KEDOKTERAN UNIVERSITAS HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN NOMMENSEN

by | Jan 11, 2020 | Berita, Blog, Kedokteran, Universitas

Universitas Huria Kristen Batak Protestan Nommensen atau yang biasa disebut UHN ini memiliki fakultas termuda di lingkungan Kampus UHN. Yayasan Universitas HKBP Nommensen telah lama bercita-cita mendirikan Fakultas Kedokteran, namun karena sesuatu hal baru pada kepengurusan Yayasan Universitas HKBP Nommensen Periode 1999 – 2003 Ketua Badan Penyelenggara Yayasan Universitas HKBP Nommensen Bapak St T.S.H. Sidabutar, SH membentuk Tim Persiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen sesuai dengan SK Badan Penyelenggara Yayasan Universitas HKBP NommensenNo.109/SK/BP.

Sehubungan dengan perubahan Tim Persiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen oleh karena berakhirnya masa bhakti di Yayasan Universitas HKBP Nommensen dan ada yang meninggal dunia (Prof. DR. Dr. H.R.S.P. Sinaga dan Prof. DR. Dr. Pandapotan Panjaitan, SpFK) Ketua Pengurus Yayasan periode 2004 – 2008 menetapkan susunan personalia, lalu tim menyempurnakan proposal yang lama, Ketua Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen bersama tim melakukan konsultasi dan mengajukan proposal dimaksud kepada Dirjen Dikti RI.

Sementara itu, Dirjen Dikti mengeluarkan ketentuan mengenai Sistem Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Dokter yang diubah menjadi pendidikan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan metode pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning). Dengan demikian tim persiapan segera mempersiapkan proposal baru sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia, dimana pendidikan dokter di Indonesia harus memenuhi Standar Pendidikan Profesi Dokter dan Standar Kompetensi Dokter.

Pada Bulan Oktober 2006, Dirjen Dikti memberitahukan bahwa usulan pembukaan Program Studi Dokter di Universitas HKBP Nommensen dapat dikonsultasikan dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Tanggal 8 Oktober 2007 Ketua Pelaksana Harian Universitas HKBP Nommensen Ir. Patuan Simatupang, MCRP bersama dengan Tim Persiapan yaitu Prof. Dr. Gani W. Tambunan, SpPA(K), Dr. Reinhart Tampubolon, MPH, Dr. Victor Tobing, DAHK mempresentasikan dan menyerahkan perbaikan proposal pendirian FK Universitas HKBP Nommensen dengan kurikulum berdasarkan KBK ke Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) di Jakarta. mengadakan konsultasi dengan KKI serta menyerahkan perbaikan proposal yang disusun berdasarkan KBK. KKI menjanjikan akan mengirim tim untuk melakukan visitasi di Medan pada bulan Januari 2008 untuk menilai kesiapan pendirian Program Studi Pendidikan Dokter Universitas HKBP Nommensen.

Kedokteran Universitas  HKBP yang beralamatkan di Jl. Sutomo Jl. Sutomo No.4 – A, Perintis, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara memiliki visi Menjadi Fakultas Kedokteran yang bereputasi di tingkat nasional, yang menghasilkan lulusan yang bermutu, berorientasi utama pada ilmu kedokteran tropis, berlandaskan cinta-kasih serta handal bekerja di layanan primer serta misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang bermutu, bertaraf nasional berdasarkan perkembangan mutakhir ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berdasarkan bukti (Evidence Based Medicine).
  2. Mengembangkan pengelolaan pendidikan kedokteran yang berorientasi pada pembentukan nilai-nilai karakter empati, berintegritas, dan peduli sebagai perwujudan cinta kasih Kristiani
  3. Mendorong pengelolaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat berfokus kepada kedokteran tropis melalui kerja sama berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, penelitian, pemerintah, dan dunia.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di UHN terbagi menjadi empat cicilan, yang pertama sebesar Rp. 63.000.000, kedua Rp. 62.500.000, ketiga Rp. 62.500.000, dan keempat Rp. 62.500.000, yang harus di bayarkan setiap tahunnya. Untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai Kedokteran UHN dapat mengunjungi situsnya di https://uhn.ac.id/ dan nomor teleponnya (061) 4533545.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

20 Daftar Prodi PPDS UB

20 Daftar Prodi PPDS UB

PPDS UB Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Kedokteran (FK) membuka peluang bagi para dokter untuk...