UNISMA sebagai dokter muda muslim, dokter muslim, dan sarjana farmasi yang profesional.

 

 

 

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”