KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA

by | Jan 10, 2020 | Berita, Universitas | 0 comments

Kedokteran Universitas Kristen Maranatha awalnya terlahir dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia Immanuel Bandung yang saat itu melepaskan diri karna terdapat masalah intern kampus yang sudah sangat meresahkan mahasiwa. Akhirnya para mahasiswa-mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) Immanuel yang berjumlah 130 orang, yang telah menyatakan melepaskan diri dari UKI Immanuel pada hari Sabtu tanggal 4 Juli 1964 malam bertempat di Lyceum Jln. Ir. H Juanda, Bandung.

Berbagai upaya telah di lakukan oleh para mahasiswa, seperti menghadap dan melapor kepada Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) dan Dr. I Leimena, Wakil Perdana Menteri II, pada waktu itu. Selain itu, Badan Pendidikan Kristen (BPK) – Jabar juga telah berupaya mencari jalan keluar penampung bagi mahasiswa-mahasiswa, dengan menghubungi UKI Jakarta dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, namun usaha ini tidak berhasil.

Akhirnya dengan kegigihan mahasiwa Kedokteran UKI Immanuel membuat para intelegensi kristen untuk memb. angun suatu lembaga pendidikan kristen di Bandung. Namun, Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) cabang baru di Bandung, yang baru didirikan pada tanggal 19 April 1964, pada prinsipnya tidak membantu mahasiswa, karena hal tersebut merupakan urusan UKI Immanuel.

Pada tanggal 29 Desember 1964 pukul 20.00, bertempat di Lycuem, Bandung, diadakan pertemuan para tokoh-tokoh gereja dan masyarakat Kristen, dalam rangka memecahkan kesulitan yang di hadapi oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran yang melepaskan diri dari UKI Immanuel. Kemudian, Para tokoh PIKI akhirnya memutuskan untuk mendirikan suatu perguruan tinggi Kristen yang baru di Bandung, yang didukung oleh Gereja Kristen Indonesia (GKI) dan Gereja Kristen Pasundan (GKP). Perjuangan yang gigih dari para mahasiswa eks fakultas kedokteran UKI Immanuel akhirnya membuahkan hasil.

Pada hari Senin 14 Juni 1965, dibuatlah akte pendirian Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha oleh notaris Lie Kwee Nio di Bandung. Ketua Yayasan PTK Maranatha dijabat oleh dr. J.E. Siregar, dari GKP. Pada hari Sabtu 11 September 1965 pukul 17.00 bertempat di GKI-Jabar Jl. Kebon Jati 40 (sekarang no. 100) Bandung, diresmikan berdirinya Universitas Kristen Maranatha. Acara peresmian didahulukan oleh doa yang dipimpin oleh Pdt. Jakin Elia, yang dilanjutkan dengan sambutan dari dr. J.E. Siregar selaku ketua Yayasan PTK Maranatha, dr. Hasan Sadikin mewakili UNPAD, Gurbernur Jabar Bapak Mashudi, Pdt. Tan How Siang Sekjen Sinode GKI, dr. Hasin Boesoirie Direktur RSUP Ranca Badak (sekarang RSUP Hasan Sadikin), dan Ir. Go Pok Oen, Ny. J. Leimena, Mawawi MSc, dr. Median Sirait selaku tokoh-tokoh cendekiawan Kristen.

Kedokteran Universitas Kristen Maranatha memiliki yang beralamatkan di Gedung D, Universitas Kristen Maranatha Jl. Prof. drg. Surya Sumantri, M.P.H. No. 65, Bandung 40164, Jawa Barat ini memiliki visi pada tahun 2024, Fakultas Kedokteran  Universitas Kristen Maranatha menjadi fakultas kedokteran swasta terbaik di Indonesia di bidang herbal medik dan gizi medik dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kasih dan keteladanan Yesus Kristus. Serta misi;

  1. Menyelenggarakan pendidikan dokter sesuai Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia, perkembangan ilmu dan teknologi terapan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kasih dan keteladanan Yesus Kristus, dengan muatan lokal herbal medik dan gizi medik.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di berbagai bidang kedokteran, khususnya di bidang herbal medik dan gizi medik.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bentuk nyata penjabaran nilai-nilai kasih dan keteladanan Yesus Kristus.

Biaya yang diberikan untuk mahasiswa kedokterannya yaitu dengan SPP sebesar Rp. 37.500.000 per semester, Dana Pengembangan Wajib Rp. 218.000.000, pengenalan kampus 7 almet Rp. 1.200.000 serta pelayanan kesehatan sebesar Rp. 270.000. untuk info lebih lanjut dapat di kunjungi situsnya https://med.maranatha.edu dan nomor telepon+62 22 – 201 2186.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.