KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

by | Jan 9, 2020 | Berita, Universitas

Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang tergolong jurusan termuda di antara jurusan yang sudah ada. Terbentuknya kedokteran di Universitas Muhammadiyah Semarang atau yang biasa disebut UNMUS ini bebarengan bersama jurusan Akutansi dan Profesi Ners pada tahun akademik 2008/2009 yang berarti sudah berdiri selama 10 tahun. Keluarnya jurusan Pendidikan Dokter berdasarkan  SK.Dikti nomor  2092/D/T/2008 beserta kedua jurusan yang lainnya.

Pada bulan oktober 2018, Fakultas Kedokteran UNMUS menempati gedung baru, sebebab sebelumnya FK UNMUS menempati gedeung lama. Dengan terbentuknya gedung baru UNMUS yakin akan membuat para mahasiswa semakin berprestasi dan rajin untuk ke kampus. Sebagai institusi pendidikan Kedokteran yang berlandasakn keislaman, UNMUS memiliki visi untuk menjadi program studi yang unggul dalam pendidikan kedokteran dengan pendekatan kedokteran keluarga dan kedokteran okupasi yang islami berbasis teknologi dan berwawasan internasional pada tahun 2034.

Kampus UNMUS yang beralamatkan di Jl. Wonodri Sendang Raya No. 2A Semarang 50242 ini juga memiliki misi yaitu sebagai berikut;

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang unggul berbasis Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) dan Standar Kompetensi dan Karakter Dokter Muhammadiyah (SKKDM)
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang kedokteran dasar, kedokteran klinik, kedokteran komunitas dan kedokteran Islam guna mendukung pengembangan pendidikan kedokteran dan kesehatan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang kedokteran dan kesehatan masyarakat.
  4. Mengembangkan dan memperkuat manajemen program studi untuk mencapai kemandirian
  5. Mengembangkan dan menjalin kerjasama dengan pemangku kepentingan melalui fakultas.

Biaya yang diberikan oleh mahasiswa kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang terdapat biaya persemester, Dana Pengembang Institusi dan Dana Pengembangan Mahasiswa. Berdasarkan Dana Pengembang Institusi pada gelombang 1-3  yang dimana pada gelombang 1 sebesar Rp. 110.000.000, gelombang 2 Rp. 120.000.000 dan gelombang 3 sebesar Rp. 130.000.000, serta uang persemester sebesar Rp. 15.000.000 dan Dana Pengembang Mahasiswa sebesar Rp. 800.000.

Untuk melihat informasi yang lebih jelas mengenai kedokteran Universitas Muhammadiya Semarang dapat kalian kunjungi situsnya di http://fk.unimus.ac.id/ atau dapat kalian dapat hubungi nomor teleponnya di (024) 8415764.

BIC – Brawijaya Intensive Centre, adalah bimbingan belajar dengan program belajar Untuk kelas 12 dan Alumni persiapan masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ujian SNBT, ujian Mandiri PTN/PTS favorit dan Sekolah Kedinasan. Ada dua pilihan kelas yang dapat kamu ikuti, Kelas Online dan Kelas Offline.
BIC“Your Future For Success”

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Bagaimana Cara Cek Akreditasi Universitas dan Program Studi?

Dalam era globalisasi ini, memilih universitas yang berkualitas adalah langkah penting dalam meraih pendidikan yang baik dan masa depan yang cerah. Namun, dengan banyaknya pilihan universitas yang tersedia, bagaimana kita dapat memastikan bahwa institusi yang kita pilih memiliki standar pendidikan yang tinggi dan diakui secara resmi?