KEDOKTERAN UNIVERSITAS METHODIST INDONESIA

by | Jan 11, 2020 | Berita, Blog, Kedokteran, Universitas | 0 comments

Universitas Methodist Indonesia atau yang biasa disebut UMI memiliki Program Studi Pendidikan Dokter yang sudah lama ternetuk di lingkungan UMI. Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (FK UMI) adalah bagian dari Universitas Methodist Indonesia (UMI). UMI berdiri pada tanggal 28 Juli 1987 yang sebelumnya bernama Perguruan Tinggi Methodist Indonesia (PTMI). Seiring dengan perubahan organisasi maka PTMI berubah nama menjadi UMI pada tanggal 4 September 1969.

Fakultas Kedokteran  UMI saat ini  mengelola program studi Kedokteran Umum dan Profesi Dokter saat ini sudah terakreditasi oleh BAN-PT dengan predikat B. Untuk sampai pada tahap penyelesaian Profesi Dokter total SKS yang harus diselesaikan sebanyak 195 SKS, dengan ketentuan : Sarjana Kedokteran 155 SKS ditambah 40 SKS Kepaniteraan Kllinik Junior (KKJ) dan Kepaniteraan Klinik Senior (KKS).

Sejak Tahun Akademik 2006/2007, Fakultas Kedokteran menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (standar Internasional). Kurikulum semacam ini juga diterapkan di Maastricht Faculty Of Medicine (Belanda), Brown Faculty Of Medicine (USA). Metode belajar-mengajar yang diterapkan adalah Belajar Mandiri Terarah (Seven Jumps – Problem based Learning), Kuliah Pakar, Latihan Keterampilan Medik (Skill laboratory Practice), Pengalaman Belajar Lapangan, dan Praktikum terintegrasi.

Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (FK UMI) telah menetapkan Rencana Induk Pengembangan yang menjadi acuan pokok di dalam mengembangkan FK UMI ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu untuk menerjemahkan RIP dimaksud maka diperlukan sebuah Rencana Strategis (Renstra) yang memuat indikator-indikator pencapain FK UMI dalam periode 2016-2020.

Kedokteran UMI yang beralamatkan di Tj. Sari, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara ini memiliki visi menjadi Fakultas Kedokteran yang profesional dan mandiri dalam bidang penyakit infeksi, berkarakter iman dan etika, dan bereputasi pada tingkat global pada tahun 2035 serta misi sebagai berikut:

1) Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang berkualitas untuk menghasilkan dokter yang memiliki keunggulan pada penyakit infeksi.

2) Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang mandiri, akuntable dan profesional.

Biaya yang dikeuluarkan untuk menempuh Pendidikan Dokter di UMI yaitu sebesar Rp. 29.310.000 untu persemesternya. Untuk info lebih lengkap mengenai Kedokteran Universitas Methodist Indonesia dapat mengunjungi situsnya https://fkmethodistmedan.ac.id dan https://www.methodist.ac.id/ serta dapat menghubungi UMI di +626141578825.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?