KEDOKTERAN UNIVERSITAS JAMBI

by | Jan 11, 2020 | Berita, Universitas

Universitas Jambi atau yang biasa disebut UNJA memiliki Program Studi Dokter yang sudah terbentuk pada tahun 2005 atas keluarnya surat ijin penyelenggaraan Program Studi No. 1369/D/T/2005 tanggal 10 Mei 2005. Namun, gedung Fakultas Kedokteran baru berdiri pada tanggal 10 Oktober 2012 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Jambi Nomor 748/UN21/DT/2012 tentang Pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Pada tanggal 19 November 2012.

Pendirian FKIK UNJA diumumkan secara resmi oleh  Rektor Universitas Jambi bersama Gubernur Jambi dengan dihadiri oleh civitas akademika FKIK UNJA, para dekanat di lingkungan Universitas Jambi, jajaran pimpinan Rumah Sakit Pendidikan RSUD Raden Mattaher dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi serta para stake holder . Selanjutnya, pada tanggal 26 Januari 2013 dibentuklah susunan organisasi FKIK UNJA yang disahkan oleh Surat Keputusan Rektor Nomor 21/UN21/KP/2013.

Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi sejak tahun 2007, yang selanjutnya disebut KBK-2007. Setelah berjalan selama lima tahun, Program Studi Dokter UNJA melakukan revisi kurikulum pada tingkat makrokurikulum, mesokurikulum dan mikrokurikulum melalui pendampingan program kemitraan PHK-PKPD bersama Universitas Riau dan Universitas Gadjah Mada sehingga menghasilkan KBK 2012.  Kurikulum ini merupakan kurikulum yang disusun dengan prinsip spiral curriculum yang terintegrasi secara vertikal dan horizontal dengan pendekatan sistem organ dan life cycle, terdiri dari 21 blok dengan masa tempuh 7 semester.

Sejalan dengan visi UNJA, Program Studi Dokter menetapkan visi yaitu Pada tahun 2025 menjadi program studi kedokteran berbasis riset IPTEKDOK yang unggul dan kompetitif dalam bidang kesehatan primer di tingkat nasional. Sedangkan misi PSKed UNJA adalah : Menyelenggarakan pendidikan kedokteran berdasarkan keilmuan berbasis bukti yang berorientasi pada layanan kesehatan primer sesuai dengan standar SKDI; Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang terkini dalam bidang kesehatan primer untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan pelayanan kesehatan; menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan derajat  kesehatan masyarakat Jambi; Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing; menyelenggarakan  sistem tata kelola yang mandiri, profesional dan akuntabel.

Kedokteran Universitas Jambi yang bertalamatkan di Jl. Raya Jambi – Muara Bulian KM.15 Mendalo Indah Muaro Jambi, Jambi memiliki biaya yang di butuhkan untuk menempuh Pendidikan Dokter di Universitas Jambi terbagi menjadi delapan kelompok Uang Kuliah Tunggal atau UKT.

Kemppok I sebesar Rp. 500.000, kelompok II Rp. 1.000.000, kelompok III Rp. 7.500.000, kelompok IV Rp. 10.000.000, kelompok V Rp. 12.500.000, kelompok VI Rp. 15.000.000, kelompok VII Rp. 17.500.000 dan kelompok VIII sebesar Rp. 20.000.000. Untuk info lebih lengkap mengenai Kedokteran Uiversitas Jambi dapat mengunjungi situsnya https://fkik.unja.ac.id dan https://www.unja.ac.id serta nomor teleponnya 0741

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?