KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

by | Jan 11, 2020 | Berita, Universitas | 0 comments

Universitas Muhammadiyah Palembang atau yang biasa disebut UMP memiliki Kedokteran yang umurnya terbilang masih muda di antara Program Studi yang lainnya. Kedokteran UMP awal mula di rintis pada tanggal 16 September 2005 dengan diadakannya rapat senat UMP dengan mendapatkan dukungan dari Universitas Sriwijaya. Setelah mengadakan di dapatkan hasil dengan pembentukam Panitia Penyusunan Proposal Pendirian Fakultas Kedokteran UMP yang diketuai Prof. dr. KHM. Arsyad, DABK., Sp., And serta di keluarkannya Surat Keputusan Rektor UNSRI pada tanggal 15 Februari 2007 tentang kesediannya Universitas Sriwijaya sebagai Universitas Pembina.

Menindaklanjuti hasil pembentukan panitia tersebut, Rektor Universitas Sriwijaya memben-tuk panitia penyusunan proposal pendirian Fakultas Kedokteran UM Palembang yang diketuai oleh Prof. Dr. K. H. M. Arsyad, DABK. Sp.And. sampai kepada diselengga-rakannya SEMILOKA pembukaan Fakultas Kedokteran UM Palembang pada tanggal 27 Januari 2007.

Berdasarkan naskah kerjasama (Memory of Understanding/MoU) antara Unsri dan UM Palembang nomor 610/PT.II.12/G/2005 dan nomor 565/H-I/UMP/V/2005 tanggal 25 Mei 2005, tahun 2005 dilakukan pembentukan panitia bersama dengan Surat Keputusan Rektor UM Palembang nomor 089/E-8/KPTS/UMP/VIII/2005 tanggal 4 Agustus 2005 tentang Panitia Persiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran UM Palembang dan Surat Keputusan Rektor UM Palembang nomor 138/J-18/KPTS/UMP/ IX/2006 tanggal 9 Oktober 2006.

Selanjutnya dilaksanakan visitasi oleh tim KKI/MKK pada tanggal 17-18 April 2008. Tim tersebut terdiri dari Prof. Dr. Lukman H. Makmun, Sp.PD.(K), Prof. Dr. Mardjanis Said, Sp.A.(K), Dr. Achmad Aulia Yusuf, Ph.D. Pada tanggal 11 Juli 2008 nomor 2130/D/T/2008, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional mengeluarkan izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter (S1) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang.

Kedokteran yang beralamatkan di Jl. Jend A. Yani 13 Ulu, Plaju Kota Palembang Sumatera Selatan ini memiliki visi menjadi salah satu fakultas kedokteran yang terkemuka, unggul, bermutu dan Islami dalam pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, peduli terhadap tuntutan pelayanan kesehatan sesuai dengan perkembangan zaman, menjunjung tinggi etika profesional yang berwawasan kebangsaan dan kebersamaan pada tahun 2017 dan meunju standar internasional pada tahun 2022.

Serta misi yang diberika UMP yaitu sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah dalam pendidikan Sarjana Kedokteran, pendidikan profesi dokter, dan menyiapkan pendidikan pasca sarjana spesialis kedokteran yang berbasis kompetensi dan berwawasan Islami untuk menghasilkan alumni yang memiliki integritas tinggi berdasarkan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan
  2. Melaksanakan pengembangan, penyerapan, penapisan Ilmu Pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berwawasan Islami
  3. Menerapkan Ilmu Pengetahuan, dan teknologi kedokteran yang berwawasan Islami dalam menunjang pembangunan daerah dan nasional.
  4. Menghimpun, mendayagunakan dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan, dan teknologi kedokteran yang berwawasan Islami.

Biaya untuk menempuh Pendidikan Dokter di Universitas Muhammadiyah Palembang per-SKS sebesar Rp. 463.000 dan dana pengembangan sebesar Rp. 110.000.000. untuk mendapatkan info mengenai Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palmebang dapat mengunjungi situs http://fk.um-palembang.ac.id/ serta dapat menghubungi ke nomor telepon (0711) 513022.

 

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?

18 Jurusan di Fakultas Teknik

18 Jurusan di Fakultas Teknik

Fakultas teknik adalah fakultas yang menjanjikan masa depan yang cerah. Lulusan fakultas teknik memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dan inovator di berbagai bidang.