KEDOKTERAN UNIVERSITAS HANG TUAH

by | Jan 9, 2020 | Berita, Universitas

Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah merupakan salah satu fakultas di lingkungan Universitas Hang Tuah, suatu Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Nala, suatu Badan Hukum yang didirikan berdasarkan Akta Notaris R. Soedjono no. 5 tanggal 4 Maret 1987 di Surabaya dan dibina oleh TNI AL. Melihat perkembangan UHT yang makin cerah, maka dirasakan perlunya perluasan kampus untuk mengimbangi animo masyarakat yang ingin masuk ke UHT. Berkaitan dengan ini, maka Yayasan Nala membangun kampus terpadu di Sukolilo dedngan luas 50 ha.

Letak kampus ini sangat ideal karena jauh daru kebisingan kota dan juga dekat dengan pusat pendidikan lain. Pembangunan kampus takap pertama sebesar 10 ha telah diresmikan pada tanggal 9 april 1988 oleh Kasal Laksamana TNI R. Kasenda. Pada tanggal 4 desember 1989 kampus baru diresmikan penggunaannya oleh Kasal Laksamana TNI M. Arifin. Selanjutnya kegiatan akademik UHT dialihkan ke jalan arif rahman hakim 150 Surabaya. Yayasan Nala juga membangun beberapa fasilitas kampus fakultas kedokteran di kompleks rumah sakit TNI AL DR. Ramelan Surabaya yang juga berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan fakultas kedokteran UHT.

Pada awal tahun 1990, Fakultas Kedokteran UHT mendapatkan Status Terdaftar dari Mendikbud R.I. dengan Skep. no.: 035/0/1990 tertanggal 17 Januari 1990. Pada bulan Februari/ Maret 1990 mahasiswa FK UHT untuk pertama kalinya mengikuti ujian Negara NB/ CBS. Hasil akreditasi oleh BAN PT DEPDIKBUD RI (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) no: 001/BAN-BT/Ak-I/VII/1998 tanggal 11 Agustus 1998 untuk Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah mendapat peringkat B.

Pada tanggal 4 Februari 2016 dilakukan penandatanganan kerjasama antara Universitas Hang Tuah dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk menjembatani penggunaan Rumah Sakit Umum Provinsi sebagai Rumah Sakit Pendidikan dan wahana pendidikan lain di lingkungan Dinkes Provinsi Jawa Timur yang dipakai oleh Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah. Sebagai tindak lanjut kerjasama dengan Dinkes Provinsi Jawa Timur, pada tanggal 15 Maret 2016 dilakukan penandatanganan kerjasama antara FK UHT dengan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soedono Madiun sebagai Rumah Sakit Pendidikan Jejaring untuk wahana Kepaniteraan Klinik Dokter Muda FK UHT.

Kedokteran Universitas Hang Tuah memiliki Visi menjadi pemuka dalam bidang ilmu kesehatan yang berwawasan kesehatan kelautan melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi pada tahun 2026 dan misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi sesuai standar nasional dan berwawasan kesehatan kelautan.
  • Meningkatkan kegiatan penelitian yang berbasis ilmu pengetahuan yang berwawasan kesehatan dan kesehatan kelautan.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu kesehatan dan kesehatan kelautan.
  • Menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan institusi terkait di dalam dan di luar negeri.

Kedokteran Universitas Hang Tuah memiliki alamat di Komplek Barat RSAL Dr. Ramelan, Jl. Gadung No. 1, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60111 dan memiliki nomor telepon (031) 8433626 dan situs resmi http://fk.hangtuah.ac.id/.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?