KEDOKTERAN UNIVERSITAS CENDRAWASIH

by | Jan 11, 2020 | Berita, Universitas

Sejak didirikan pada 10 November 1962, Universitas Cenderawasih akhirnya berhasil memiliki Fakultas Kedokteran pada 2002. Kehadiran FK Uncen disambut antusias karena diharapkan mampu menjawab permasalahan kesehatan yang kompleks di Provinsi Papua dan Papua Barat dengan populasi mencapai lebih dari 4 juta jiwa. Apalagi, Otonomi Khusus (Otsus) Provinsi Papua juga ditetapkan pada tahun yang sama, sehingga peningkatan layanan dan mutu kesehatan menjadi kebutuhan yang mendesak.

Sebelumnya, Fakultas Kedokteran Uncen berstatus sebagai Program Pendidikan Dokter (PPD), kemudian resmi menjadi  Fakultas Kedokteran. Pada 2009, FK Uncen pertama kalinya melantik dan mengambil sumpah 20 orang dokter lulusan angkatan pertama fakultas itu. FK Uncen adalah satu dari total 83 Fakultas Kedokteran yang ada di Indonesia. Sama dengan citra yang terbentuk pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya, Fakultas Kedokteran Uncen seakan menjadi fakultas istimewa dibandingkan fakultas lainnya.

Dengan mengusung nama “Fakultas Kedokteran Plus”, keberadaan fakultas ini diharapkan mampu menampung, mendidik, dan menghasilkan tenaga-tenaga kesehatan, khususnya dokter, yang dapat berperan aktif dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan di dua provinsi paling Timur Indonesia, yaitu Provinsi Papua dan Papua Barat.

Pembangunan Rumah Sakit FK Uncen yang menjadi salah satu fasilitas penting juga telah dimulai. FK Uncen pun tengah mengembangkan sistem teknologi informasi (IT) untuk memudahkan akses informasi dan komunikasi bagi dosen dan mahasiswa terkait jadwal kuliah, pengunggahan nilai, dan pengumuman penting program akademik.

Kedokteran Universitas Cendrawasih yang beralamatkan di Jl. Raya Abepura – Sentani, Hedam, Abepura, Kota Jayapura, Papua ini memiliki visi Menjadi Fakultas Kedokteran yang terakreditasi A dan unggul dibidang kesehatan tropis searah perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia pada tahun 2020 serta misi sebagai berikut:

  1. Melakukan penguatan manajemen untuk menjadi bersih, transparan, akuntable, dinamis dan progresif.
  2. Melakukan penguatan SDM akademik dan non akademik.
  3. Melakukan penguatan sarana prasarana.
  4. Melakukan penguatan proses belajar mengajar.
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak manapun baik lokal, nasional maupun internasional (potensi besar yang belum tergarap dengan baik.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menempuh Pendidikan di Kedokteran Universitas Cendrawasih terbagi menjadi lima kelompok UKT, kelompok I sebesar Rp. 500.000, kelompok II Rp. 1.000.000, kelompok III Rp. 5.000.000, kelompok IV Rp. 10.000.000, dan kelompok V sebesar Rp. 20.000.000. Untuk info lebih lengkap mengenai Kedokteran Uncen dapat mengunjungi https://www.uncen.ac.id dan https://www.fk.uncen.ac.id serta dapat menelpon ke +62967572108.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?